Home / Kotabaru / News

Selasa, 25 Juli 2023 - 18:19 WIB

Peran Gakkumdu Diharapkan Mengoptimalisasi Pelanggaran Pemilu

Rapart finalisasi Sentra Gakkumdu dalam rangka optimalisasi pelanggaran Pemilu 2024. (Foto : Istimewa)

Rapart finalisasi Sentra Gakkumdu dalam rangka optimalisasi pelanggaran Pemilu 2024. (Foto : Istimewa)

KOTABARU, wasaka.id – Bawaslu Kotabaru melaksanakan rapat fasilitasi sentra penegakkan hukum terpadu (Gakkumundu) guna menguatkan koordinasi dan menyamakan persepsi dalam tahapan pemuktahiran data pemilihan dan penyusunan daftar pemilihan tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Grand Surya, Selasa (25/7).

Rapat Sentra Gakkumdu ini merupakan bagian dari langkah-langkah pencengahan agar dapat meminimalisir tindak pidana dan atau pelanggaran pelaksanaan Pemilu di 2024 mendatang.

Adapun dalam laporan pelaksana kegiatan, Muhammad Indra menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini untuk penanganan pelanggaraan tahapan pemilihan umum tahun 2024.

“Tujuan kegiatan fasilitasi Sentra Gakkumdu ini yaitu penguatan peran serta masyarakat dan fungsi Sentra Gakkumdu dalam mengoptimalisasikan pelanggaraan tindak pidana Pemilu Tahun 2024,” ungkap Muhammad Indra.

Kegiatan ini juga diikuti 65 orang yang terdiri dari pimpinan atau perwakilan partai politik Kotabaru, instansi, organisasi, perguruan tinggi dan Tim Gakkumdu Kotabaru.

Sementara itu, dalam arahan Ketua Bawaslu Kotabaru, Mohamamd Erfan saat membuka kegiatan ini berharap dapat bermanfaat dan semua alat peraga kampaye dapat dipasang atau sesuai dengan peraturan yang ada.

“Berharap dari peserta seluruh yang hadir untuk saling sharing dan berdiskusi terkait materi serta berharap dengan adanya pertemuan hari ini terutama dari Satpol-PP dapat menuntaskan alat paraga kampanye sesuai aturan dan tata cara alat peraga kampanye pemilu tahun 2024,” jelas Ketua Bawaslu Kotabaru.

Kegiata ini juga diisi dengan diskusi dengan narasumber dari KBO Satreskrim Polres Kotabaru yang menyamapiakan peran serta penegak hukum terpadu dalam penanganan pelanggaran tindak pidana pemilu.

Selain itu, Kasi Intelejen Kejaksaan Negeri Kotabaru menyampaikan materi tentang praktik politik uang dalam Pemilu serta peran Kejaksaan dalam penanganan tindak pidana pemilu 2024 melalui Gakkumdu sedangkan dari Bawaslu Kotabaru menyampaikan tentang aturan dan tata cara pemasangan alat peraga kampanye dan alat peraga sosialisasi pemilu tahun 2024.(rud)

Share :

Baca Juga

Silaturahmi CEO PS Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman bersama suporter di Sungai Jingah. (Foto : Istimewa)

Banjarmasin

Silaturahmi dengan Supoter Barito Putra di Sungai Jingah, Bang Hasnur: Masukan dan Kemajuan Tim

News

Dewan Pers Ajak Insan Pers Wujudkan Pemilu Damai

Advertorial

Bupati Kotabaru Hadiri Panen Udang dan Ikan Bandeng: Bukti Suskesnya Budidaya Perikanan

Advertorial

Pemkab Kotabaru Siap Memanfaatkan Pengelolaan Limbah Sampah dari Lembaga Pemasayarakatan

Banjarmasin

10 Jam Dicari, Warga Batola Ditemukan Tak Bernyawa di Sungai Martapura

Advertorial

Dispersip Kotabaru Kembangkan Minat Baca Anak Melalui Layanan Bercerita

Banjarbaru

Muhammad Fansyuri Pimpin Pengurus Pemuda Pancasila Banjarbaru

Balangan

Sekretaris DPRD Balangan Diskusikan Kerjasama dengan Awak Media