Home / Berita Terkini / Bisnis / Nasional / News / polri

Kamis, 22 Februari 2024 - 18:54 WIB

Harga Beras Turun Sebelum Ramadhan, Satgas Pangan Polri: Kami Cek Langsung ke Lapangan

Ilustrasi pedagang beras. (Foto : Istimewa)

Ilustrasi pedagang beras. (Foto : Istimewa)

JAKARTA, wasaka.id – Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) di gudang beras, Jakarta Utara, dipimpin langung Kasatgas Pangan Polri Brigjen Whisnu Hermawan, Kamis (22/2/2024).

“Kami dari Satgas Pangan pusat mengecek langsung ke gudang Bulog Jakarta, memastikan bahwa beras banyak dan cukup. Kami juga hadir untuk mengecek di pasar-pasar becek dan ritel modern, hari ini kita lihat bersama-sama Bulog telah menyalurkan hampir 13 ton beras itu ke ritel modern melalui food station 3 ribu ton, artinya 1-2 hari ini akan dibanjiri oleh beras di pasar-pasar atau di toko-toko ritel modern,” kata Whisnu di lokasi, Jakarta Utara, Kamis (22/2/2024).

Selain itu, kegiatan ini disebut jenderal bintang satu dilakukan juga terkait dengan kesiapan dalam menghadapi bulan suci Ramadhan pada Maret 2024 mendatang.

“Kami pun melihat dan mengawasi seluruh pasar-pasar becek, kami mendapatkan data di seluruh Indonesia bahwa beras pun banyak dan tentunya masyarakat tidak perlu khawatir terkait dengan beras. Karena kita lihat bahwa sudah masuk beras-beras impor dari luar negeri yang secara bertahap memenuhi gudang-gudang Bulog di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga : Bahan Pokok Jadi Primadona di Bazar dan Pasar Murah Balai Kota

Whisnu pun mengungkapkan, bahwa harga beras akan turun sebelum masuk bulan Ramadhan.

“Iya, kita pastikan di bulan Ramadhan untuk beras akan normal seperti biasa,” jelas dia.

Dengan sudah mengecek langsung ke gudang beras tersebut, Whisnu memastikan bahwa harga beras akan turun dalam waktu dekat ini.

“Jadi untuk Satgas Pangan bukan hanya di Jakarta, kami pun mengawasi dan memantau semua kegiatan beras yang ada di seluruh Indonesia. Ini terhambat karena distribusi saja, karena kemarin hujan ada beberapa tempat yang banjir,” ucapnya.

“Sehingga penyaluran beras agak terhambat. Tetapi saya dan temen-temen dari Bulog yakin satu-dua hari ke depan bahkan Minggu depan pastinya beras akan turun,” sambungnya.

Whisnu menegaskan, harga beras akan normal atau stabil kembali saat memasuki bulan puasa.

Karena, saat ini sudah ada di salah satu wilayah yang harganya kembali normal.

“Kita mengecek dari hulu ke hilir ya, hilirnya kosong kita mengecek di Bulog ternyata di Bulog banyak, ini tinggal tergantung dengan distribusi saja. Makanya di Cipinang kita lihat sudah turun harganya, tinggal di pasar-pasar turunannya mungkin 1-2 hari akan turun juga. Mudah-mudahan dalam minggu depan semua sudah normal kembali,” tegasnya.

Baca Juga : Tingkatkan Kesadaran Keselamatan Kerja, PLN Gelar Apel Bulan K3 Nasional 2024 di Kalbar

Sementara itu, Pimpinan Wilayah Perum Bulog Wilayah DKI Jakarta dan Banten Basirun menegaskan, untuk stok atau ketersediaan beras di DKI Jakarta cukup terjaga.

“Karena suplai dari kapal impor terus secara bergiliran berdatangan, sekarang pun kami sedang ada bongkar tiga kapal sekaligus baik di Priok, kemudian di Cigading maupun di Merak, semuanya untuk memenuhi suplai kami ke pasar-pasar, baik untuk langsung ke pasar,” ujar Basirun.

“Kemudian ke Pasar Induk Cipinang, dan mensuplai untuk beras komersil melalui food station. Ketersediaan stok saat ini 77 ribu ton itu masih sangat mencukupi disamping juga jadwal kapal tentunya dari kantor pusat akan terus memasok untuk kebutuhan DKI Jakarta, Banten dan Jabodetabek,” pungkasnya.(ran)

Sumber : liputan6.com

Share :

Baca Juga

Bupati Kotabaru, Sayed Jafar meninjau lokasi pembangunan Rumah Sakit Sengayam agar bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Bupati Kotabaru Pastikan Pelayanan Berjalan Baik di Rumah Sakit Sengayam
Ahsani Fauzan, Ketua DPRD Kabupaten Balangan. (Foto : dok/wasaka.id)

Advertorial

Ketua DPRD Balangan Beri Dukungan LPTQ Balangan Lakukan Studi Banding ke Sidoarjo
Peta rencana pembangunan jembatan yang menghubungkan Kelurahan Sungai Jingah-Kelurahan Sungai Bilu. (Desain : Istimewa)

Banjarmasin

Dibangun Tahun 2024, Segini Besaran Angka Proyek Jembatan Sungai Jingah – Sungai Bilu

Banjarmasin

Guru Rasyid Berikan Dukungan Penuh Pelaksanaan Barito Putera Bersholawat
Kegiatan 1000 Manusia Bercerita, sebagai upaya menjaga dan meningkatkan kesehatan mental Perwira Pertamina. (Foto: Istimewa)

Berita Terkini

Pertamina dan Kementerian BUMN Gelar Program 1.000 Manusia Bercerita

News

Perhatikan Nasib Petani, Prabowo Disebut Sebagai Capres Potensial

News

Satpol PP dan Pengamen Jalanan Masih “Kucing-kucingan”

News

Jokowi Tidak Sebut Nama Cawapres Saat Hadir di Rakornas PAN