Home / News

Jumat, 2 Juni 2023 - 12:12 WIB

Versi Forbes, Zhang Yiming Pendiri TikTok Punya Harta Kekayaan Rp671,5 Triliun

Zhang Yiming, pendiri Tiktok memiliki kekayaan sebesar Rp671,5 triliun. (Foto : Bloomberg).

Zhang Yiming, pendiri Tiktok memiliki kekayaan sebesar Rp671,5 triliun. (Foto : Bloomberg).

JAKARTA, waska.id – Zhang Yiming, sang pendiri sosial media Tiktok memiliki kekayaan sebesar Rp671,5 triliun. Pendiri ByteDance Technology Cp Zhang Yiming menjadi salah satu konglomerat di China yang sampai kini hartanya semakin banyak.

Zhang menjadi orang terkaya di dunia ke-26 versi Forbes dan orang terkaya ke-2 di China. Untuk total kekayaan bersih yang dimiliki oleh Zhang Yiming mencapai USD45 miliar atau setara dengan Rp671,5 triliun.

Pundi-pundi kekayaannya tersebut tak lain salah satunya berasal dari kepemilikannya atas TikTok dan ByteDance. Namun pada November 2021, dirinya mengundurkan diri sebagai ketua ByteDance, kendati begitu, Zhang masih memiliki 20 persen dari ByteDance.

Melansir Globalleaderstoday, dia lahir pada 1 April 1983 dari orang tua yang berprofesi sebagai pegawai negeri di provinsi Fujian, China. Selama hidupnya, Zhang dikenal sebagai pribadi yang gemar berbisnis. Namun, disisi lain, Dia juga menaruh ketertarikan di dunia teknologi digital.

Zhang merupakan lulusan dari Nankai University tahun 2005. Adapun program studi yang diambil awalnya yaitu mikroelektronika. Namun dia ternyata menaruh ketertarikan di bidang lain dan mengambil jurusan software engineering.

Setelah menyelesaikan pendidikannya, Zhang mengawali kariernya di sebuah perusahaan bernama Kuxun. Di perusahaan tersebut dia bekerja sebagai engineer biasa. Namun kariernya langsung naik di tahun kedua dengan membawahi 40 hingga 50 pekerja yang mengerjakan back-end technology.

Selama bekerja di perusahaan tersebut, Zhang banyak belajar khususnya terkait pemasaran. Nah dari sinilah dia menjadi lihai dalam bidang pemasaran yang pada alhirnya membantunya berkembang di bisnis selanjutnya, salah satunya saat dia membangun ByteDance atau perusahaan teknologi internet.

Perusahaan tersebut juga menyediakan layanan agregasi berita bernama Tautiato dan seiring berjalannya waktu mendapatkan keuntungan besar dan dinobatkan sebagai media terpopuler di China pada 2016.

Pada tahun yang sama, TikTok didirikan tepatnya bulan September 2016. Awalnya TikTok dikenal sebagai aplikasi berbagi video. Namun di negara China aplikasi tersebut memiliki nama Douyin.

Banyak upaya yang dikerahkan demi mendapatkan kesuksesan TikTok. Adapun cerita menariknya, kala itu Zhang sampai mewajibkan seluruh pegawainya untuk mengunduh dan memiliki akun TikTok.

Zhang bahkan meminta para pekerjanya untuk mendapatkan likes dalam jumlah tertentu. Jika tidak memenuhi hasil, mereka akan dihukum push up. Keputusan ini yang kemudian mengantarkannya pada kesuksesan besar.

Kesuksesan TikTok semakin melesat setelah ByteDance membeli sekaligus mengakuisisi Muscal.ly hingga memiliki sekitar 1 milliar pengguna di seluruh dunia. Adapun dari sinilah kesuksesan yang dipanen Zhang melalui TikTok makin tak terbendung hingga membuatnya dinobatkan sebagai orang terkaya di China peringkat kedua.(mey)

Sumber : Okezone.com

Share :

Baca Juga

PT BPP menggelar buka puasa bersama anak yatim dan masyarakat sekitar yang rutin digelar setiap tahun di bulan Ramadan. (Foto : Istimewa)

Barito Kuala

PT BPP Ajak Anak Yatim dan Masyarakat Sekitar Perusahaan Berbuka Puasa Bersama Para Ulama

News

Jokowi Tidak Sebut Nama Cawapres Saat Hadir di Rakornas PAN

Advertorial

Wujudkan Misi Investasi, Presiden Jokowi Saksikan Kesepakatan Kerja Sama PLN dengan 9 Perusahaan di ICBF China 2023

News

Bukan Cawapres, Ridwan Kamil Dijagokan Golkar Maju di Pilkada DKI Jakarta

News

Belasan Pekerja Tuna Susila dan Gepeng Terjaring Razia Satpol PP

Banjarbaru

Berawal dari Reses Anggota DPRD Kalsel, Bedah Rumah di Kecamatan Cempaka Banjarbaru Langsung Ditindak Lanjuti

Nasional

Basarnas Selamatkan 12 ABK KM Inka Mina 987 Setalah Mati Mesin dan Terombang-ambing di Laut Halmahera

News

Imam Musallah Ar-raudah Sampaikan Haul Guru Sekumpul Terbuka untuk Umum