Home / Berita Terkini / Nasional / News / Tekno & Sains

Kamis, 16 Februari 2023 - 11:45 WIB

Jokowi Ingin Basarnas Punya Alat Canggih Seperti Iron Man

Presiden RI Joko Widodo. (Foto : Istimewa)

Presiden RI Joko Widodo. (Foto : Istimewa)

JAKARTA, wasaka.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan Basarnas memiliki peralatan canggih agar mempercepat penanganan bencana. Menurut Jokowi, masih banyak teknologi yang dibutuhkan Basarnas saat ini, salah satunya jet suit seperti milik Iron Man.

Keinginan itu disampaikan Jokowi di rapat kerja Basarnas dan Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) Nasional tahun 2023, Kamis (16/2/2023). Dalam acara ini, Jokowi juga mengecek peralatan yang dimiliki Basarnas.

“Oleh sebab itu, menurut saya, yang namanya penggunaan teknologi untuk mempercepat pencarian dan pertolongan ini sangat penting. Meskipun tadi diterangkan di halaman (kantor Badan SAR Nasional) beberapa peralatan yang sudah kita miliki, menurut saya, masih banyak yang harus dimiliki oleh Basarnas,” kata Jokowi.

Jokowi meminta agar Basarnas menambah peralatan teknologi untuk penanganan bencana. Salah satunya drone rescue.

“Misalnya drone rescue. Meskipun tadi saya melihat drone-nya, tetapi drone yang untuk evakuasi orang kita belum memilikinya. Benar? Belum?” ujarnya.

Kemudian robot ular atau snake robot. Jokowi mengatakan robot ular ini efektif untuk melakukan pertolongan dan pencarian.

“Kemudian juga untuk efektivitas pertolongan dan pencarian. Ini sudah digunakan di beberapa Negara di Amerika Serikat (AS), di Jepang yaitu robot ular atau snake robot yang bisa,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi meminta Basarnas memiliki robot diver. Menurut dia, robot ini bisa menggantikan peran diver atau penyelam.

“Kemudian juga tadi sudah ditunjukkan di depan untuk efektivitas pertolongan dan pencarian dalam mencapai kedalaman yang sampai lebih dari 1.000 meter, lebih dari 1 kilometer (km) ada robot diver yang orangnya tidak menyelam, tetapi robotnya yang disuruh menyelam. Hal-hal seperti ini yang Basarnas harus segera memiliki,” papar dia.

Jokowi mengaku tidak mengetahui apakah Basarnas memiliki anggaran untuk membeli peralatan-peralatan teknologi tersebut. Namun, jika tidak memiliki, Jokowi meminta Basarnas segera melakukan pengajuan.

“Saya tidak tahu anggarannya ada atau tidak ada. Tetapi kalau tidak ada, tentunya segera diajukan nanti agar Pak Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia tolong dicatat, Menteri Seskab, Pak, nanti dibantu Basarnas untuk memiliki peralatan yang tadi saya sampaikan,” tutur Jokowi.

“Dan juga alat untuk pencarian di ketinggian yang bisa mencapai 3.600 meter yaitu jet suit, ini seperti Iron Man. saya kira sekali lagi teknologi sekarang ini semuanya serba-memungkinkan untuk memproteksi personel tim SAR, personel Basarnas kita bisa menggunakan teknologi itu,” imbuh dia.(nas)

Sumber : detik.com

Share :

Baca Juga

Malam Grand Final Festival Putra Putri Parekraf Tahun 2024 di Taman Siring Laut Kotabaru ajang perkenalkan wisata dan budaya yang ada di Kabupaten Kotabaru. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Festival Putra Putri Parekraf Jadi Ajang Promosi Wisata di Kotabaru

Nasional

Tim Evakuasi kembali Temukan Delapan Orang Korban Gempa Cianjur, Total 318 Meninggal Dunia

News

Macet Total 22 Jam di Jambi, Sopir Mengeluh Ikan Mati dan Merugi

Advertorial

Jaga Kelestarian Biota Laut, PLN Rehabilitasi Terumbu Karang Pulau Lemukutan
Kegiatan 1000 Manusia Bercerita, sebagai upaya menjaga dan meningkatkan kesehatan mental Perwira Pertamina. (Foto: Istimewa)

Berita Terkini

Pertamina dan Kementerian BUMN Gelar Program 1.000 Manusia Bercerita
Liga Satu Indonesia 2023-2024.

Banjarmasin

Barito Putera U16 dan U20 Melaju ke 8 Besar EPA Liga 1 Indonesia

Bola & Sports

Ketua Umum IMI Bamsoet Apresiasi Sean Gelael dan WRT #31 Juarai Seri Penutup FIA WEC 2022 Bahrain

Kesehatan

Jusuf Kalla Lantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kalsel Masa Bakti 2022-2027