Home / News

Minggu, 26 Februari 2023 - 14:54 WIB

Jokowi Tidak Sebut Nama Cawapres Saat Hadir di Rakornas PAN

Presiden RI Joko Widodo. (Foto : Istimewa)

Presiden RI Joko Widodo. (Foto : Istimewa)

JAKARTA, wasaka.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap menyebut bakal nama calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) jika hadir di acara partai politik.

Di Rakornas PAN, Jokowi di Jawa Tengah, kali kali ini Jokowi enggan menyebut nama bakal Cawapres.

“Biasanya awal-awal sambutan seperti ini, di semua partai saya absen capres cawapres. Tapi pagi hari ini saya tidak akan mengabsen capres cawapres,” kata Jokowi mengawali sambutan di Rakornas PAN di Semarang Jawa Tengah, Minggu (26/2).

Dia beralasan karena hanya sedikit sosok capres-cawapres yang hadir di Rakornas PAN. Selain itu, kata Jokowi, masyarakat juga sudah mengetahui siapa sosok capres-cawapres yang hadir dalam acara PAN.

“Karena calonnya yang hadir sedikit. Enggak usah di absen, semua sudah tahu siapa,” ujarnya.

Baca Juga : Sambut Pemilu 2024, Jokowi Minta Kepala Daerah Sering Turun ke Lapangan

Dalam kesempatan itu, hadir Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Ada pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Jokowi pun kaget saat mengetahui suara PAN di Jawa Tengah pada Pemilu 2019. Pasalnya, PAN tidak memiliki kursi di DPR RI dari Dapil Jawa Tengah.

Baca Juga : Presiden Jokowi Apresiasi Kerja Keras Seluruh Pihak, Angkat Jempol Untuk PLN

“Yang saya kaget di Jawa Tengah. Di Jawa Tengah ini urutanya 29. 29. Jadi tadi Bapak Ketua (Umum PAN) menyampaikan dulunya di Jawa Tengah ini (PAN) selalu dapat 8, 8, 8, 8 (kursi di DPR RI), tapi di 2019 tidak mendapatkan sama sekali,” jelas Jokowi.

Jokowi pun memahami alasan PAN menggelar Rakornas di Jawa Tengah. Jokowi menilai hal ini sebagai bentuk strategi PAN untuk mendekati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta kepala daerah lain.

“Tadi malam saya bertanya tanya, ini kenapa ya Rakornas Pemenangan PAN kok di Jawa Tengah. Jawabannya saya sudah punya sekarang, jawabannya sudah punya. Strateginya. Oh, ini strategi, udah. Mendekati Pak Ganjar,” tutur dia.

“Mendekati bupati/wali kota dihadirkan semuanya. Udah betul, selain basisnya, tentu saja basisnya, tadi menyebut pak ketua PW, PWM. Ketua PW jawa tengah. Ya bener,” sambung Jokowi.

Dia memahami strategi politik yang dilakukan oleh PAN. Jokowi menyebut kerja sama dan koalisi dalam politik sangatlah penting sehingga jangan sampai salah dalam memilih koalisi.

“Jadi memang dalam politik kalau yang namanya kerja sama itu memang wajib, jangan justru politik itu memecah belah kita. Sehingga sekali lagi kerja sama itu penting, koalisi itu penting, jangan salah memilih koalisi,” pungkas Jokowi.(nas)

Sumber : liputan6.com

Share :

Baca Juga

Banjarbaru

Liana Anggota DPRD Banjarbaru Serap Aspirasi Warga dan Meriahkan HUT RI ke-78 dengan Bertabur Hadiah
Calon anggota DPR RI, H Hasnuryadi Sulaiman membersihkan sejumlah APK sehari sebelum masuk masa tenang Pemilu 2024. (Foto : Istimewa)

Banjarmasin

Bang Hasnur Turun Langsung Bersihan APK Sebagai Bentuk Tanggung Jawab

Bola & Sports

Hadir di Barito Putera Bershalawat, Ketua DPRD Kalsel: Pemain Sudah Komplit Ayo Raih Prestasi

Advertorial

H Hasanuddin Murad Berpulang ke Rahmatullah, Keluarga Besar Partai Golkar Kalsel Berduka

News

Maling Sepeda Motor dan Penadah Diringkus Polisi
Desain baru XMAX Connected dari Yamaha. (Foto : Istimewa)

Berita Terkini

Yamaha XMAX Connected dengan Warna dan Grafis Baru, Tampil Lebih Sporty

News

Paman Birin Serahkan Bonus Rp2,5 Miliar ke Kafilah Kalsel

News

Pertamax Naik, Berikut Daftar Terbaru Harga BBM Per 1 Maret 2023