Home / Nasional

Kamis, 24 November 2022 - 11:55 WIB

Gelontorkan Rp21 Triliun, China Jadi ‘Raja’ Sponsor Piala Dunia 2022

Sponsor terbesar Piala Dunia Qatar. (Foto : okezone.com/reuters)

Sponsor terbesar Piala Dunia Qatar. (Foto : okezone.com/reuters)

Wasaka.id – AJANG turnamen Piala Dunia 2022 sudah dimulai di Qatar sejak beberapa hari lalu. Berbagai sponsor pun terpampang dengan jelas saat penyelenggaraan konferensi pers untuk para peserta piala dunia.

China kali ini mencetak rekor sebagai sponsor terbesar Piala Dunia 2022 mengalahkan Amerika Serikat.

Mengutip perusahaan analis data asal London, Global Data, Aljazeera.com Kamis (24/11/2022) China tidak mengirim Timnas Sepakbola ke Qatar.

Namun, perusahaan Wanda Group dan Vivo ini berhasil memberikan sponsor dengan tagihan tertinggi di Piala Dunia 2022, bahkan mengalahkan daftar perusahaan Amerika, seperti Coca-Cola, McDonald’s, dan Budweiser.

Sponsor dari perusahaan China memberikan dana hingga USD1,395 miliar atau setara Rp21,909 triliun (kurs Rp15.706,05/USD) untuk kompetisi yang berlangsung 20 November hingga 18 Desember. Nilai tersebut melampaui yang dikeluarkan oleh perusahaan AS yakni USD1,1 miliar, menurut GlobalData, perusahaan analisis dan konsultasi data yang berbasis di London.

Baca Juga : Bek Timnas Arab Saudi Jalani Operasi Usai Alami Cedera Wajah di Laga Kontra Argentina

Dipecah secara tahunan, sponsor China bernilai USD207 juta atau dirupiahkan menjadi Rp3,251 triliun per tahun, dibandingkan dengan kesepakatan Qatar dan AS masing-masing senilai USD134 juta dan USD129 juta, menurut data.

Dominasi perusahaan China dalam persaingan mencerminkan aspirasi merek-mereknya untuk memperluas pengakuan mereka di luar negeri ke tingkat yang sesuai dengan ukuran dan jangkauan mereka yang terus berkembang.

Munculnya sponsor China juga sejalan dengan impian Presiden Xi Jinping untuk mengubah China, yang membuat satu-satunya penampilan Piala Dunia 2002, menjadi pusat kekuatan sepak bola melalui rencana dan target yang ambisius, seperti meningkatkan jumlah sekolah dengan lapangan sepak bola 10 kali lipat pada tahun 2025.

Sementara empat sponsor China untuk turnamen 2022, yakni Wanda Group, Vivo, Mengniu Dairy, dan Hisense memiliki profil yang relatif rendah di luar negara asalnya. Keempatnya adalah perusahaan besar yang memiliki ribuan karyawan dengan pendapatan miliaran dolar.

Wanda Group yang merupakan konglomerat industri yang didirikan pada tahun 1988, dan Mengniu sebagai salah satu produsen susu terbesar di China, masing-masing telah masuk daftar Fortune 500 beberapa kali.

“Piala Dunia bekerja untuk perusahaan China baik di luar maupun di dalam China karena sepak bola memiliki banyak pengikut di China,” kata pakar branding dan konsultan yang berbasis di Singapura, Martin Roll kepada Al Jazeera.(sumber : okezone.com)

Share :

Baca Juga

Nasional

Jelang Pemilu 2024, Ini Masukan Strategi Dari Pengamat Politik Untuk Partai Golkar

Advertorial

Dikunjungi Presiden Jokowi, Dirut PLN Paparkan Kesiapan Ekosistem Kendaraan Listrik di Booth PLN di PEVS 2024

Bola & Sports

Ketua Umum IMI Bamsoet Apresiasi Sean Gelael dan WRT #31 Juarai Seri Penutup FIA WEC 2022 Bahrain
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Foto : dok PSSI/istimewa)

Berita Terkini

Laga Melawan Jepang, Pelatih Timnas Indonesia Fokus Menangkan Pertandingan

Advertorial

Wujudkan Smart City di IKN, PLN Siapkan Jaringan Listrik Terintegrasi Layanan Teknologi Digital

Advertorial

Jaga Kelestarian Biota Laut, PLN Rehabilitasi Terumbu Karang Pulau Lemukutan
Moemen pemaian Timnas Indonesia geruduk kamar Shinta dan merayakan lolos ke babak 16 besar piala Asia. (Foto : istimewa)

Berita Terkini

Kirgistan Vs Oman 1-1: Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023

Berita Terkini

Laga Lanjutan Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Misi Tim Garuda Curi Angka