Home / Pendidikan / PLN UPB Barito

Rabu, 10 Juli 2024 - 14:33 WIB

Sinergi Pendidikan dan Industri: Mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin dan Universitas Islam Kalimantan Kunjungi PLN Indonesia Power UBP Barito

Mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin sangat antusias mengikuti pembelajaran secara langsung di Control Room PLTA Ir. PM. Noor. (Foto : Istimewa)

Mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin sangat antusias mengikuti pembelajaran secara langsung di Control Room PLTA Ir. PM. Noor. (Foto : Istimewa)

BANJARMASIN, wasaka.id – PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Barito dengan bangga menerima kunjungan industri dari Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Jurusan Teknik Elektro dan Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin.

Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya menggali wawasan dan inspirasi tentang energi baru terbarukan sesuai dengan tema “Menggali Wawasan dan Inspirasi tentang Energi Baru Terbarukan serta Teknologi Lingkungan Hidup dengan Kunjungan Industri yang Rekreatif”.

Diketahui pada Kamis, 27 Juni 2024, untuk kelompok pertama sebanyak 69 mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Poliban, didampingi oleh 18 dosen dan 4 Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) dan tenaga kependidikan (Tendik), melakukan kunjungan ke Unit Pembangkitan PLTAD Gunung Bamega di PLTA Ir. PM. Noor.

Selama kunjungan ini, para peserta diberikan penjelasan rinci mengenai operasional dan teknologi yang digunakan dalam pembangkitan listrik, serta melihat langsung berbagai fasilitas yang ada.

Manager PLN Indonesia Power UBP Barito Nyoman Sukma Aryawan menyampaikan sangat senang dapat menerima kunjungan dari mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin.

“Kegiatan ini merupakan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk memahami lebih dalam mengenai teknologi pembangkitan listrik dan inovasi yang kami terapkan di sini,” ujarnya.

Baca Juga : Mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin Gali Ilmu di PLN Indonesia Power UBP Barito

Selanjutnya, pada Rabu, 3 Juli 2024, untuk kelompok kedua sebanyak 25 mahasiswa Poliban, bersama 8 dosen pendamping, melanjutkan kunjungan industri ke PLN Indonesia Power UBP Barito.

Mereka mendapatkan wawasan lebih lanjut mengenai sistem pembangkitan listrik dan upaya-upaya yang dilakukan PLN Indonesia Power dalam mendukung energi baru terbarukan dan teknologi ramah lingkungan.

Baca Juga : PLN Indonesia Power UBP Barito Raih 3 Penghargaan Proper Biru Atas Ketaatan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup

Kemudian pada Kamis, 4 Juli 2024, PLN Indonesia Power UBP Barito juga menerima kunjungan dari Fakultas Teknik Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin. Sebanyak 48 mahasiswa dan 2 dosen pendamping turut serta dalam kunjungan ini. Para peserta disambut hangat dan diberikan kesempatan untuk belajar langsung dari para ahli mengenai berbagai aspek teknis dan lingkungan dalam pembangkitan energi.

“Kunjungan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa kami. Mereka mendapatkan pengalaman langsung yang tidak bisa didapatkan hanya dari teori di dalam kelas. Kami berharap kunjungan industri seperti ini dapat terus berlanjut di masa depan,” ujar salah satu dosen pendamping dari Uniska M. Abdurrahman.

PLN Indonesia Power UBP Barito terus berkomitmen untuk mendukung pengembangan pendidikan dan pengetahuan di bidang energi, serta membuka peluang bagi mahasiswa untuk belajar dan berinteraksi langsung dengan dunia industri.

Melalui kunjungan industri ini, PLN Indonesia Power berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam membentuk generasi muda yang lebih siap menghadapi tantangan di bidang energi dan lingkungan hidup.(zai)

Sekilas Tentang PLN Indonesia Power

PT PLN Indonesia Power adalah Generation Company terbesar se-Asia Tenggara Sub Holding BUMN kelistrikan yaitu PT PLN (Persero). PLN Indonesia Power selalu berkomitmen untuk menjadi perusahaan energi yang berbasis teknologi, inovasi, dan berorientasi pada masa depan menuju The NEW PLN 4.0 UNLEASHING ENERGY and BEYOND.

Share :

Baca Juga

Balangan

Gerakan Pramuka Balangan Bersiap Ikuti LT-IV Tingkat Provinsi

Advertorial

Anggota DPRD Balangan Siap Mengawal Pembangunan Toilet dan Laboratorium SMAN 1 Paringin

Advertorial

Kapolres Kotabaru Berikan Program Sikoba Presisi dan Umrah kepada Dewan Guru

Advertorial

Sekwan Balangan Bekali Ilmu Publik Speaking kepada Kader PKK Kecamatan dan Desa

Advertorial

Dukung Peningkatan Kompetensi Wartawan, PLN Gandeng PWI Kalteng Gelar UKW

Banjarmasin

Mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin Gali Ilmu di PLN Indonesia Power UBP Barito

Advertorial

Peduli Pendidikan, Pemda Kotabaru Bangun Sekolah SMPN 3 Hampang, dan Berikan Beasiswa Bagi Anak Mualaf

Advertorial

Duta Perda Diharapkan Jadi Pelopor Taat Pada Aturan