Home / Banjarmasin

Jumat, 11 Agustus 2023 - 18:45 WIB

28 Calon Paskibra Banjarmasin Dibekali Penguatan Mental dan Fisik Sebelum Menjalankan Tugas

Paskibra Banjarmasin yang nantinya bertugas mengibarkan bendera  Merah Putih pada peringatan HUT RI ke-78 Tahun 2023. (Foto : Istimewa)

Paskibra Banjarmasin yang nantinya bertugas mengibarkan bendera Merah Putih pada peringatan HUT RI ke-78 Tahun 2023. (Foto : Istimewa)

BANJARMASIN, wasaka.id – Calon Pasukan pengibar bendera (Paskibra) Banjarmasin mulai memperisiapkan diri menjalankan tugas mengibarkan bendera pada hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-78.

Persiapan para Paskibra ini diantaranya pembekalan yang diberikan langsung oleh Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina di Aula Kayuh Baimbai, Balaikota Banjarmasin, Jumat (11/8).

Acara pembekalan jiuga dihadiri Dandim 1007 Banjarmasin, Letkol Inf Arman Aris Sallo, Kepala Badan Kesbangpol Banjarmasin, Lukman Fadlun serta jajaran terkait.

Sebelumnya Ibnu Sina pun mengucapkan selamat kepada adik-adik yang telah terpilih sebagai para calon anggota paskibraka tingkat Kota Banjarmasin, karena tidak semua siswa SMA sederajat memiliki peluang menjadi anggota Paskibra.

“Sebagai calon anggota paskibra, adik-adik menanggung tanggung jawab moral dalam mengamalkan ikrar panca paskibra,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kegiatan pembekalan itu merupakan langkah awal yang penting dalam perjalanan menuju pelaksanaan tugas berat dan mulia sebagai bagian dari pasukan pengibar bendera pada peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Pembekalan ini akan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas dengan baik nantinya,” jelasnya.

“Saya berharap adik-adik dapat mengambil setiap pelajaran dengan serius dan melibatkan diri dengan sepenuh hati. Semoga persiapan dan perjalanan kalian menuju pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Banjarmasin, Lukman Fadlun menyampaikan bahwa Paskibra tersebut merupakan putra putri terbaik bangsa yang direkrut dan diseleksi secara bertahap dan berjenjang melalui sistem dan mekanisme pendidikan dan pelatihan yang menanamkan nilai nilai kebangsaan.

“Kegiatan ini peserta diberikan bekal mengenai bagaimana cara peraturan baris berbaris, kepemimpinan, kedisiplinan, penguatan mental dan fisik serta lainnya,” terangnya.

Ia memaparkan, calon Paskibra Banjarmasin tersebut berjumlah 28 orang terdiri dari 14 putra dan 14 putri yang terpilih dari hasil seleksi antar Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang ada di Banjarmasin.

Ia juga mengungkapkan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut pertama melaksanakan kegiatan sesuai Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Banjarmasin.

Kedua, menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa disiplin, serta tanggung jawab, ketiga menumbuhkan rasa persatuan, yakni rasa senasib dan sepenanggungan serta ikatan yang terjalin diperlukan untuk menjalankan tugas, keempat menumbuhkan sikap disiplin.

“Tentunya tujuannya adalah untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab, yaitu berani untuk bertindak, mengambil resiko yang sifatnya menguntungkan tugas dan tidak melakukan tindakan yang bisa merugikan atau menimbulkan resiko untuk dirinya,” pungkasnya.(mey)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Kecamatan Banjarmasin Selatan Juara Umum di Porseni GTK

Banjarmasin

Muhidin-Hasnur Terima Rekomendasi DPP Demokrat, Syarat 11 Kursi Sudah Terpenuhi

Banjarmasin

BSF ke-8 Resmi Dibuka, Wujud Nyata Tingkatkan Ekraf dan Lestarikan Kain Sasirangan
Abdul Salam Nganro, General Manager PLN UIP3B Kalimantan (tengah) beserta jajaran manajemen memeriksa kesiapan peralatan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) di halaman kantor UIP3B Kalimantan.

Advertorial

Sambut Pesta Demokrasi 2024, PLN Siagakan 1520 Personil Kawal Keandalan Listrik Kalimantan

Banjarmasin

Kiper Timnas Era 2018-2019 Muhammad Ridhon Perkuat Barito Putera

Banjarmasin

Aplikasi Simonik Diharapkan Mampu Optimalisasi Pelaporan Kinerja Pelayanan Publik

Advertorial

BPKPAD Launching Aplikasi Bijak Sebagai Sistem Pelayanan Pajak
Panitia Barito Putera Bersholawat bersama jajaran Polri meninjau lokasi pelaksanaan di halaman Masjid Raya Sabilalh Muhtadin. (Foto : Istimewa)

Banjarmasin

Tinjau Lokasi Barito Putera Bersholawat, Panitia Pastikan Saat Acara Berjalan Lancar