Home / Bola & Sports / News

Senin, 15 Mei 2023 - 09:20 WIB

Klasemen Medali SEA Games 2023: Tembus 3 Besar, Raihan Indonesia Lampaui Target Jokowi

Update perolehan medali untuk kontingen Indonesia. (Foto : Istimewa)

Update perolehan medali untuk kontingen Indonesia. (Foto : Istimewa)

JAKARTA, wasaka.id – Prestasi yang ditampilkan Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja bukiun bangga tanah air. Pasalnya target yang diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) 69 medali emas sudah terlampaui.

Update terakir klasemen perolehan medali sudah menembus peringkat 3 besar. Dalam daftar klasemen, hingga Senin pagi WIB (15/5/2023), Indonesia sudah mendapat 70 medali emas.

Indonesia total sudah mengumpulkan 210 medali SEA Games 2023. Rinciannya 70 medali emas, 60 perak dan 80 perunggu.

Peringkat pertama dalam perolehan medali masih dikuasai Vietnam dengan 107 emas, 92 perak dan 95 perunggu. Selanjutnya, di posisi kedua dihuni Thailand dengan 91 emas, 67 perak dan 88 perunggu.

Kamboja yang sebelumnya berada di posisi tiga kini ada di peringkat 5. Kontingen tuan rumah mengoleksi 65 emas, 62 perak dan 103 perunggu.

Sementara Menpora Dito Ariotedjo awalnya menargetkan 60 medali emas dan berada di peringkat ketiga pada SEA Games 2023 di Kamboja.

Namun, dalam acara pelepasan kontingen di Istana Kepresidenan pada 2 Mei lalu, Jokowi menargetkan kontingen Indonesia dapat menyabet lebih dari 69 emas dan menduduki peringkat 1 atau 2 di SEA Games ke-32 Kamboja.

Terkait dengan keberhasilan melampaui target yang diharapkannya, Presiden Jokowi langsung mengapresiasi sukses yang diraih kontingen Indonesia tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi perolehan medali, karena sudah mencapai 60 (emas). Targetnya memang dari kemarin itu 60, tapi saya minta di atas 69. Moga-moga terlampaui,” kata Jokowi pada wartawan.

Sukses kontingen Indonesia ini tak lepas dari sumbangsih atlet Tanah Air di masing-masing cabang olahraga. Cabor gulat, misalnya, yang langsung melampaui target medali emas.

Mereka merebut empat medali emas pada hari pertama pertandingan di Chroy Changvar International Convention and Exhibition Center, Phnom Penh.

Seperti dilansir Antara, dengan perolehan empat emas pada hari pertama, gulat sudah melampaui target emas yang dicanangkan, yakni dua keping emas, sisanya tiga perak dan empat perunggu. Pegulat Indonesia masih akan bertarung pada 10 nomor selanjutnya dari gaya bebas putri dan putra.(yul)

Sumber : Liputan6.com

Share :

Baca Juga

Tiga asangan calon wakil Presiden (wapres). Foto : (Istimewa)

Berita Terkini

Debat Perdana Cawapres di Pilpres 2024, Panelis Siapkan 18 Pertanyaan
Bupati Balangan, Abdul Hadi dan Ketua DPRD Kabupaten Balangan Ahsani Fauzan saat meninjau lokasi pasar Ramadan yang digelar di Lapangan Marthasura. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Ketua DPRD Balangan Hadiri Gelaran Pasar Ramadhan di Lapangan Marthasura

Barito Kuala

162 Kepala Desa di Barito Kuala Ikuti Pengukuhan Perpanjangan Masa Jabatan

Advertorial

Selamat, Bupati Kotabaru Terima Penghargaan Langsung dari Menteri Hukum dan Ham

Advertorial

Incar Kemenangan Pilkada 2024, Golkar Kalsel Gelar Konsolidasi ke Tingkat Bawah

Advertorial

Ketua DPRD Balangan Apresiasi Pemkab Balangan Fokus Tingkatkan Pemenuhan Infrastruktur dan Ekonomi Dalam Musrenbang RKPD

Advertorial

Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ratusan Relawan PLN Banjiri Bantaran Sungai Besar Banjarbaru

Nasional

10th World Water Forum, Hasnuryadi Dukung Langkah DPR RI Cegah Terjadinya Krisis Air Dunia