Home / Nasional / News

Selasa, 9 Juli 2024 - 10:23 WIB

Bebas dari Kasus Vina Cirebon, Kubu Pegi Setiawan Bakal Ajukan Ganti Rugi

Pegi Setiawan (baju kaosbiru). Foto : istimewa)

Pegi Setiawan (baju kaosbiru). Foto : istimewa)

JAKARTA, wasaka.id – Pengacara Pegi Setiawan, Iswandi Marwan, memastikan akan mengajukan restitusi atau ganti rugi atas jeratan hukum sebagai tersangka yang telah dilalui kliennya dalam kasus pembunuhan Vina Cirebon.

Keputusan mengajukan ganti rugi itu disampaikan Iswandi menyusul bebasnya Pegi dari jeratan tersangka setelah gugatan praperadilan dikabulkan oleh Pengadilan Negeri (PN) Bandung.

Namun, Iswandi belum bisa berbicara lebih jauh perihal rencana dan bentuk pengajuan ganti rugi tersebut. Sebab, pihaknya masih fokus memberikan pendampingan kepada Pegi selepas dibebaskan dari Rutan Polda Jawa Barat.

“Tapi nanti (pengajuannya). Masih agak lama, biar lihat si Pegi tenang dulu dia, dipulihkan dulu psikologisnya. Itu belum (dibahas bentuk ganti ruginya), belum ini, tapi kami rapatkan dengan tim dulu,” jelasnya.

Sementara terkait restitusi atau ganti rugi apabila dikutip melalui Pasal 95 ayat 1 KUHP, dengan batas waktu paling lama tiga bulan setelah putusan pengadilan.

Berikut bunyi pasalnya “Tersangka, terdakwa atau terpidana berhak menuntut ganti kerugian karena ditangkap, ditahan, dituntut dan diadili atau dikenakan tindakan lain, tanpa alasan yang berdasarkan undang-undang atau karena kekeliruan mengenai orangnya atau hukum yang diterapkan.” Penyebutan terpidana di dalam pasal tersebut tentu bukan karena kekeliruan, melainkan ada maksud dari pembentuk undang-undang untuk memberikan hak bagi orang yang dinyatakan bersalah (terpidana) untuk mengajukan tuntutan ganti kerugian.”

Sebelumnya, Pegi Setiawan resmi meninggalkan Gedung Direktorat Tahanan dan Barang Bukti (Dittahti) Polda Jawa Barat Polda Jabar setelah gugatan melalui praperadilan dikabulkan majelis hakim. Ia mengaku akan beristirahat dan berencana langsung bekerja.

Pihak kuasa hukum dan keluarga sudah berada di Mapolda Jabar sejak siang hari. Setelah semua prosedur dilalui, termasuk salinan putusan persidangan diterima, Pegi Setiawan keluar dari ruang tahanan pada malam hari.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh masyarakat Indonesia yang sudah mendoakan saya, yang sudah mendukung saya. Saya juga mengucapkan juga terima kasih kepada bapak presiden Joko Widodo, presiden yang terpilih Prabowo Subianto dan tim yang lainnya, dan saya mengucapkan kepada seluruh netizen Indonesia yang sudah mendukung saya dan mau mendoakan saya,” kata dia.

“Mengucapkan kepada seluruh tim kuasa hukum saya yang selama ini mendukung saya, membela saya dan membela mati-matian buat saya. Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada kalian semua,” dia melanjutkan.

Pegi memastikan dalam kondisi sehat dan mengungkapkan kegiatannya selama sekira dua bulan ditahan di Mapolda Jabar.

“Di sini seperti biasa, ibadah paling, sehari-hari paling makan, tidur, makan, tidur,” kata Pegi.

“Ke ibu bilang terima kasih banyak karena atas doa doa beliau saya jadi Allah mengabulkan doa doa saya dan ya terima kasih banyak, tidak bisa diucapkan dengan kata-kata. Saya sangat bahagia, semoga takdir kebenaran ini bisa terungkap, amin,” imbuh dia lagi.

Pegi Setiawan mengaku akan langsung menuju ke rumah dan beristirahat. Rencananya, dalam waktu dekat ia akan kembali bekerja.

“Setelah ini mau pulang, mau istirahat dan lanjut kerja,” pungkasnya.(mey)

Sumber : liputan6.com

Share :

Baca Juga

Advertorial

KPK RI Gelar Koordinasi Pencegahan Korupsi di Pemda Kotabaru
Hasnuryadi Sulaiman saat menyambangi Masjid Jami di Jalan Mesjid Jami, Kelurahan Sungai Jingah. (Foto : Istimewa)

Banjarmasin

Safari Ramadan Hasnur Group dan Yayasan Hasnur Center, Sosok H Abdussamad Sulaiman HB Masih Dikenang

Nasional

KIB Sepakat Jadikan Demokrasi Sebagai Pesta Rakyat

Advertorial

BSNP Golkar Kalsel Siapkan SDM Profesional Awasi Pemilu 2024

Advertorial

Gubernur Kalsel Sampaikan Resesi dan Krisis Pangan di Peringatan Hari Jadi Barito Kuala ke-63

Berita Terkini

PLN Hadirkan UMKM Rumah Adat Kain Songket Mempawah

Bola & Sports

Erick Thorir Lakukan Gebrakan Baru di Tubuh PSSI, Hasnur: Ini Dilakukan Demi Kemajuan Sepakbola

Balangan

Sekretaris DPRD Balangan Diskusikan Kerjasama dengan Awak Media