Home / News

Jumat, 24 Februari 2023 - 14:30 WIB

BMKG Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem di Wilayah Kalimantan Selatan

BMKG imbau masyarakat waspada cuaca ekstrim. (Foto : Istimewa/net)

BMKG imbau masyarakat waspada cuaca ekstrim. (Foto : Istimewa/net)

BANJARMASIN, wasaka.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas II Syamsuddin Noor merilis potensi cuaca ekstrim dan angin kencang yang diprediksi terjadi 14 Februari hingga 2 Maret 2023.

BMKG menyampaikan, kondisi dinamika atmosfer, wilayah Kaliaman Selatan (Kalsel) masih terdapat potensi peningkatan cuaca ekstrim. Hasil analisa dinamika atmosfer terkini menunjukkan, pertama, masih adanya kondisi La Nina lemah yang berdampak pada peningkatan jumlah curah hujan di wilayah Kalsel.

Kedua, tarikan massa udara akibat adayan daerah pusat tekanan rendah di Australia bagian utara, mengakibatkan terbentuknya daerah pertemuan angin (konvergensi) di sekitar wilayah Kalsel yang berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan-awan konvektif penghasil hujan.

Ketiga, aktifnya gelombang atmosfer Kelvin dan Low Frequency yang berpropogasi (merambat) ke arah timur dan mencakup wilayah Kalsel berdampak pada peningkatan jumlah curah hujan di sebagian besar wilayah Kalsel.

BMKG juga menyampaikan prospek seminggu ke depan, hampir seluruh wilayah Kalsel masih berpotensi terjadi hujan denggan intensitas yang bervariasi, dari ringan hingga lebat yang dapat disertai kilat dan petir serta angin kencang.

Wilayah yang perlu diwasapadai berpotensi cuaca ekstrim yang dapat mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi (genangan air, banjir, bandang, puting beliung, hujan es maupu tanah longsor) yaitu Kalsel bagian barat, selatan, dan utara seperti wilayah kabupaten dan kota, yakni Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Tanah Laut, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong. Wilayah ini berpotensi terjadi hujan lebat terutama pada sore dan malam hingga dini hari.

Sehingga masyarakat diimbau agar selalu wasapada terhadap dampak potensi bencana hidrometeorologi dan terus megupdate perkembangan informasi dari BMKG dengan memanfaatkan kanal media sosial BMKG dan atau langusng menghubungi kantor BMKG.(nas)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Dirut PLN Tinjau Posko Utama Kelistrikan KTT WWF, Pastikan Seluruh Sistem Kelistrikan di Bali Andal

Banjarmasin

PLN IP UBP Barito Perkuat Kesejahteraan Tenaga Kerja dalam Momentum Hari Buruh Menuju Lingkungan Kerja yang Produktif

Bola & Sports

Piala AFF 2022: Indonesia Bekuk Kamboja

Nasional

Sri Mulyani Copot Jabatan Rafael Alun Trisambodo

Advertorial

Sekda Kotabaru Hadiri Pembukaan MTQN XXXV tingkat Provinsi di Kabupaten Tapin

Advertorial

Perayaan Hari Jadi Kabupaten Kotabaru ke-74 Dimaknai dengan Rasa Syukur dan Tak Bepuas Diri

Advertorial

Kotabaru Gelar Gerakan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting

Advertorial

Eks Kapolda Kalsel dan Mantan Rektor ULM Resmi Gabung ke Partai Golkar