Home / News / Partai Golkar

Sabtu, 24 Juni 2023 - 13:19 WIB

Verifikasi KPU Kalsel Hanya 84 Bacaleg Memenuhi Syarat, 766 Tidak Memenuhi Syarat

BANJARMASIN, wasaka.id – KPU Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) baru saja melakukan verifikasi administrasi terhadap 850 bakal calon legislatif (Bacaleg) tingkat DPRD Provinsi Kalsel.

Dari 18 parpol yang mengajukan Bacaleg-nya ke KPU hanya terdapat 84 bacaleg yang dinyatakan memenuhi syarat (MS), sementara 766 lainnya belum memenuhi syarat (BMS).

Disampaikan Ketua Divisi Tehnis Penyelenggara Pemilu KPU Kalsel, Nida Guslaili Rahmadina, pihaknya telah menyerahkan untuk semua parpol berita acara (BA), dan lampirannya keterangan seluruh bacaleg tiap partai politik.

“Hasil verifikasi administrasi dari 18 Parpol di Kalimantan Selatan secara umum hasilnya, hanya 84 bacaleg yang berkasnya sudah Memenuhi Syarat (MS), sementara 766 sisanya masih berstatus belum memenuhi syarat (BMS), dari 85O bacaleg yang diajukan paprol peserta Pilih 2024,” ungkap Nida Guslaili.

Selain itu kata dia, dari jumlah 766 yang BMS, ada juga karena pada saat pengajuan diawal, administrasi mereka belum memenuhi syarat, ini disebabkan operator mereka tidak paham terhadap administrasi yang disampaikan.

Dengan demikian, KPU Kalsel akan meminta partai politik peserta pemilu untuk melengkapi dokumen yang BMS. Tahapan melengkapi dokumen atau perbaikan dimulai 26 Juni hingga 9 Juli 2023.

“Sedangkan verifikasi selanjutnya akan dilakukan 10 Juli- 31 Juli 2023,” imbuhnya.

Sementara itu liaison officer (LO) Partai Golkar Kalsel, Ari Bimo Gagah Prakoso menyampaikan, usai menerima BA lampiran keterangan, pihaknya segera melakukan koordinasi dengan tim operator Silon.

“Tadi kita sudah menerima berita acara, ini nanti akan kita koordinasikan baik dengan tim Silon. Kita juga akan memeriksa kembali seluruh berkas bacaleg,” ujar Ari Bimo.

Salain itu kata dia, setelah Silon nanti kembali dibuka pada tahap masa perbaikan, bersama tim Silon di DPD Partai Golkar akan bekerja dengan baik agar kelengkapan seluruh bacaleg bisa memenuhi syarat.

“Memang kendalanya di berkas calon saat tahap awal input di Silon. Tapi saat ini sudah lengkap semua dan kita tinggal menunggu Silon dibuka dan tancap gas,” tandasnya. (mey)

Share :

Baca Juga

apel pergeseran pasukan pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu tahun 2024. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Ketua DPRD Balangan Hadiri Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS
Penandatangan kerjasama antara Pemkab Kotabaru dan Pemkab Tanah Bumbu dalam bidang kesehatan. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Ke Empat Kalinya, Pemkab Kotabaru Jalin Kerjasama di Bidang Kesehatan

News

Maling Sepeda Motor dan Penadah Diringkus Polisi

News

Usai Pilih Gibran Sebagai Cawapres Prabowo Minta Waktu Bertemu Megawati
Petugas PLN melakukan penggantian kWh meter ke smart meter di salah satu rumah pelanggan, Fahri (34) di Tebet, Jakarta Selatan.

Advertorial

Tarif Listrik Tidak Naik, PLN Pastikan Pasokan Andal Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional

News

Tahun Depan ada 7 Bansos yang akan Dikucurkan Jokowi, Berikut Daftarnya

Bola & Sports

Argentina Juara Piala Dunia Qatar 2022, Segini Total Uang yang Diraih

News

Dewan Pers Ajak Insan Pers Wujudkan Pemilu Damai