Home / News

Senin, 17 Juli 2023 - 17:58 WIB

Polda Kalsel Amankan 10,8 Kg Sabu Hingga dan Ribuan Pil Ekstasi

Barang bukti narkotika hasil tangkapan jajaran Polda Kalsel. (Foto : Istimewa)

Barang bukti narkotika hasil tangkapan jajaran Polda Kalsel. (Foto : Istimewa)

BANJARMASIN, wasaka.id – Polda Kalsel menangkap 236 orang tersangka penyalahgunaan narkoba selama 14 hari Operasi Antik Intan 2023. Barang bukti yang diamankan antara lain 10,8 kilogram sabu, ganja 91,61 gram, 4.822 butir pil ekstasi dan 8.000 ribu lebih obat keras atau obat daftar G.

Berdasarkan data yang dirilis Polda Kalsel, oparasi yang dilaksanakan pada 15-28 Juni 2023 lalu aparat mengamankan tersangka diantaranya 20 perempuan dari 236 orang. Kemudian satu diantara tersangka perempuan mengaku berprofesi sebagai tenaga kesehatan dengan inisial Z warga Jalan Melati Indah, Banjarmasin Timur.

Dari hasiul introgasi juga didapat, Z sebagai perawat klinik terbiasa melakukan suntik/injeksi menggunakan bahan psikotropika golongan IV terhadap pasiennya. Hal tersebut diakuinya untuk menenangkan diri pasien setelah menggunakan narkotika.

Selain Z juga diketahui tersangka berinisial HS, warga Desa Banyu Hirang, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar. Dari dia Subdit II Ditresnarkoba Polda Kalsel menyita barang bukti sabu sebanyak 8,9 Kilogram dan inek 4.157 Butir.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi, didampingi Direktur Ditresnarkoba Kombes Pol Tri Wahyudi mengatakan, dari hasil pengungkapan jaringan narkoba ini telah menyelamatkan sebanyak 108 ribu jiwa orang dan terhindar dari penyalahgunaan narkoba, jika dalam setiap satu gram sabu dapat digunakan 10 orang.

“Kami tak berhenti sampai di sini, pengembangan kasus terus dilanjutkan,” tegasnya saat konferensi pers di Mapolda Kalsel, Senin (17/72023).

Dia mengatakan hasil pengungkapan selama 14 hari saja sudah puluhan kilo narkotika berhasil diamankan. Hal ini, sebutnya, menggambarkan Kalsel masih jadi pasar cukup potensial bagi bandar dan pengedar narkotika.

”Barang bukti yang diamankan dari para tersangka nantinya akan dimusnahkan, menunggu setelah ada penetapan dari pengadilan,” pungkasnya.(yud)

Share :

Baca Juga

Nasional

Pemilu 2024: Pegawai Kemenkumham Ikrarkan Netralitas

News

Bertemu Tokoh Muda Hasnuryadi Sulaiman, Repnas Kalsel Siap Menanangkan Prabowo-Gibran
DPRD Kabupaten Balangan mengundang Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3). (Foto : Humas DPRD Balangan)

Advertorial

DPRD Balangan Undang DKP3 Penjelasan Terkait Ternak Unggas Banyak Mati Mendadak

News

Caleg Mantan Koruptor Diingatkan Umumkan Satsusnya ke Publik

Nasional

Gempa Berkekuatan 4,8 Guncang Malang dan Sekitarnya, BMKG: Ada Aktivitas Subduksi Dua Lempeng
JAKARTA, wasaka.id - Partai Golkar menempel ketat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam hasil sementara real count KPU Pemilu 2024, Senin (19/2) pukul 08.00 WIB. Dilansir dari laman KPU, perolehan suara Partai Golkar mencapai 9.588.949 atau 14,07 persen, terpaut sedikit dari PDIP yang berada di peringkat pertama dengan perolehan 10.679.701 suara atau 15,67 persen.

Berita Terkini

Real Count Perhitungan KPU Sementara, Suara Golkar Tempel Ketat PDIP

Advertorial

Jelang KTT G20, Menko Luhut Resmikan PLTS Terapung Milik PLN di Nusa Dua Bali

Banjarmasin

Meriahkan Barito Bersholawat dan Launching Buku Bersama Habib Syech