Home / News

Senin, 12 Desember 2022 - 12:17 WIB

Gubernur Kalsel Ajak Generasi Milenial Cintai Permainan Tradisional

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor bermain dakon dengan warga pada pesta olahraga rakyat 2022. (Foto : Humas Pemrov Kalsel)

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor bermain dakon dengan warga pada pesta olahraga rakyat 2022. (Foto : Humas Pemrov Kalsel)

BANJARMASIN, wasaka.id – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor meminta agar permainan tradisional terus dilestarikan dan jangan sampai tergeruys oleh pekembangan zaman.

Pernyataan itu disampaikan Gubernur Kalsel pegelaran Pesta Olahraga Rakyat 2022 di halaman Kantor Gubernur di Banjarmasin, Minggu (11/12/2022).

Menurut Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel agar generasi milenial di banua ini selalui mencintai olah tradisional dibandingkan permainan modern melalui internet atau game online.

Pesta Olahraga Rakyat 2022 KORMI Kalsel Bergerak itu semakin ramai saat Paman Birin mengikuti sejumlah permainan di antaranya panco, balago dan dakon. Dia sangat mengapresiasi olahraga tradisional di masa sekarang masih eksis.

Permainan tradisional, ujarnya, sejak dahulu sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Sebab pemainan ini hanya menggunakan peralatan dan bahan permainan yang sederhana juga mudah didapat.

Dia mengatakan, olahraga tradisional seperti balogo, sumpit, panco, engrang, tarik tambang, hadang, dakon dan lainnya, selain bernilai budaya, juga memberikan manfaat bagi jasmani dan rohani serta dapat di jadikan wahana menorehkan prestasi.

“Karena saat ini sudah banyak dipertandingkan olahraga tradisional dengan berbagai cabang atau kategoridi tingkat nasional bahkan internasional,” ucapnya.

Cabang olahraga tradisional yang dilombakan dalam kegiatan ini antara lain enggrang, hadang, tarik tambang, terompah panjang street work out.

“Ayo bersama-sama kita lestarikan olahraga tradisional ini. Selain menyehatkan, gembira dan bisa menghasilkan prestasi,” ajak Paman Birin.

Sementara itu, Wakil Ketua KORMI Kalsel, Taufik Arbain menyebut, ada 10 cabang olahraga yang dilombakan dengan jumlah peserta sekitar 500 orang dari sejumlah kabupaten kota se-Kalsel.

Tujuan kegiatan, sebutnya, untuk membumikan olahraga tradisional di masyarakat yang nantinya menjadi agenda tahunan. Diharapkan, dari kegiatan akan didapat bibit potensial untuk diikutsertakan ke ajang lomba Festival Olahraga Rekreasi Daerah (Forda) dan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas).(mei/wasaka.id)

Share :

Baca Juga

Desain baru XMAX Connected dari Yamaha. (Foto : Istimewa)

Berita Terkini

Yamaha XMAX Connected dengan Warna dan Grafis Baru, Tampil Lebih Sporty

News

Hari Ini KPU Umumkan Daftar Caleg Sementara 2024
Rapat Paripurna dengan agenda penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Balangan Tahun Anggaran 2023. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Ahsani Fauzan Pimpin Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati Tahun 2023

Advertorial

Biaya Haji Disepakati Rata-rata Rp90 Juta, Menag Ingatkan Keberlangsungan Nilai Manfaat

Advertorial

Pansus II DPRD Balangan Setujui Draft Finalisasi Raperda Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana

Banjarmasin

Gelar Konsolidasi Organisasi, KPPG Kalsel Optimis Kaum Perempuan Bisa Jadi Pemimpin

Advertorial

Bupati Kotabaru Serahkan SK PPPK Tenaga Guru, Kesehatan dan Teknis Formasi Tahun 2023

News

Menang di Pilpres, Anies Janjikan Bangun Rel Kerata Api di Kalsel