Home / News

Senin, 12 Desember 2022 - 19:56 WIB

Rumah Dinas Wali Kota Blitar Dirampok, Uang Ratusan Juta dan Perhiasan Dibawa Kabur

Rumah Dinas Wali Kota Blita yang saat ini diberi garis polisi guna penyelidikan lebih lanjut. (Foto : Antara/Humas Polres Blitar Kota)

Rumah Dinas Wali Kota Blita yang saat ini diberi garis polisi guna penyelidikan lebih lanjut. (Foto : Antara/Humas Polres Blitar Kota)

RUMAH dinas Wali Kota Blitar, Santos berlokasi di salah satu jalur protokol Kota Blitar, Jawa Timur didatangi kawanan perampok diduga bejumlah lima orang, Senin (12/12).

Kawanan perampokan di rumah dinas Wali Kota Blitar Santoso diketahui membawa kabur uang tunai plus perhiasan senilai Rp 400 juta.

Kapolres Kota Blitar AKBP Argowiyono menyatakan peristiwa tersebut terjadi menjelang subuh, sekitar pukul 03.00 – 04.00 WIB. Kawanan perampok disebut masuk melalui pintu samping rumah dinas.

“Jumlah pelaku sekitar 4-5 orang berdasar keterangan penjaga pos,” kata Argo.

Para perampok disampaikan AKBP Argowiyono juga berhasil melumpuhkan tiga anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang menjaga rumah dinas tersebut. Setelah itu, mereka masuk ke dalam rumah dan bertemu dengan Wali Kota Blitar Santoso beserta istrinya.

Kawanan perampok itu lantas menyekap Santoso dan istrinya di dalam rumah. Mereka mengancam dan meminta ditunjukkan lokasi penyimpanan barang berharga menggunakan senjata tajam.

Santoso dan istrinya lantas menunjukkan lokasi penyimpanan barang berharga mereka. Kawanan perampok itu disebut membawa kabur uang serta perhiasan milik istri Wali Kota Blitar dengan total nilai sekitar Rp 400 juta.

Argoyuwono menyatakan aksi kawanan perampok sempat terekam oleh kamera keamanan atau CCTV. Tetapi mereka kemudian menghancurkan CCTV yang terpasang di dalam rumah dinas itu.

Aksi perampokan itu Wali Kota Blitar dan istrinya tak mengalami luka serius akibat peristiwa itu. Akan tetapi, menurut Argo, mereka mengalami trauma.

“Kami sampaikan Bapak Wali Kota Blitar dan Ibu baik-baik saja. Tidak ada yang terluka, hanya di sekapan nya itu,” ujar dia.

Polres Kota Blitar langsung mengamankan lokasi kejadian dengan memberi garis polisi. Mereka juga tengah mendalami keterangan para saksi seperti petugas Satpol PP beserta Santoso dan istrinya.

“Kami mohon doanya mudah-mudahan dapat cepat terungkap, sehingga para pelaku bisa segera kami amankan,” ujar Argoyuwono.

Santoso merupakan Wali Kota Blitar yang memenangkan Pilkada 2020. Diusung oleh gabungan partai politik PDIP, PPP, Gerindra, Demokrat dan Hanura, Santoso berpasangan dengan Tjutjuk Sunario. Dia mengalahkan pasangan Henry Pradipta Anwar dan Yasin Hermanto.(mei)

Editor : Wasaka-01
Sumber : Tempo

Share :

Baca Juga

Kelompok remaja yang diamankan Polresta Banjarmasin usai kedapatan pesta miras oplosan di Jalan Dharma Praja Kecamatan Banjarmasin Timur. (Foto : Istimewa)

Banjarmasin

Pesta Miras Oplosan, Kelompok Remaja Digiring ke Mapolresta Banjarmasin

Advertorial

Sekwan Balangan Bekali Ilmu Publik Speaking kepada Kader PKK Kecamatan dan Desa
General Manager PLN UIP3B Kalimantan, Abdul Salam Nganro bersama Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie. (Foto : Istimewa)

Advertorial

PLN dan PWI Bersinergi Warnai Puncak Perayaan Hari Pers Nasional Tahun 2024
Haul Jama keluarga besar H Abdussamad Sulaiman HB yang dihadiri para habaib, alim ulama dan masyarakat. (Foto : Istimewa)

Banjarmasin

Keluarga Besar H Abdussamad Sulaiman HB Gelar Haul Jama Rutin Tiap Tahun Awal Ramadan

Advertorial

Peringati HUT Bhayangkara ke 78, Turnamen Bola Voli Kapolresta Cup Digelar
Ahsani Fauzan, Ketua DPRD Kabupaten Balangan. (Foto : dok/wasaka.id)

Advertorial

Ketua DPRD Balangan Minta Pihak Sekolah Awasi Anak Didik Agar Terhindar dari Bahaya Narkoba

News

Belasan Pekerja Tuna Susila dan Gepeng Terjaring Razia Satpol PP

Nasional

Kominfo Akan Sampaikan Pesan “Pemilu Damai” Melalui Smartphone