Home / Uncategorized

Kamis, 1 Desember 2022 - 18:57 WIB

100 Mahasiswa Ikuti Pelatihan Bela Negara, Simak Pesan Gubernur Kalsel

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor saat mengenakan atribut kepada mahasiswa yang mengikuti peatihan bela negara. (Foto : Humas Pemrov Kalsel)

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor saat mengenakan atribut kepada mahasiswa yang mengikuti peatihan bela negara. (Foto : Humas Pemrov Kalsel)

BANJARBARU, wasaka.id – Mahasiswa dari 13 perguruan tinggi di Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti Pelatihan Bela Negara di Rindam VI Mulawarman, Banjarbaru.

Sebanyak 100 peserta terdiri dari 60 orang peserta perempuan dan 40 orang peserta laki-laki ini tergabung dalam organisasi Resimen Mahasiswa (Menwa) Suryanata. Seluruh peserta berasal dari sejumlah perguruan tinggi di Kalsel, yakni Universitas Lambung Mangkurat, UIN Antasari, Universitas Ahmad Yani, UNISKA Muhammad Arsyad Al-Banjari, STKIP PGRI, IAI Darussalam, STIA Bina Banua, Politeknik Tanah Laut, Politeknik Hasnur, Universitas NU, STAI Al-Falah, STAI Rakha Amuntai dan STIQ Amuntai.

Pembukaan pelatihan bela negara tersebut turut dihadiri Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK, Kamis (1/12).

Paman Birin sapaan akran Gubernur Kalsel menyampaikan, pentingnya menjaga NKRI yang mana merupakan tanggungjawab seluruh lapisan masyarakat. Ia juga mengingatkan pentingnya pelatihan bela negara sebagai tanggungjawab bersama, khusus bagi Menwa.

“Insya Allah, dengan pelatihan bela negara ini, kesadaran kita akan semakin teguh, bahwa bela negara tanggung jawab kita bersama,” pesannya.

Paman Birin memaparkan beberapa kondisi Indonesia yang memerlukan pertahanan negara yang kuat. Baik itu secara militer maupun secara ekonomi, budaya dan politik.

“Negara kita berbatasan dengan banyak negara, bahkan bangsa kita Indonesia menjadi jalur perlintasan pelayaran dunia. Secara militer bangsa kita harus kuat. Secara ekonomi, sosial, budaya dan politik, bangsa kita juga harus membangun kekuatan yang sebesar-besarnya,” tegasnya.

Menurutnya meski Indonesia sudah berdaulat, tantangan bangsa di era modern justru menjadi lebih besar. Dia mewanti-wanti jika lengah, bisa saja bangsa Indonesia kembali dijajah.

“Jika tidak waspada, bisa saja kita dijajah dengan narkoba, paham radikal dan terorisme dan bahkan disintegrasi,” ucapnya.

Oleh karena itu, Paman Birin menghimbau semua anak bangsa untuk memiliki kesadaran bela negara demi mempertahankan kedaulatan dan NKRI.

“Bela negara tidak hanya diartikan dengan mengangkat senjata atau berperang. Apa yang kita lakukan sehari-hari pun bisa dinilai sebagai bela negara. Seperti mencegah penyebaran berita hoax dan informasi negatif yang berkembang di media sosial,” pungkasnya.(mei)

Editor : Wasaka-01

Share :

Baca Juga

Uncategorized

PENGUMUMAN

Uncategorized

Pertukaran Pemuda Antar Provinsi Talkshow di Radio Gema Saijaan

Uncategorized

H Supian HK Beri Dukungan ke Atlet PWI Kalsel yang Akan Berlaga di Porwanas Jawa Timur

Uncategorized

PENGUMUMAN

Uncategorized

Jelang Idul Fitri 1444H, PLN Pastikan Kelistrikan Kalimantan Barat Andal

Uncategorized

Selundupkan Sabu ke Indonesia, Wanita Hamil 7 Bulan Asal Kenya Terancan Hukuman Mati

Uncategorized

Disdik Keluarkan Surat Edaran Terkait Liburkan Siswa SD dan SMP di Bulan Ramadan

Uncategorized

Ahmad Fauzi Anggota Komisi II DPRD Balangan, Soroti Kualitas Sinyal Di Musrenbang Kecamatan Tebing Tinggi