Home / Balangan / Pendidikan

Minggu, 5 Maret 2023 - 18:26 WIB

Gerakan Pramuka Balangan Bersiap Ikuti LT-IV Tingkat Provinsi

M Lazim, ketua penitia LT III. (Foto : Istimewa)

M Lazim, ketua penitia LT III. (Foto : Istimewa)

PARINGIN, wasaka.id – Gerakan Pramuka Kabupaten Balangan menggelar lomba tingkat (LT-III) bagi Pramuka Penggalang yang diikuti oleh regu berprestasi dari 8 kwartir ranting (Kwaran) se-Kota Balangan, Minggu (5/3/2023).

Kefiatan ini dalam rangka mempersiapkan menghadapi hadapi lomba tingkat (LT-IV) Kwartir Daerah (Kwarda) Kepri, Kwartir Cabang (Kwarcab).

Lomba LT-III, Kabupaten Balangan tahun 2023 digelar di aula Kecamatan Paringin dengan tema, “Membangun Regu Tangguh”. Tangguh disini memiliki akronim (Tangkas, Guyub, Unggul dan Harmonis).

Peserta yang mengikuti LT-III ini dari usia penggalang tingkatan setingkat SMP/MTs. Dalam kegiatan tersebut terdapat sejumlah bidang lomba diantaranya, pentas seni, hasta karya, yel-yel, PBB, bivak, pionering, obat tradisional, melukis, pidato, semboyan dan isyarat.

Serka M Lazim selaku ketua panitia LT III, mengatakan lomba tingkat regu penggalang atau LT merupakan pertemuan regu-regu Pramuka Penggalang untuk meningkatkan pengembangan mental, pengetahuan, jiwa kepemimpinan dan kepercayaan diri serta membangun persaudaraan sesama anggota Pramuka yang bersifat kreatif, rekreatif dan edukatif yang dilaksanakan dalam bentuk sistem kompetisi serta mengintegrasikan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan (PDK/MK).

“Bagi regu yang memiliki prestasi tinggi akan mewakili Kabupaten Balangan dalam LT IV Tingkat Provinsi Kalsel, kegiatan ini sangat bergengsi bagi golongan penggalang karena dilaksanakan secara bertahap, mulai dari tingkat ranting, cabang, daerah hingga nasional,” ucap Serka M Lazim.

TNI berpangkat Serka itu mengharapkan melalui kegiatan ini, menghasilkan pramuka-pramuka yang terbaik yang akan menjadi wakil Balangan.

“Harapan kita tentunya bisa menghasilkan generasi yang baik, terampil dan berprestasi saat mewakili Balangan kedepan,” tandasnya.(rins)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Minta Solusi Lahan Tergenang Tahunan, Warga Transmigrasi Matang Hanau Mengadu ke DPRD Balangan

Balangan

Tiga Sekolah di Kotabaru Terima Penghargaan Adiwiyata Nasional

Advertorial

Ketua DPRD Balangan Ajak Warganya Gunakan Hak Pilih di Pilkada 2024

Advertorial

Gelar RDP Kekosongan Kepala Desa Begini Tanggapan DPRD Balangan 
Sekretaris DPRD Balangan, H Thamrin. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Jaga Persaudaraan Jelang Pemilu 2024, Sekwan Balangan: Berbeda Pilihan Hal Biasa

Advertorial

Pemkab dan DPRD Balangan Setujui Raperda Tentang Pelestarian Kebudayaan

Advertorial

Raperda Pelestarian Kebudayaan Disahkan, Begini Pesan Bupati Balangan

Advertorial

Anggota Komisi II DPRD Balangan Hadiri Pelepasan 193 Jemaah Haji Asal Balangan