Home / Banjarmasin / Tekno & Sains

Kamis, 7 September 2023 - 19:34 WIB

Pengelola Website Pemko Banjarmasin Diberi Pemahaman Cegah Serangan Siber

Bimtek Security Awarness dan pencegahan insiden siber. (Foto : Istimewa)

Bimtek Security Awarness dan pencegahan insiden siber. (Foto : Istimewa)

BANJARMASIN, wasaka.id – Menjaga agar database informasi kepegawaian dan data kerja di lingkup Pemko Banjarmasin, sejumlah pengelola website diberi pemahaman pencegahan serangan siber.

Serangan siber yang tak bertanggung jawab bisa saja mengancam database milik pemerintahan termasuk di lingkup Pemko Banjarmasin. Sehingga hal ini harus ditangkal lebih awal.

Atas dasar itu, Pemko Banjarmasin melalui Diskominfotik bidang Statistik Persandian menggelar Bimbingan Teknis Security Awareness dan Pencegahan Serangan (Insiden Siber) bagi seluruh pengelola Website dan Keamanan Data di lingkup Pemko, di Aula Kayuh Baimbai Balaikota, Kamis (7/9).

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka oleh Kepala Diskominfotik, Windiasti Kartika. Turut hadir Kepala Bidang Statistik Persandian, Satria Yudha Lesmana, narasumber dari Direktorat Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) beserta jajaran terkait.

Dalam kesempatan itu, Windi menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh perwakilan SKPD yang berhadir dalam kegiatan bimtek tersebut.

Menurutnya, hal ini menunjukkan keseriusan Pemko Banjarmasin dalam menghadapi ancaman siber yang semakin kompleks di era digitalisasi.

“Dengan keuntungan yang ditawarkan oleh teknologi saat ini, juga tak lepas dari risiko yang semakin besar, ancaman siber seperti malware, peretasan data, phising dan masih banyak lagi dapat mengancam keamanan data dan informasi yang kita miliki,” ujarnya.

Lebih lanjut, Windi mengatakan bimtek tersebut merupakan langkah awal yang sangat penting guna mempersiapkan dan menguatkan perlindungan diri dari ancaman siber.

“Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran (Awareness) kita terhadap keamanan siber,” terangnya.

“Kemudian untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mencegah serangan insiden siber yang merugikan,” jelasnya.

Ia berharap, melalui bimtek tersebut para peserta bisa mendapatkan wawasan pengetahuan dan memahami secara mendalam berkaitan dengan upaya peningkatan keamanan siber di instansi kerja masing masing.

“Maksimalkan kesempatan ini untuk berdiskusi, untuk mengambil langkah-langkah konkrit dalam menghadapi ancaman keamanan siber yang jauh lebih besar,” tutupnya.(yud)

Share :

Baca Juga

Banjarmasin

Perkelahian Berdarah di Kelayan, Warga Pendatang Terkapar Tak Bernyawa

Banjarmasin

Maju di Periode ke Tiga, Hasnur: Amanah Masyarakat Kalsel Harus Diperjuangkan

Advertorial

Di KTT COP27 PLN Paparkan Strategi Pembiayaan Wujudkan Transisi Energi di Indonesia

Banjarmasin

Teruskan Tradisi Menyambung Silaturhami, Bang Hasnur Bagikan Bantuan Lebaran ke Warga Sekitar
Nadila percaya diri bersama motor Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected miliknya. (Foto : Istimewa)

Banjarmasin

Tampil Unik dan Elegan Jadi Alasan Nadila Pilih Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected

Banjarmasin

Golkar Kalsel Buka Koalisi Siapkan Pilkada Mulai Pigub Hingga Pilbup

Advertorial

Wujudkan Misi Investasi, Presiden Jokowi Saksikan Kesepakatan Kerja Sama PLN dengan 9 Perusahaan di ICBF China 2023
Posko peristirahatan bagi jemaah Haul Abah Guru Sekumpul yang dibuka mulai hari ini sampai pada Senin (15/1). (Foto : Istimewa)

Banjarmasin

Bantu Jemaah Haul Abah Guru Sekumpul, Panitia Masjid Sabilal Muhtadin Dirikan Posko