Home / Nasional / News

Sabtu, 3 Desember 2022 - 10:28 WIB

KPU Luncurkan Maskot Pemilu 2024 Sura dan Sulu

Maskot Pemilu 2024 Sura dan Sulu. (Foto : Kumparan)

Maskot Pemilu 2024 Sura dan Sulu. (Foto : Kumparan)

JAKARTA, wasaka.id – KPU telah meluncurkan maskot Pemilu 2024 yang diberi nama Sula dan Sulu dari berbentuk sepasang burung jalak Bali dua jenis kelamin berbeda. Selain maskot juga diluncurkan jingle untuk memeriahkan pesta demokrasi 2024.

Jingle berjudul ’Memilih untuk Indonesia’ itu dibawakan oleh band Cokelat. Sedangkan maskot yang digunakan KPU untuk Pemilu 2024 dihasilkan dari hasil kompetisi desain.

“Pada hari ini hari Jumat, 2 Desember 2022 KPU telah melakukan serangkaian penilaian lomba [termasuk] untuk jingle dan maskot Pemilu 2024,” kata Ketua KPU Hasyim Asyari dalam sambutannya di acara konsolidasi Nasional Dalam Rangka Kesiapan Pelaksanaan Pemilu 2024 di Ancol, Jakarta, Selasa (2/12).

Hasyim menjelaskan, maskot Sura dan Sulu yang itu digambarkan memiliki simbol surat suara dan alat coblos serta digambarkan dengan dua jenis kelamin berbeda.

Simbol itu, menurut Hasyim, ditampilkan untuk menegaskan soal keberagaman pemilih yang kelak akan menggunakan hak suaranya.

“Digambarkan ini kelamin pejantan dan betina bahwa karakter pemilih kita bukan hanya kaum laki-laki, tapi juga perempuan,” ungkap Hasyim.

Sebelumnya diberitakan, pada 25 November lalu KPU telah mengumumkan pemenang lomba maskot Pemilu 2024, yaitu sepasang burung jalak bali bernama Sura (jantan) dan Sulu (betina).

Selain menggambarkan keberagaman pemilih, dua burung tersebut juga disimbolkan sebagai cerminan anak muda. Sebab nantinya sebagian pemilih pada Pemilu 2024 akan didominasi oleh generasi muda.(mei)

Editor : Wasaka.id
Sumber : Kumparan

Share :

Baca Juga

Advertorial

Batola Terima 105 Unit Bantuan RTLH Dari Pemprov Kalsel

News

Pemilu 2024 Alokasi Kursi Dapil di Kalsel Bergeser, Simak Penjelasan KPU

News

Gantikan Syamsuar, Sahbirin Noor Puncaki Klasemen Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Berdasar Hasil Riset Golkarpedia.com

Bola & Sports

Pesta Gol ke Gawang Brunei Timnas Indonesia Berpeluang Lolos ke Putaran ke 2

Advertorial

Sahbirin Noor Resmi Buka Kejuaraan Uncle Hard Enduro 2022
Pemain PS Barito Putera Carli De Murah. (Foto : istimewa)

Banjarmasin

Carli De Murga Harus Absen di Sesi TC Bersama Tim

Nasional

Hadiri Puncak HPN 2024, Jokowi: Pers Tetap Menjadi Pilar Penjaga Demokrasi

News

Paman Birin Serahkan Bonus Rp2,5 Miliar ke Kafilah Kalsel