Home / Advertorial / Kotabaru

Kamis, 8 Desember 2022 - 15:17 WIB

Ketua Tim Penggerak PKK Kotabaru Hj. Fatma Idiana Launching Dapur Sehat Atasi Stunting

Ketua TP PKK Kabupaten Kotabaru, Hj Fatma Idiana saat menjelaskan soal stunting. (Foto : Humas Pemkab Kotabaru)

Ketua TP PKK Kabupaten Kotabaru, Hj Fatma Idiana saat menjelaskan soal stunting. (Foto : Humas Pemkab Kotabaru)

KOTABARU, wasaka.id – Pemerintah Kabupaten Kotabaru telah meresmikan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) dan Penguatan Kemitraan Kampung KB dalam rangka percepatan pengurunan stunting.

Pembukaan sekaligus lounching dilakukukan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kotabaru Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar di Rampa Berkah di Desa Rampa Kotabaru, Rabu (08/12).

Ketua TP PKK Hj Fatma Idiana memberikan apresiasi kepada penyelenggara kegiatan, dan peserta yang tergabung dalam acara tersebut.

“Saya berharap melalui acara ini, rasa semangat dalam diri kita dan kompak bersatu untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Kotabaru,” tutur Fatma Idiana.

Baca Juga : Pemkab Kotabaru Terima Hibah BMN dari Kementerian PUPR RI Senilai Rp 18,9 Miliar

Menurutnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, menegaskan target penurunan stunting 14 persen hingga tahun 2024, sebagaimana Perpres No.72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

Baca Juga : Pemkab Kotabaru Bergerak Cepat Tangani Inflasi

Kemudian Perban No.12 tahun 2021 (RAN PASTI) adalah bagian atau upaya dari melaksanakan strategi nasional percepatan penurunan stunting Perpres No. 72 tahun 2021.

Fatma Idiana juga menjelaskan, salah satu bentuk intervensi stunting adalah pemberian makanan bergizi seimbang bagi keluarga resiko stunting dengan optimalisasi bahan pangan lokal dalam kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting di Kampung Keluarga Berkualitas (DASHAT).

Sebagai aksi nyata di lapangan ditambahkan Fatma Idiana, juga perlu dibentuk DAHSAT terutama di Kampung KB dalam rangka membantu percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kotabaru

Baca Juga : Bupati Kotabaru Lantik 25 Pejabat Administarator dan Pengawas

“Dengan Adanya Dashat ini diharapkan terpenuhinya kebutuhan gizi anak stunting, bumil/busul dan keluarga risiko stunting diperolehnya pengetahuan dan keterampilan penyiapan pangan sehat dan bergizi berbasis sumber daya local Meningkatnya kesejahteraan keluarga,” jelasnya.

Selain itu kata dia, melalui keterlibatannya dalam kelompok usaha keluarga/masyarakat yang berkelanjutan, juga perlu koordinasi lintas sektor yang erat dalam percepatan penurunan stunting.

Berbagai program dan kegiatan yang dijalankan di Kabupaten Kotabaru dalam rangka penanganan stunting, saya harap dapat dilaksanakan secara sinergitas, melalui pengaktifan peran pemerintah, perguruan tinggi, swasta, masyarakat, dan media.

“Saya harap dapat tercipta keakuratan dan keterpaduan data dalam sistem pelaporan apapun, sehingga tidak ada kekeliruan dalam analisis data dan permasalahan, sebagai dasar perencanaan intervensi Demikian sambutan ini kami sampaikan, sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada seluruh undangan Audit Kasus Stunting Kabupaten Kotabaru,” ungkapnya.

Sementara Ir. Sri Sulistiyani Kepala DPPPAPKB mengungkapkan, program kemitraan penguatan kampung KB di Desa Rampa, merupakan desa kampung KB.

“Jadi kampung KB bukan hanya kampung keluarga, tapi sekarang kampung KB adalah kampung keluarga berkualitas. Jadi dengan ditetapkannya Desa Rampa menjadi lokus stunting, mudah-mudahan kegiatan penguatan kemitraan kita pada hari ini dengan lintas sektor terkait pada hari ini yang kita harapakan untuk pencegahan stunting terutama di desa rampa yang merupakan lokus kampung KB,” imbuhnya.(rud)

Editor : Wasaka-02

Share :

Baca Juga

Advertorial

Gandeng APJI, UMKM Binaan PLN Inisiasi Pelatihan Tata Boga di Banjarbaru

Advertorial

Sambut Ramadan, PLN Gagas Program “Care4Others” Di Kalimantan

Advertorial

Dirut PLN Tinjau Posko Utama Kelistrikan KTT WWF, Pastikan Seluruh Sistem Kelistrikan di Bali Andal
Bupati Balangan Hadiri Rapat Paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Balangan Tahun Anggaran (TA) 2023. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Bupati Balangan Hadiri Rapat Paripurna: SDM Masih Jadi Kendala

Advertorial

MTQ Nasional Tingkat Kabupaten Kotabaru ke 54 Resmi Dibuka, Bupati Sampaikan Terimakasih kepada Masyarakat Tanjung Selayar

Advertorial

Bank Kalsel Pertahankan Predikat Top Corporate Finance Award 2022

Advertorial

Opening Ceremony BSF ke-7 Dimeriahkan Ivan Govinda

Advertorial

Berlangsung Meriah, Sinergi PLN dengan Stakeholders Sukseskan Jalan Sehat HUT ke-25 BUMN