Home / Bola & Sports

Minggu, 6 November 2022 - 13:21 WIB

Gubernur Kalsel Resmi Membuka Porprov XI dengan Menyalakan Obor dan Melantunkan Sholawat

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), H Sahbirin Noor didampingi Bupati HSS Achmad Fikry saat menyalakan api bor Porprov XI. (Foto : Istimewa)

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), H Sahbirin Noor didampingi Bupati HSS Achmad Fikry saat menyalakan api bor Porprov XI. (Foto : Istimewa)

KANDANGAN, wasaka.id – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), H Sahbirin Noor, remsi membuka pelaksanaan Pekan Olahraga provinsi (Porprov) XI di Kabupatan Hulu Sungai Selatan dengan menyalakan api obor dan melantunkan sholawat di stadion 2 Desember Kandangan, Sabtu malam (5/11/2022).

Lantunan sholawat oleh orang nomor satu di Kalsel itu diucapkan Paman Birin panggilan akrab Sahbirin Noor pada pembukaan olahraga empat tahunan didampingi Bupati Hulu Sungai Selatan, Achmad Fikry.

Kemeriahkan pada pembukaan Poprov XI terlihat dari berbagai atraksi tarian dan gemerlap lampu yang menambah semangat dan semaraknya acara pembukan Poprov XI yang diikuti sekitar 7500 peserta dari 13 kabupaten/ kota, dengan mempertandingkan 41 cabang olahraga (cabor).

“Saya sangat mengapresiasi tuan rumah, HSS yang bekerja keras mempersiapkan pelaksanaan Porprov ini, diharapkan berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Kalsel,” ungkap Paman Birin saat memberikan sambutan.

Paman Birin juga itu menyampaikan, bahwa ajang Porprov ini selain mencari bibit atlet juga mencari yang terbaik dan prestasi baik di tingkat provinsi, nasional hingga internasional. Selain itu kata dia, dengan raihan prestasi yang diberikan secara tidak langsung dapat mengharumkan banua.

“Terlebih dapat mengharumkan bangsa Indonesia,” tegasnya.

Selain itu ujarnya, Porprov tidak hanya tentang peningkatan prestasi tetapi juga dapat memancing pertumbuhan industri olahraga serta perekonomian kerakyatan di banua.

“Saya pun sangat meyakini kali ini lebih dari sebelum-sebelumnya, karena pelaksanaan porprov ini spektakuler,” ucapnya.

“Sekarang Alhamdulilah kondisi pandemi sudah mulai terkendali sehingga porprov bisa dilaksanakan,” sambungnya.

Lebih jauh, kata Paman Birin, dengan ajang porprov ini masyarakat juga disuguhkan dengan berbagai pertandingan olahraga. “Insya Allah semuanya akan membawa kebaikan dan manfaat bagi kita semua,” tuturnya.

Di akhir sambutan, paman birin berpesan agar semuanya bisa sama-sama menjaga sportifitas, berjalan baik dan lancar dam berharap kejuaraan untuk menunjukan potensi ini tidak hanya dijadikan wahana kompetisi meraih prestasi atau medali semata, tetapi bagaimana meningkatkan daya saing serta membentuk pribadi yang suportif.

“Insya Allah dengan begini, banua kita akan memiliki generasi-generasi yang berkualitas dan berdaya saing,” imbuhnya.

Sebelumnya, pembukaan ajang olahraga terbesar tingkat provinsi itu diawali dengan persembahan tarian Talabang Banua oleh 135 siswa dari SD, SMP, dan SMA sederajat se Kabupaten HSS. Kemudian penampilan parade Marching Band dari Drumband GM FKPPI dan Defile Kontingen 13 kabupaten dan kota se-Kalsel.

Serta dilanjutkan dengan pembacaan ikrar janji atlet dan wasit dan pengibaran bendera Porprov oleh pasukan Paskibraka. Penampilan Drumband GM FKPPI saat membuka acara pembukaan Porprov XI Kalsel di HSS
Dilanjutkan dengan laporan Bupati HSS tentang total peserta sebanyak 7.508 atlet dan official dari 13 kabupaten dan kota serta 41 Cabor yang dipertandingkan.

Acara penutup, diisi dengan hiburan artis ibukota Ian Kasela, serta closing ceremony.(ben)

Editor : Wasaka-01

Share :

Baca Juga

Barito Putera

Laga Derby Papadaan, Tuan Rumah Bornoe FC Menang Tipis Atas Tamunya Barito Putera

Advertorial

Semarak Opening Ceremony Hayau Barait 7 Dihadiri Rider Internasional
Panitia Barito Putera Bersholawat bersama jajaran Polri meninjau lokasi pelaksanaan di halaman Masjid Raya Sabilalh Muhtadin. (Foto : Istimewa)

Banjarmasin

Tinjau Lokasi Barito Putera Bersholawat, Panitia Pastikan Saat Acara Berjalan Lancar

Advertorial

Kontingen Kotabaru Ditekankan Jaga Nama Baik Daerah dan Buktikan Prestasi

Barito Putera

Derbi Papadaan, Barito Putera Siap Raih Hasil Positif di Kandang Borneo FC

Bola & Sports

Laga Perdana Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Shin tae-yong: Tak Mudah Menang Melawan Kamboja

Bola & Sports

Lanjutan Liga 1 BRI, Mampukah Barito Putera kembali Curi Poin Kontra Persita

Bola & Sports

Gubernur Kalsel Tambah Bonus jadi Rp 30 Juta untuk Barito Putera