Home / News

Kamis, 1 Desember 2022 - 14:37 WIB

Bawaslu Banjarmasin Sinerjikan Pelanggaran Pemilu Bersama Sentra Gakkumdu

Fasilitasi dan koordinasi Gakkumdu Banjarmasin dalam mensinerjikan pelanggaran pemilu. (Foto : ben/wasaka.id)

Fasilitasi dan koordinasi Gakkumdu Banjarmasin dalam mensinerjikan pelanggaran pemilu. (Foto : ben/wasaka.id)

BANJARMASIN, wasaka.id – Bawaslu Banjarmasin mulai mensinerjikan kegiatan dalam penindakan pelaggaran pemilu melalui Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang dikemas dalam rapat fasilitasi dan koordinasi.

Komisioner Bawaslu Provinsi Kalsel, Azhar Ridhani menyampaikan, kegiatan tersebut juga dilakukan di beberapa daerah seperti Kabupaten Tanah Laut dan Kota Banjarbaru pada hari ini.

“Launching ini sebenarnya sudah dilaksanakan di tingkat provinsi. Hal ini bertujuan dalam rangka untuk mempererat hubungan yang baik antara Bawaslu, Kejaksaan dan Kepolisian, dalam rangka untuk menangani tindak pidana pemilu,” ujarnya, Kamis (1/12).

Menurutnya, dalam proses, per gakkumdu, sejak awal laporan hingga perkara diselesaikan selalu bersama-sama. Sehingga mulai hari ini hingga proses pemilu berakhir maka setiap pelanggaran harus diselesaikan.

“Aspek administratif itu yang paling dikedepankan dalam rangka meminimalisir penanganan pelanggaran atau potensi-potensi pelanggaran yang terjadi,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Banjarmasin, Muhammad Yasar, menerangkan dengan di launchingnya Sentra Gakkumdu ini ia sangat berharap sinergitas dan penyamaan persepsi bisa semakin ditingkatkan.

“Segala sesuatu berkaitan dengan pelanggaran-pelanggaran pemilu bisa kita koordinasikan sedari awal,” ucapnya.

“Hal itu kita lakukan dengan harapan pemilu kedepan bisa menjadi lebih baik tentang penegakan hukum tentunya,” lanjutnya.

Kemudian Kepala Subseksi Prapenuntutan Tindak Pidana Umum, Kejaksaan Negeri Banjarmasin, Radityo Wisnu Aji, mengatakan bahwa di Sentra Gakkumdu ini sebagian besar yang ditangani adalah pelanggaran seperti politik uang dan ujaran kebencian.

“Tapi tidak menutup kemungkinan pasti ada pelanggaran tahap-tahapan pemilu,” ungkapnya.

“Untuk penanganan itu nanti bisa berupa laporan atau temuan yang kemudian itu kita proses, apabila disetujui oleh Sentra Gakkumdu kemudian akan dilakukan tindak penyelidikan oleh pihak kepolisian,” sambungnya.

Sementara itu, Wakapolresta Banjarmasin, AKBP Pipit Subiyanto, menerangkan bahwa pihaknya dari Polresta Banjarmasin menurunkan sebanyak lima orang petugas untuk berada di Sentra Gakkumdu.

Walaupun menurutnya sebelum resmi di launchingnya Sentra Gakkumdu ini, pihaknya telah berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak Bawaslu dan Kejaksaan.

“Kita sudah koordinasi secara intens dan sering duduk bareng untuk membahas pemilu ini. Harapan kita di pemilu mendatang kita dari Sentra Gakkumdu mencoba untuk meminimalisir adanya pelanggaran-pelanggaran pemilu,” pungkasnya.(yud)

Editor : Wasaka-01

Share :

Baca Juga

Banjarbaru

Ziarah ke TMP Bumi Kencana, MPW PP Kalsel Buktikan Rasa Cinta Terhadap Perjuangan Para Pahlawan

Advertorial

Jaga Lingkungan Hidup, PLN Tanam 200 Pohon di Kalimantan Selatan
Moemen pemaian Timnas Indonesia geruduk kamar Shinta dan merayakan lolos ke babak 16 besar piala Asia. (Foto : istimewa)

Berita Terkini

Kirgistan Vs Oman 1-1: Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023

News

Sekretariat DPRD Kalsel Resmi Berstatus Tipe B, Pimpinan Dewan: Tak Lepas dari Kinerja Semua Pihak

Banjar

3 Juta Lebih Jemaah Hadiri Haul ke-19 Guru Sekumpul

Banjarmasin

Polresta Banjarmasin Gelar Sispamkota Amankan Jalannya Pemilu
Abdul Salam Nganro, General Manager memimpin apel dan doa bersama siaga Kelistrikan Nataru yang bertempat di Kantor UPT Banjarbaru. (Foto : Istimewa)

Banjarbaru

Siaga Nataru, PLN Siapkan 1520 Personil Jaga Listrik di Kalimantan

Nasional

Jokowi Amanatkan Pantau Netralitas PNS di Pemilu 2024