Home / Nasional / News

Selasa, 27 Desember 2022 - 11:59 WIB

BNPB Imbau Sejumlah Provinsi Ancaman Cuaca Ekstrem

BNPB ingatkan scaca ekstrem yang bisa terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia, (Foto : Istimewa)

BNPB ingatkan scaca ekstrem yang bisa terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia, (Foto : Istimewa)

Wasaka.id – BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengeluarkan peringatan potensi cuaca ekstrem di sejumlah provinsi masih ada menjelang momen perayaan tahun baru 2023.

“Mengingatkan kepada teman-teman pemerintah daerah di Jawa, Bali, NTB (Nusa Tenggara Barat), kemudian Sulawesi Selatan yaitu potensi hujan lebat hingga sangat lebat,” ujar Pelaksana tugas Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam acara daring Disaster Briefing di Jakarta, Senin (26/12) malam.

Baca Juga : Ketua DPRD Kalsel Ingatkan Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem

Abdul juga memperingatkan agar wilayah-wilayah yang merupakan langganan bencana hidrometeorologi tertinggi, seperti pada Provinsi Jawa Barat, dan khususnya Kabupaten Bogor untuk berhati-hati pada banjir dan rawan longsor.

“Tidak terkecuali meskipun hujan sedang hingga lebat di Aceh, Lampung, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Maluku, Papua. Aceh masih ada daerah yang belum kering, sehingga dikhawatirkan kemudian daerah-daerah yang baru saja terkena banjir juga kembali basah,” ujar dia.

BNPB meminta kesiapsiagaan masyarakat harus disiapkan, dan juga peran dari pemerintah daerah aparat TNI-Polri dan BPBD juga harus dipersiapkan, terutama komunitas.

Abdul menyarankan untuk kesiapsiagaan bencana cuaca ekstrem di tingkat masyarakat dengan mengaktifkan sistem keamanan lingkungan (siskamling) di tingkat RT dan RW.

“BMKG sudah menyampaikan di beberapa provinsi tadi cuaca ekstrem akan menurun sampai ke tahun baru setiap malam pergantian. Dan harus melihat benda-benda kalau cuaca hujan deras sudah terjadi lebih dari dua jam, maka segera evakuasi secara mandiri dan masyarakat pun harus mau evakuasi secara mandiri,” ujarnya.(mey)

Sumber : viva.co.id

Share :

Baca Juga

Banjarbaru

Liana Anggota DPRD Banjarbaru Serap Aspirasi Warga dan Meriahkan HUT RI ke-78 dengan Bertabur Hadiah
Jutaan jemah Haul Abah Guru Sekumpul tahun 2023 yang memadati Kota Martapura Kabupaten Banjar. (Foto : Istimewa)

Banjar

DKISP Kabupaten Banjar Pasang 46 CCTV Guna Memantau Pelaksanaan Haul Abah Guru Sekumpul

News

Speedboat Relawan Jemaah Haul Habib Basirih Terbalik di Sungai Martapura

Nasional

Dito Ariotedjo Resmi Menpora, Rikval: Kabinet Jokowi Kabinet Semangat Muda
Penyerahan penghargaan Green Leadership Utama oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin (kanan) kepada Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kiri) pada ajang Anugerah Lingkungan PROPER dan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah, Rabu (20/12).

Advertorial

Dua Tahun Berturut-turut Darmawan Prasodjo Raih Green Leadership Utama Award, PLN Pecah Rekor Borong 20 Proper Emas KLHK 2023
Screnn Shoot video Ketua DPW PKB Kalsel yang menyatakan dukungan kepada Prabowo-Gibran di Kabupaten Tanah Bumbu. (Video : Istimewa)

Banjarmasin

Mengejutkan, Ketua DPW PKB Kalsel Zairullah Azhar Dukung Pasangan Prabowo-Gibran
Terdapat 150 gangguan akibat layang-layang sepanjang tahun 2023 yang terjadi di Kalimantan Barat. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Sambut Nataru, PLN Giat Razia dan Sosialisasi Bahaya Layangan Untuk Keandalan Listrik Kalbar

Nasional

Gelontorkan Rp21 Triliun, China Jadi ‘Raja’ Sponsor Piala Dunia 2022