Home / News / Religi

Selasa, 23 Mei 2023 - 09:40 WIB

Saudi Siap Sambut Jemaah Haji Indonesia, Siap Berikan Layanan Terbaik

Pemerintah Arab Saudi siap menyambut kedatangan jemaah haji Indonesi. (Foto : MCH PPIH 2023)

Pemerintah Arab Saudi siap menyambut kedatangan jemaah haji Indonesi. (Foto : MCH PPIH 2023)

JAKARTA, wasaka.id – Jemaah haji Indonesia akan diberangkatkan ke Tanah Suci mulai Rabu, 24 Mei 2023. Terkait hal ini, Pemerintah Arab Saudi melalui Wakil Menteri Haji dan Umrah Bidang Ziarah, Muhammad Abdurrahman Al Bijawi menyatakan kesiapan negaranya menerima jemaah haji asal Indonesia.

Salah satu inovasi yang akan kembali diterapkan dalam menyambut jemaah haji Indonesia yakni fasilitas fast track atau jalur cepat keimigrasian di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah.

“Kita akan melihat tanggal 24 Mei atau 5 Zulqaidah saat kedatangan jemaah haji Indonesia. Kita akan bersama-sama menyambutnya,” ujar Abdurrahman.

Hal ini disampaikan Abdurrahman saat memberikan pernyataan pers usai menerima kunjungan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Subhan Cholid di kantornya, di Madinah, Senin (22/5).

Dia mengaku sangat senang menerima kunjungan misi haji Indonesia. “Kami sudah sangat rindu untuk memberikan layanan kepada jemaah haji Indonesia yang sangat tertib dan baik,” ujarnya.

Tiga bulan lalu, kata dia, perwakilan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah berkunjung ke Jakarta untuk melihat persiapan Bandara Soekarno Hatta dalam menerapkan fast track. Dengan fast track, waktu pemrosesan oleh imigrasi Arab Saudi dapat dipangkas.

Bila pelayanan standar proses imigrasi memakan waktu 2 jam lebih, dengan jalur cepat ini pemrosesan di bandara Arab Saudi hanya butuh sekitar 30 menit. Dengan begitu, jemaah tidak perlu berlama-lama mengantre di bandara, sehingga bisa langsung naik bus yang disediakan PPIH untuk diantar ke hotel.

“Kami sangat berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada jemaah haji dan itu merupakan perintah langsung dari Raja Salman agar jemaah haji dapat melaksanakan ibadah dengan tenang, dengan khusyuk, dan kembali ke Tanah Airnya mendapatkan haji mabrur,” papar Abdurrahman.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah PPIH Arab Saudi Zaenal Muttaqin yang turut hadir dalam pertemuan bilateral tersebut menyampaikan bahwa kedua negara juga membahas mengenai tasreh atau surat izin khususnya untuk masuk Raudhah di Masjid Nabawi bagi jemaah haji Indonesia.

“Tadi dibahas juga soal tasreh ziarah, khususnya ke Raudhah. Jemaah kita akan diberikan tasreh untuk masuk ke Raudhah,” ungkap Zainul.

Dengan tasreh tersebut, menurut Zainul, jemaah tidak perlu mendaftar untuk mendapatkan reservasi di aplikasi Nusuk. Meski begitu, jemaah juga tetap bisa memilih memakai aplikasi tersebut secara mandiri.

Raudhah merupakan suatu tempat di dalam Masjid Nabawi, Madinah yang dahulu berada di antara kediaman Rasulullah SAW dengan mimbar tempat beliau berdakwah. Tempat itu disebut sebagai taman surga dan merupakan salah satu tempat mustajab untuk memanjatkan doa.(mey)

Sumber : liputan6.com

Share :

Baca Juga

News

Verifikasi KPU Kalsel Hanya 84 Bacaleg Memenuhi Syarat, 766 Tidak Memenuhi Syarat

News

Maknai HPN 2023, Ketua DPRD Kalsel: Junjung Tinggi Pers Demokrasi dan Bermartabat

News

Bertemu Tokoh Muda Hasnuryadi Sulaiman, Repnas Kalsel Siap Menanangkan Prabowo-Gibran

Kesehatan

Menguak Asal Usul Minyak Bintang yang Dipakai Ibu Ida Dayak Melakukan Pengobatan, Segini Harganya

News

Bukan Cawapres, Ridwan Kamil Dijagokan Golkar Maju di Pilkada DKI Jakarta

Bola & Sports

Diminta Perbaiki Prestasi, Rahmad Darmawan kembali Latih barito Putera
Bupati Balangan, Abdul Hadi dan Ketua DPRD Kabupaten Balangan, Ahsani Fauzan menerima hasil emeriksaan Kinerja Kepatuhan Anggaran Tahun 2022-2023 dari BPK RI perwakilan Kalimantan Selatan. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Bupati dan Ketua DPRD Balangan Menerima Hasil Pemeriksaan Kinerja Kepatuhan Anggaran Tahun 2022-2023
DPPKBPM Banjarmasin kembali menggelar kegiatan "Bapak Asuh Anak Stunting" di Kelurahan Telawang Banjarmasin Barat. (Foto : Istimewa)

Banjarmasin

Kelurahan Telawang Terima Bantuan Sinergi Penanganan Stunting