Home / Advertorial / Kotabaru

Rabu, 9 Agustus 2023 - 19:11 WIB

Sekda Kotabaru Hadiri Panen Padi di Desa Pembelacanan

Panen padi sawah di Desa Pembelacanan Kecamatan Kelumpang Selatan Kotabaru. (Foto : Istimewa)

Panen padi sawah di Desa Pembelacanan Kecamatan Kelumpang Selatan Kotabaru. (Foto : Istimewa)

KOTABARU, wasaka.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kotabaru, H Said Akhmad menghadiri panen padi sawah di Desa Pembelacanan Kecamatan Kelumpang Selatan Kotabaru, Selasa (9/8).

Pada kesempatan itu juga berhadir Wakil Ketua DPRD H Mukhni, Asisten Pemerintahan dan Kesra Minggu Basuki, Kepala SKPD, perwakilan TNI-Polri serta tokoh masyarakat dan kelompok tani.

Pemerintah Kabupaten Kotabaru terus meningkatkan produksi padi diantaranya peningkatan mutu intensifikasi (Agrobisnis padi sawah) seluar 100 hektar yang mana dalam mendukung program kemandirian pangan nasional dan kedaulatan pangan berbasis agrobisnis yang sudah menjadi ikhtiar bersama dalam mewujudkannya.

Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar melalui Sekretaris Kotabaru, H Said Akhmad mengatakan, Pemkab Kotabaru mengapresiasi dan sukses kepada kelompok tani Maju Makmur atas keberhasilan panen padi sawah ini.

“Kita terus memacu semangat untuk membangun sektor pertanian di Kotabaru agar lebih baik lagi. Dan para petani diharapkan bisa memanfaatkan lahan pertaniannya juga konsisten meningkatkan kualitas tanam dan produktivitas tanaman demi kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Perlu diketahui, peningkatan produksi pertanian tentu akan memberikan kontribusi hingga membuat stabilitas harga komoditi pangan di KabupatenuKotabaru dan bisa membantu pengendalian inflasi.

Tak lupa Said Akhmad mengimbau kepada seluruh penyuluh pertanian agar terus meningkatkan penyuluhan dan bimbingan kepada para petani sehingga mereka terbantu dalam peningkatan produksi.

Sementara, Ketua Kelompok Tani Maju Makmur Desa Pembelacanan, Suli Sarwono mengatakan, padi sawah ini seluas sekitar 20 hektar. Seharusnya dengan luas 50 hektar namun tergerus kebun sawit sehingga hanya bisa digarap 20 hektar. \

“Pada tahun 2023 ini ada penyingkatan panen padi sawah sekitar 8,4 ton yang mana tahun kemarin sekitar 8,1 ton,” ujarnya.

Kendala saat ini yang dihadapi para petani tidak adanya hand traktor sehingga menghambat para petani dalam menanam karena harus meminjam hand traktor dari pihak lain.

Selain panen padi sawah Sekda dan rombongan juga memberikan bantuan bibit kepada kelompok tani dan membagikan bendera merah putih kepada warga dan pedagang di Kecamatan Kelumpang Selatan.(rud)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Wakil Rakyat Balangan Serahkan Bantuan Warga yang Terdampak Kebakaran
29 jam tanpa henti pejuang keandalan kelistrikan UPT Balikpapan membangun tower Emergency Restoration System (ERS)

Advertorial

Perjuangan 29 Jam Tanpa Henti, PLN Sukses Hadirkan Listrik Andal Pada Pelaksanaan Pemilu 2024

Advertorial

RUPS PLN: Sah! Pemerintah Terima Laporan PLN, Apresiasi Capaian Kinerja Terbaik Sepanjang Sejarah

Advertorial

Wabup Kotabaru Andi Rudi Latif Ikut Haidiri Apel HUT Bhayangkara ke 78

Advertorial

Bupati Kotabaru Terus Tingkatkan Pembangunan di Bumi Saijaan Sebelum Masa Jabatannya Berakhir

Advertorial

Wakil Bupati Kotabaru Hadiri Pelantikan Komisaris Utama Independen Bank Kalsel

Advertorial

PLN Mobile Proliga 2023 Digelar, Siap Suguhkan Pertandingan Menarik Sekaligus Ajang Pembinaan Voli Berkelanjutan

Advertorial

Sahbirin Noor Pencetak Gol Terbanyak di Laga Trafeo Bank Kalsel 2023