Home / Nasional / News

Kamis, 17 Agustus 2023 - 08:35 WIB

Pertama Kali dalam Sejarah IKN Gelar Upacara HUT RI ke-78

Pertama Kali dalam Sejarah IKN Gelar Upacara HUT RI ke-78. (Foto : Istimewa)

Pertama Kali dalam Sejarah IKN Gelar Upacara HUT RI ke-78. (Foto : Istimewa)

JAKARTA, wasaka.id – Peringatan HUT RI ke-78 di IKN Nusantara pertama kalinya dilaksanakan dalam sejarah. Upacara HUT RI ke-78 ini mengangkat tema ‘Satukan Tekad Menyongsong Nusantara’.

“OIKN berharap seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama menyatukan tekad untuk mendukung pembangunan ibu kota baru Indonesia,” tulis keterangan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Kamis (17/8).

Upacara di IKN akan dipimpin Kepala Otorita IKB Bambang Susantono. Upacara dijadwalkan berlangsung pada pukul 08.30-10.00 WITA atau 07.30-09.00 WIB.

Adapun lokasi upacara dilakukan di Sumbu Kebangsaan IKN. Tak hanya upacara pengibaran bendera. Di Sumbu Kebangsaan IKN juga diselenggarakan upacara penurunan bendera pada sore harinya. Acaranya berlangsung pada 17.00-18.00 WITA atau 16.00-17.00 WIB.

Sebelumnya, Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, bakal ada video conference dengan IKN pada saat upacara HUT RI di Istana Merdeka berlangsung.

“Nanti ada semacam video conference dengan di IKN, karena di IKN juga ada upacara peringatan 17 Agustus diadakan juga di IKN, pada hari yang sama,” kata Bey ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan.

Menurut dia, upacara peringatan kemerdekaan ke-78 RI di IKN akan dipimpin oleh Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Bambang Susantono.

Dia mengatakan akan ada interaksi antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan pihak pelaksana upacara kemerdekaan di IKN.

“Direncanakan seperti itu (ada interaksi antara Istana Kepresidenan di Jakarta dengan di IKN Nusantara). Kita cek juga nanti jaringan dan sebagainya, apakah memungkinkan atau tidak,” ujar Bey.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menargetkan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah menjadi kota modern yang hidup pada bulan Agustus 2024. Jokowi ingin Upacara HUT ke-79 RI nantinya bisa digelar di halaman Istana Kepresidenan yang ada di IKN.

“Jadi sekali lagi, yang jelas di Bulan Agustus 2024 kita ingin IKN telah menjadi kota modern yang hidup. Dan kita Upacara HUT Kemerdekaan ke Indonesia ke-79 itu di Halaman Istana IKN,” jelas Jokowi saat menyampaikan sambutan utama tentang Ibu Kota Nusantara.

Dia meyakini hal ini akan menjadi semangat bagi semua masyarakat Indonesia, apabila benar terwujud. Namun, kata Jokowi, semua masyarakat harus bergotong royong dalam pembangunan IKN.

“Dengan upaya kita bersama, dengan semangat gotong royong kita bersama, saya yakin 17 Agustus 2024 kita bisa merayakan bersama-sama di Nusantara,” ujarnya.

Jokowi menyampaikan bahwa pembangunan IKN merupakan agenda besar pemerintah yang dilakukan untuk kemajuan negara. Dia menekankan masyarakat tak perlu dengan komitmen pemerintah terkait keberlanjutan IKN Nusantara.

“Bapak/Ibu tidak perlu ragu dan bimbang karena payung hukumnya sudah jelas yaitu, UU Nomor 3 tahun 2022 dan itu ini juga harus tau itu telah disetujui 93 persen dari fraksi di DPR loh,” jelas dia.

“Kurang apalagi? Kalau masih ada yang belum yakin jadi kurang apa lagi? Tidak perlu lagi untuk dipertanyakan,” sambung Jokowi.(mey)

Sumber : liputan6.com

Share :

Baca Juga

News

Gelar Konsolidasi Kepengurusan, Gerindra Banjarmasin Siap Rebut Hati Masyarakat

News

Aksi Heroik Bocah Gagalkan Pencurian Diganjar Penghargaan dari Kapolresta Banjarmasin
Anggota DPRD Kabupaten Balangan, Ahmad Fauzi, foto :(Istimewa)

Advertorial

DPRD Balangan Dukung Program Belanja Pemulihan Ekonomi Pedagang Kecil

News

Seorang Suami Siram Istri dan Anaknya dengan Keras Hingga Tewas

Advertorial

Terbanyak di Asia Tenggara! PLN Resmikan 21 Unit Green Hydrogen Plant, Mampu Produksi Hingga 199 Ton Hidrogen Per Tahun

Bola & Sports

Laga Perdana Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Shin tae-yong: Tak Mudah Menang Melawan Kamboja

News

MPW Pemuda Pancasila Kalsel Siapkan Muscab dan Kaderisasi

News

Ketua DPRD Kalsel Apresiasi Keinerja Polda Kalsel Gagalkan Penyelundupan Sabu 35 Kilo Jaringan Jawa Timur