Home / Nasional / News

Rabu, 28 Desember 2022 - 14:38 WIB

KPU Atur Capres dan Caleg Belum Ditetapkan Sudah Sosialisasi

Ilustrasi pemilihan umum tahun 2024. (Foto : net)

Ilustrasi pemilihan umum tahun 2024. (Foto : net)

Wasaka.idKOMISI Pemilihan Umum (KPU) mulai mengatur regulasi terkait kegiatan sosialisasi yang dilakukan bakal calon presiden dan bakal calon anggota legislatif.

Tak hanya itu, partai politik sebelum masa kampanye resmi dimulai juga jadi sorotan pihak penyelenggara Pemilu. Sebab, saat ini ada yang sudah melakukan sosialisasi padahal masih bakal calon presiden atau bakal calon anggota legislatif.

“Kemudian di soal, ada seperti calon sekarang yang mereka belum tentu menjadi calon, apakah presiden atau DPD atau parpol yang melakukan kegiatan sosialisasi, ini yang mau kita atur bersama dengan teman-teman Bawaslu dan DKPP,” kata anggota KPU Mochammad Afifudin kepada wartawan.

Menurutnya, yang jadi sortan pihaknya saat ini kampanye di luar jadwal berkedok sosialisasi. Memang, kata dia, ada durasi waktu yang cukup panjang setelah penetapan 17 partai politik sebagai peserta pemilu 2024 pada 14 Desember 2022.

“Ini menjadi masa yang berpotensi perdebatan. Diskusi kita biasanya di penyelenggara begini, apakah saat masa kampanye di luar jadwal kampanye itu masuk kategori kampanye atau sosialisasi, atau hanya dalam 25 hari ketika ada jadwal yang sudah ditentukan KPU,” ujarnya.

Maka dari itu, Afif menambahkan, KPU bersama Bawaslu dan DKPP sedang merumuskan regulasi tentang sosialisasi atau kampanye agar terjadi titik pemahaman yang sama.

“Kira-kira masa kampanye, masa tenang kapan boleh dilakukan dan seterusnya. Karena masa kampanye ini yang paling meriah biasanya, potensi terjadinya pelanggaran, sebagaimana pemilu sebelumnya. Misalnya, ada partai yang masang iklan, masuk ke dalam kategori kampanye,” ujarnya.(nas)

Sumber : viva

Share :

Baca Juga

Ilustrasi pedagang beras. (Foto : Istimewa)

Berita Terkini

Harga Beras Turun Sebelum Ramadhan, Satgas Pangan Polri: Kami Cek Langsung ke Lapangan

News

Didoakan Kiai Jatim Bisa Pimpin Indonesia, Anies-Cak Imin Siap Daftar Hari Pertama
Musrenbang RKPD Kecamatan Paringin Selatan yang dihadiri anggota Komisi I DPRD Balangan, Rusdin Barhiwan. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Rusdin Barhiwan Dukung Usulan Masyarakat di Musrenbang RKPD

Bola & Sports

Poin Penting Barito Putera Bangkit dari Zona Degradasi

News

Macet Total 22 Jam di Jambi, Sopir Mengeluh Ikan Mati dan Merugi

Advertorial

Jaga Kelestarian Biota Laut, PLN Rehabilitasi Terumbu Karang Pulau Lemukutan
Bupati Kotabaru, Sayaed Jafar saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan Safari Jumat di Mesjid Nurul Falah Desa Sebelimbingan. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Safari Jumat, Bupati Kotabaru Berikan Bantuan untuk Mesjid Nurul Falah

Advertorial

Jelang Idul Adha, DPRD Balangan Apresiasi Langkah Disperindag