Home / News

Selasa, 8 November 2022 - 17:44 WIB

Gantikan Syamsuar, Sahbirin Noor Puncaki Klasemen Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Berdasar Hasil Riset Golkarpedia.com

BANJARMASIN, wasaka.id – Pertama kalinya, dominasi Gubernur Riau, Syamsuar yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Riau sebagai Ketua DPD I Partai Golkar terpopuler harus digeser posisinya. Periode bulan Oktober 2022, dominasi Syamsuar digantikan oleh Sahbirin Noor atau Paman Birin sebagai Ketua DPD I Partai Golkar terpopuler periode bulan Oktober 2022.

Tak mengherankan jika dominasi Syamsuar dipatahkan Sahbirin Noor. Sebab, Ketua DPD I Partai Golkar Kalimantan Selatan (Kalsel) yang juga menjabat Gubernur Kalsel tersebut memiliki grafik meningkat dari bulan ke bulan untuk jumlah pemberitaan yang dihasilkan.

Puncaknya pada Oktober 2022, nama Sahbirin Noor menempati peringkat pertama berdasar hasil riset Golkarpedia.com dengan indikator kuantitas pemberitaan.

Seperti pada periode sebelumnya, kategori terpopuler yang kami gunakan adalah berdasar kuantitas pemberitaan. Hanya ada sedikit tambahan sebagai input lain, yakni reach atau jangkauan pemberitaan. Jangkauan pemberitaan ini bukan berarti banyaknya pembaca, tetapi asumsi banyaknya orang yang melihat jika link disebar di berbagai platform media sosial.

Untuk Sahbirin Noor, ia memiliki total 778 pemberitaan pada berbagai media online selama periode bulan Oktober 2022. Hasil ini didapat dari kategori news, blogs dan web. Reach yang dijangkau dari pemberitaan yang dimiliki Sahbirin Noor adalah sebesar 1,9 juta jangkauan.

Berita tentang Sahbirin Noor didominasi oleh kinerjanya sebagai kepala daerah atau Gubernur Kalsel, di antaranya adalah pemberitaan mengenai Kalimantan Selatan yang menjadi tuan rumah perhelatan MTQ Nasional 2022, lalu ada pula serba-serbi mengenai Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional yang diselenggarakan di Kalsel, dan pertemuan Gubernur Kalsel dengan Kapolda Kalsel yang baru Brigjen Andi Rian.

Ada juga mengenai kehadiran Paman Birin dalam acara festival pasar terapung di Banjar, kemudian peringatan hari sumpah pemuda dan pemberian penghargaan kepada pemuda Kalsel, serta prestasi Paman Birin dalam menurunkan angka stunting di Kalsel.

Selanjutnya Ketua DPD 1 Partai Golkar Terpopuler berdasar hasil riset Golkarpedia.com di peringkat kedua adalah Syamsuar, Gubernur Riau yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Riau. Syamsuar memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 771 berita. Reach yang dicapai dari pemberitaan mengenai Syamsuar adalah sebesar 4,2 juta jangkauan.

Pemberitaan Syamsuar juga serupa Sahbirin Noor, ia banyak disorot atas kinerja dan pernyataannya sebagai kepala daerah. Beberapa pemberitaan di antaranya adalah, pernyataan Syamsuar mengenai kabar jual beli darah yang dilakukan RS Arifin Achmad Riau, lalu komentar Syamsuar mengenai stok beras yang harus dicukupi oleh Bulog Riau.

Lalu pemberitaan mengenai, teguran Syamsuar kepada Dirut RSUD Arifin Achmad Riau terkait layanan kesehatan di rumah sakit tersebut, selanjutnya ada komentar Syamsuar mengenai wisata Embung Dayun Siak yang mendapat predikat terbaik nasional, dan Syamsuar mengenalkan tiga pendekar Partai Golkar yang akan bertarung di Pileg 2024.

Selanjutnya, ada nama Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi yang juga menjabat Ketua DPD I Partai Golkar Lampung. Arinal Djunaidi diketahui memiliki pemberitaan sebanyak 696 berita dari berbagai media online. Reach yang dicapai oleh Arinal Djunaidi dalam berbagai pemberitaan di bulan Oktober 2022 adalah sebesar 1,1 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai Arinal Djunaidi didominasi oleh kabar mengenai deklarasi cinta damai pemuda lintas agama yang juga diramaikan dengan festival musik, lalu pembukaan Lampung Fair 2022 yang dibuka langsung oleh Arinal Djunaidi, dan keinginan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi untuk kembangkan pariwisata Lampung.

Posisi keempat diisi oleh nama Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily. Ace Hasan yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI ini memiliki pemberitaan sebanyak 505 berita. Jangkauan yang ditimbulkan dari pemberitaan mengenai Ace Hasan Syadzily adalah sebesar 5 juta reach.

Di urutan kelima ada nama Ketua DPD I Partai Golkar Sulawesi Selatan, Taufan Pawe. Pria yang juga menjabat sebagai Walikota Parepare ini memiliki berita sebanyak 493 pemberitaan dengan pencapaian reach sebesar 2,3 juta jangkauan.

Posisi keenam diisi oleh nama Bupati Tangerang yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar. Ahmed Zaki Iskandar memiliki 462 pemberitaan sepanjang Oktober 2022, baik yang tersebar di media online lokal maupun nasional. Reach yang dimunculkan dari berita mengenai Ahmed Zaki Iskandar adalah sebesar 3,3 juta jangkauan.

Musa Rajekshah Ketua DPD I Partai Golkar Sumut menempati posisi ketujuh. Wakil Gubernur Sumut ini memiliki pemberitaan sebanyak 437 berita. Capaian reach dari berita mengenai Musa Rajekshah adalah sebesar 2,9 juta jangkauan.

Ketua DPD I Partai Golkar Banten, Ratu Tatu Chasanah menempati posisi delapan untuk kategori pemberitaan terbanyak yang menjadikannya salah satu Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler di Indonesia. Ratu Tatu Chasanah memiliki 324 berita dan capaian reach atau jangkauan sebanyak 895 ribu jangkauan.

Posisi sembilan diisi oleh nama Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Timur, Sarmuji. Ia memiliki pemberitaan sebanyak 235 berita dan capaian reach sebesar 1,8 juta jangkauan.

Hal menarik terjadi di posisi kesepuluh atau terakhir, posisi yang sebelumnya diisi oleh Ketua DPD I Partai Golkar Bengkulu Rohidin Mersyah kini diisi oleh nama baru, yakni Ketua DPD I Partai Golkar Kalimantan Barat, Maman Abdurrahman. Maman Abdurrahman sebagai pendatang baru memiliki 217 pemberitaan untuk bulan Oktober 2022. Reach yang dicapai Maman dengan beritanya yakni sebesar 2,8 juta jangkauan.

Demikian 10 besar Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler untuk periode bulan Juli 2022. Ada pergeseran, ada yang terlempar dari 10 besar, ada pula nama baru yang masuk. Hal ini mafhum adanya, hanya saja posisi tiga besar tampaknya belum ada perubahan yang signifikan.

Semoga temuan kami ini menjadi pelecut semangat bagi seluruh DPD I Partai Golkar se-Indonesia agar lebih masif lagi mengabarkan mengenai kinerja baik sebagai Ketua DPD Partai Golkar ataupun peran lainnya di pemerintahan.(politiknesia.com/wasaka.id)

Berikut merupakan daftar lengkapnya:

1. Sahbirin Noor
Ketua DPD I Partai Golkar Kalsel
778 pemberitaan
1,9 juta jangkauan

2. Syamsuar
Ketua DPD I Partai Golkar Riau
771 pemberitaan
4,2 juta jangkauan

3. Arinal Djunaidi
Ketua DPD I Partai Golkar Lampung
696 pemberitaan
1,1 juta jangkauan

4. Ace Hasan Syadzily
Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat
505 Pemberitaan
5 juta jangkauan

5. Taufan Pawe
Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel
493 pemberitaan
2,3 juta jangkauan

6. Ahmed Zaki Iskandar
Ketua DPD I Partai Golkar DKI Jakarta
462 pemberitaan
3,3 juta jangkauan

7. Musa Rajekshah
Ketua DPD I Partai Golkar Sumut
437 pemberitaan
2,9 juta jangkauan

8. Ratu Tatu Chasanah
Ketua DPD I Partai Golkar Banten
324 pemberitaan
895 ribu jangkauan

9. Sarmuji
Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Timur
235 Pemberitaan
1,8 juta jangkauan

10. Maman Abdurrahman
Ketua DPD I Partai Golkar Kalbar
217 Pemberitaan
2,8 juta jangkauan

Share :

Baca Juga

Jutaan jemah Haul Abah Guru Sekumpul tahun 2023 yang memadati Kota Martapura Kabupaten Banjar. (Foto : Istimewa)

Banjar

DKISP Kabupaten Banjar Pasang 46 CCTV Guna Memantau Pelaksanaan Haul Abah Guru Sekumpul
Calon anggota DPR RI, H Hasnuryadi Sulaiman membersihkan sejumlah APK sehari sebelum masuk masa tenang Pemilu 2024. (Foto : Istimewa)

Banjarmasin

Bang Hasnur Turun Langsung Bersihan APK Sebagai Bentuk Tanggung Jawab
Bupati Balangan Hadiri Rapat Paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Balangan Tahun Anggaran (TA) 2023. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Bupati Balangan Hadiri Rapat Paripurna: SDM Masih Jadi Kendala
Dinas Kesehatan Kotabaru melakukan fogging di Desa Sebelimbingan sebagai tindak lanjut peningkatan kasus Deman Berdarah. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Dinkes Kotabaru Cegah DBD Melalui Fogging di Desa Sebelimbingan

Banjarmasin

PLN Indonesia Power UBP Barito Raih 3 Penghargaan Proper Biru Atas Ketaatan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup

Advertorial

Wakil Rakyat Balangan Serahkan Bantuan Warga yang Terdampak Kebakaran

Advertorial

Komisi VI DPR RI Apresiasi PLN Atasi Oversupply melalui Optimasi Kontrak IPP Hingga Rp 47 T
Nadila percaya diri bersama motor Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected miliknya. (Foto : Istimewa)

Banjarmasin

Tampil Unik dan Elegan Jadi Alasan Nadila Pilih Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected