Home / News

Kamis, 22 Desember 2022 - 09:25 WIB

Tahun Depan ada 7 Bansos yang akan Dikucurkan Jokowi, Berikut Daftarnya

Ilustrasi foto dana bantuan sosial. (Foto : Istimewa)

Ilustrasi foto dana bantuan sosial. (Foto : Istimewa)

JAKARTA, wasaka.id – Bantuan sosial (bansos) masih menjadi andalan pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat, tahun depan. Ada 7 bansos yang akan dikucurkan Presiden Joko Widodo pada 2023 mendatang.

Dana bansos ini masuk ke dalam anggaran perlindungan sosial (perlinsos) pada (APBN) 2023 sebesar Rp479,1 triliun. Bansos disalurkan untuk membantu masyarakat miskin dan rentan memenuhi kebutuhan dasarnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan, anggaran perlinsos dialokasikan melalui Belanja Pemerintah Pusat yaitu kementerian/lembaga (K/L) dan non-K/L. Mulai dari Kementerian Sosial hingga Kementerian Agama.

Berikut 7 bansos yang akan dikucurkan pemerintah tahun depan.

1. Kartu Prakerja

Pemerintah memastikan program Kartu Prakerja kembali dilanjutkan pada 2023. Tidak tanggung-tanggung, pemerintah menambah alokasi anggaran Rp5 triliun dengan target 1,5 juta orang.

Namun, skema penyaluran Kartu Prakerja 2023 akan berbeda. Peserta akan mendapat bantuan senilai Rp4,2 juta per orang. Dana tersebut berupa biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif pasca pelatihan Rp600 ribu yang akan diberikan sebanyak 1 kali, serta insentif survei sebesar Rp100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

2. Program Keluarga Harapan (PKH)

Kementerian Sosial secara rutin menjalankan Program Keluarga Harapan bagi 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Setiap kepala keluarga menerima bantuan mulai Rp200.000 sampai Rp3 jutaan tergantung hak penerima.

3. Dana Desa

Kementerian Dalam Negeri telah menyiapkan dana 25% dari Anggaran Dana Desa pada 2023 yang akan dibagikan kepada masing-masing masyarakat kelas bawah sebesar Rp300.000 setiap bulannya.

4. Kartu Sembako

Program Kartu Sembako bagi 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) senilai Rp200.000

5. PIP Kemendikbud Ristek

Kementerian Pendidikan mengalokasikan anggaran bagi 17,9 juta siswa di Indonesia mulai dari SD hingga SMA. Pelajar akan mendapatkan dana untuk menunjang pembelajaran.

6. Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Seperti pada tahun 2022 pemerintah akan memberikan bantuan kepada pemilik KIS untuk diberikan bantuan iuran BPJS kesehatan setiap bulannya.

7. PIP Kementerian Agama

Peserta didik di bawah naungan kementerian Agama seperti MI, MTs dan MA akan mendapatkan dana bantuan seperti PIP Kemendikbud Ristek yang harus digunakan untuk menunjang pembelajaran.(wasaka.id)

Sumber : rctiplius.com

Share :

Baca Juga

Bola & Sports

Dampingi Pemain Bintang Argentina Julian Alvares, Putri CEO Barito Putera Merasa Bersyukur

Bola & Sports

14 Anggota Komunitas Motor Trail Tersesat di Hutan Banja Loweh, Satu Ditemukan Meninggal Dunia
Bupati Balangan, Abdul Hadi dan Ketua DPRD Kabupaten Balangan, Ahsani Fauzan menerima hasil emeriksaan Kinerja Kepatuhan Anggaran Tahun 2022-2023 dari BPK RI perwakilan Kalimantan Selatan. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Bupati dan Ketua DPRD Balangan Menerima Hasil Pemeriksaan Kinerja Kepatuhan Anggaran Tahun 2022-2023
Liga Satu Indonesia 2023-2024.

Banjarmasin

Barito Putera U16 dan U20 Melaju ke 8 Besar EPA Liga 1 Indonesia

News

Menyikapi Persoalan Pendidikan di Pelosok Indonesia, Ini Strategi Kemendikbud 

Bola & Sports

Pesta Gol ke Gawang Brunei Timnas Indonesia Berpeluang Lolos ke Putaran ke 2

News

Maling Sepeda Motor dan Penadah Diringkus Polisi

News

Bertemu Tokoh Muda Hasnuryadi Sulaiman, Repnas Kalsel Siap Menanangkan Prabowo-Gibran