Home / Nasional

Kamis, 24 November 2022 - 11:55 WIB

Gelontorkan Rp21 Triliun, China Jadi ‘Raja’ Sponsor Piala Dunia 2022

Sponsor terbesar Piala Dunia Qatar. (Foto : okezone.com/reuters)

Sponsor terbesar Piala Dunia Qatar. (Foto : okezone.com/reuters)

Wasaka.id – AJANG turnamen Piala Dunia 2022 sudah dimulai di Qatar sejak beberapa hari lalu. Berbagai sponsor pun terpampang dengan jelas saat penyelenggaraan konferensi pers untuk para peserta piala dunia.

China kali ini mencetak rekor sebagai sponsor terbesar Piala Dunia 2022 mengalahkan Amerika Serikat.

Mengutip perusahaan analis data asal London, Global Data, Aljazeera.com Kamis (24/11/2022) China tidak mengirim Timnas Sepakbola ke Qatar.

Namun, perusahaan Wanda Group dan Vivo ini berhasil memberikan sponsor dengan tagihan tertinggi di Piala Dunia 2022, bahkan mengalahkan daftar perusahaan Amerika, seperti Coca-Cola, McDonald’s, dan Budweiser.

Sponsor dari perusahaan China memberikan dana hingga USD1,395 miliar atau setara Rp21,909 triliun (kurs Rp15.706,05/USD) untuk kompetisi yang berlangsung 20 November hingga 18 Desember. Nilai tersebut melampaui yang dikeluarkan oleh perusahaan AS yakni USD1,1 miliar, menurut GlobalData, perusahaan analisis dan konsultasi data yang berbasis di London.

Baca Juga : Bek Timnas Arab Saudi Jalani Operasi Usai Alami Cedera Wajah di Laga Kontra Argentina

Dipecah secara tahunan, sponsor China bernilai USD207 juta atau dirupiahkan menjadi Rp3,251 triliun per tahun, dibandingkan dengan kesepakatan Qatar dan AS masing-masing senilai USD134 juta dan USD129 juta, menurut data.

Dominasi perusahaan China dalam persaingan mencerminkan aspirasi merek-mereknya untuk memperluas pengakuan mereka di luar negeri ke tingkat yang sesuai dengan ukuran dan jangkauan mereka yang terus berkembang.

Munculnya sponsor China juga sejalan dengan impian Presiden Xi Jinping untuk mengubah China, yang membuat satu-satunya penampilan Piala Dunia 2002, menjadi pusat kekuatan sepak bola melalui rencana dan target yang ambisius, seperti meningkatkan jumlah sekolah dengan lapangan sepak bola 10 kali lipat pada tahun 2025.

Sementara empat sponsor China untuk turnamen 2022, yakni Wanda Group, Vivo, Mengniu Dairy, dan Hisense memiliki profil yang relatif rendah di luar negara asalnya. Keempatnya adalah perusahaan besar yang memiliki ribuan karyawan dengan pendapatan miliaran dolar.

Wanda Group yang merupakan konglomerat industri yang didirikan pada tahun 1988, dan Mengniu sebagai salah satu produsen susu terbesar di China, masing-masing telah masuk daftar Fortune 500 beberapa kali.

“Piala Dunia bekerja untuk perusahaan China baik di luar maupun di dalam China karena sepak bola memiliki banyak pengikut di China,” kata pakar branding dan konsultan yang berbasis di Singapura, Martin Roll kepada Al Jazeera.(sumber : okezone.com)

Share :

Baca Juga

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). (Foto : Biro Setpres Kepresidenan)

Berita Terkini

Sekitar 6 Juta Sertifikat Tanah Akan Dituntaskan pada 2024

Nasional

Ridwan Kamil Masih Jadi Idola di Bursa Cawapres

Nasional

H Supian HK Beri Dukungan ke Atlet Karate Asal Kalsel dan Apresiasi ke Menpora

Bola & Sports

Raih 64 Suara, Erick Thohir Terpilih Jadi Ketua Umum PSSI Periode 2023-2027

Nasional

Jokowi Amanatkan Pantau Netralitas PNS di Pemilu 2024
JAKARTA, wasaka.id - Partai Golkar menempel ketat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam hasil sementara real count KPU Pemilu 2024, Senin (19/2) pukul 08.00 WIB. Dilansir dari laman KPU, perolehan suara Partai Golkar mencapai 9.588.949 atau 14,07 persen, terpaut sedikit dari PDIP yang berada di peringkat pertama dengan perolehan 10.679.701 suara atau 15,67 persen.

Berita Terkini

Real Count Perhitungan KPU Sementara, Suara Golkar Tempel Ketat PDIP
Beban puncak di Sistem Interkoneksi Kalimantan mencapai 1617 megawatt (MW) yang mengalami peningkatan sebesar 15,7% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 1397 MW. (Foto : Istimewa)

Advertorial

PLN Berhasilkan Catatkan Rekor Baru Beban Puncak Konsumsi Energi Listrik Tahun 2023 di Sistem Interkoneksi Kalimantan
1,1 juta orang penyandang disabilitas punya hak pilih dan terdaftar di pemilu legislatif. (Foto : Antara/istimewa)

Berita Terkini

1,1 Juta Penyandang Disabilitas Punya Hak Pilih di Pemilu 2024, KPU: Cek DPT