Home / Nasional / News

Rabu, 21 Desember 2022 - 09:21 WIB

Gempa Berkekuatan 4,8 Guncang Malang dan Sekitarnya, BMKG: Ada Aktivitas Subduksi Dua Lempeng

Ilustarasi gempa bumi tangkapan layar BMKG

Ilustarasi gempa bumi tangkapan layar BMKG

MALANG, wasaka.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa bumi berkekuatan magitudo 4,8 mengguncang selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur terjadi karena aktivitas subduksi dua lempeng.

“Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Karangkates Ma’muri, saat dikonfirmasi pada Rabu pagi (21/12/2022).

Dampak dari gempa bumi ini disampaikannya dirasakan oleh sejumlah wilayah di Jawa Timur bagian selatan dengan intensitas berbeda-beda.

Gempa dirasakan di daerah Trenggalek, Karangkates, Kabupaten Malang, Blitar dengan kekuatan II-III MMI, atau getaran dirasakan nyata di dalam rumah, terasa getaran seakan ada truk berlalu.

Getaran gempa juga dirasakan di Tempursari, Pronojiwo, Pasirian Lumajang, dengan kekuatan II MMI. Dimana getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Dari catatan BMKG pasca gempa berkekuatan magnitudo 4,8 itu belum ada gempa – gempa lain dengan kekuatan lebih kecil. “Untuk gempa semalam sampai saat ini belum ada susulan,” tuturnya.

Ia pun meminta masyarakat agar tidak panik dan termakan informasi yang belum bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Apalagi wilayah Malang juga berada di daerah potensi gempa bumi yang tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi.

“Kita tinggal di daerah rawan gempa bumi yang tidak tau kapan akan terjadinya karena gempa bumi blm bisa diprediksi. Himbauan Kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tukasnya.

Sebagai informasi, gempa berkekuatan 4,8 mengguncang Kabupaten Malang pada Rabu dini hari (21/12/2022) pukul 01.05. WIB.

Gempa bumi ini berpusat pada koordinat 8,89° LS, 112,46° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 84 km arah barat daya Malang, Jawa Timur, pada kedalaman 29 kilometer. Gempa ini dipastikan tidak berpotensi tsunami.(ben)

Editor : Wasaka-01
Sumber : okezone.com

Share :

Baca Juga

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). (Foto : Biro Setpres Kepresidenan)

Berita Terkini

Sekitar 6 Juta Sertifikat Tanah Akan Dituntaskan pada 2024
Anggota DPRD Balangan, Syamsudinor melaksanakan reses di Desa Sungai Katapi Kecamatan Paringin untuk menyerap aspirasi masyarakat. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Syamsudinor Berjuang untuk Kesejahteraan Masyarakat

Advertorial

Uji Coba Pengembangan Pariwisata di Kotabaru, Tim Unitomo Takjub Melihat Keindahan Desa Rampa Berkah

Bola & Sports

Timnas Indoensia Berpeluang Besar Masuk ke Semi Final Piala AFF Meskipun Kalah dengan Thailand dan Filipina, Begini “Skenarionya”

Advertorial

Hari Pertama Puncak KTT G20, PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman

Advertorial

Hasnuryadi Siap Jika Partai Golkar Mencalonkannya Maju di Pilgub Kalsel

Banjarmasin

Meriahkan Barito Bersholawat dan Launching Buku Bersama Habib Syech

Bisnis

Wakil Wali Kota Banjarmasin Launching Program Klik UMKM Bersama CSR Perhotelan