Home / Berita Terkini / Nasional / News / Religi

Selasa, 26 Maret 2024 - 12:46 WIB

Masyarakat Diimbau Berangkat Mudik 2024 Lebih Awal

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau agar mudik lebaran dilakukan lebih awal. Tujuannya, guna mengurai kepadatan di jalanan menjelang momen Lebaran 2024.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau agar mudik lebaran dilakukan lebih awal. Tujuannya, guna mengurai kepadatan di jalanan menjelang momen Lebaran 2024.

JAKARTA, wasaka.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimau agar masyarakat berangkat mudik lebaran lebih awal. Tujuannya, guna mengurai kepadatan di jalanan menjelang momen Lebaran 2024.

Menhub Budi mengatakan puncak arus mudik 2024 diprediksi terjadi pada 5-8 April 2024 nanti. Dia berharap, masyarakat yang sudah mendapat libur, termasuk libur sekolah bisa melakukan mudik lebih dulu.

“Puncak mudik yang tadi disampaikan H-4, H-3 dan H-2. Di hari-hari itu akan tinggi sekali. Oleh karenanya kita menghimbau, sebagian masyarakat yang anak-anaknya sudah libur agar bisa mudik lebih awal,” ujar Menhub Budi dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (26/3/2024).

Dia mengingatkan agar masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik karena sangat berbahaya. Masyarakat dapat menggunakan angkutan umum atau memanfaatkan program mudik gratis yang disediakan Kementerian Perhubungan serta instansi lain.

“Sejumlah titik kami harapkan bisa menjadi perhatian Polri. Pertama adalah pasar tumpah yang kerap menjadi titik masalah arus mudik, khususnya daerah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur,” kata dia.

Baca Juga : PLN dan PWI Bersinergi Warnai Puncak Perayaan Hari Pers Nasional Tahun 2024

“Kedua adalah terkait pengaturan kapal di Pelabuhan Sulsel, Riau, Kaltim dan Jatim, khususnya Madura. Serta dari sisi udara, Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Ngurah Rai Bali yang berpotensi lebih ramai dari biasanya agar bisa diberi perhatian lebih,” urainya.

Menyikapi potensi pergerakan yang tinggi, dia mengatakan pihaknya telah menyiapkan Posko Terpadu Angkutan Lebaran yang akan diselenggarakan sejak 3-18 April 2024 di Ruang Mataram Kantor Pusat Kementerian Perhubungan.(mey)

Sumber : liputan6.com

Share :

Baca Juga

News

Gunakan Pakaian Tema Pejuang, Ketua DPRD Kalsel Ikuti Kirap Kemerdekaan
Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Lampihong. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Ketua Komisi III DPRD Balangan Hadiri Musrembang di Kecamatan Lampihong
Atas : Wapres KH. Ma'ruf Amin ketika memberikan sambutan pada acara Anugerah Penghargaan Adipura Tahun 2023 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, 5 Maret 2024. (Foto : Istimewa) Bawah: Bupati Kotabaru H.Sayed Jafar, SH ketika memimpin kegiatan bersih-bersih taman beberapa waktu lalu. (Foto Istimewa)

Advertorial

Dibawah Kepemimpinan Bupati Sayed Jafar, Kotabaru kembali Meraih Penghargaan Adipura

Berita Terkini

Sebelum Dievakuasi Warga, Jenazah Bayi Terbungkus Kresek Nyaris Jadi Santapan Biawak

News

PLN Berikan Diskon Jutaan Rupiah untuk Pemilik Mobil Listrik yang Pasang Home Charging

News

Sehari Jelang Pertemuan Terbatas Prabowo di Kalsel, Beredar Isu Hoax Massa Dijatah Rp50 Ribu Per Orang
Ketua Komisi III DPRD Balangan, Hafiz Ansari. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Anggota DPRD Balangan Hafiz Ansari Gencar Perjuangkan Kepentingan Petani

News

Saudi Siap Sambut Jemaah Haji Indonesia, Siap Berikan Layanan Terbaik