Home / Advertorial / Kotabaru

Kamis, 24 Agustus 2023 - 08:43 WIB

Wakili Bupati Kotabaru, Bang Arul Terima Anugerah RAD Kepemudaan dari Menpora RI

Menpora, Dito Ariotedjo menyerahkan penghargaan Anugerah RAD Kepemudaan kepada Wakil Bupati Kotabaru, Andi Rudi Latif. (Istimewa)

Menpora, Dito Ariotedjo menyerahkan penghargaan Anugerah RAD Kepemudaan kepada Wakil Bupati Kotabaru, Andi Rudi Latif. (Istimewa)

JAKARTA, wasaka.id – Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif, menerima penghargaan Anugerah Rencana Aksi Daerah (RAD) Pembangunan Kepemudaan dari Menpora RI, Dito Ariotedjo, di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (23/8).

Andi Rudi Latif akrab disapa Bang Arul, menerima penghargaan dari Kemenpora bersama delapan 8 Pemerintah Daerah se-Indonesia karena telah selesai penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) pelayanan kepemudaan, termasuk Kabupaten Kotabaru.

Selain, Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif, ada tujuh kepala daerah lainnya yang turut diganjar apresiasi diantaranya Gubernur Kalimantan Selatan, Gubernur Kalimantan Utara, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Riau, Gubernur Sumatera Utara, Gubernur Sulawesi Tengah, Bupati Bengkalis.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Ariotedjo dalam sambutannya mengatakan, delapan Kepala Daerah ini telah melaksanakan Pelayanan Kepemudaan sebelum adanya Surat Kemendagri Nomor 400.3.5/9106/Bangda tanggal 18 Agustus 2023.

Surat itu meminta Gubernur dan Bupati/Walikota melaksanakan Perpres No. 86/2021 tentang DBON dan Perpres No. 43/2022 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Rencana Aksi Daerah (RAD) Pelayanan Kepemudaan.

“Delapan Kepala Daerah yang hadir ini telah membuat pelayanan kepemudaan sebelum surat Mendagri 18 Agustus itu keluar,” jelas Menpora.

Dalam mengawal masa depan generasi pemuda, bukan hanya tugas Kemenpora saja tapi tugas semua pihak mulai dari Kepala Desa hingga Kepala Negara.

“Kolaborasi lintas generasi, kolaborasi lintas instansi menjadi kunci keberhasilan rencana aksi nasional ini, Presiden Jokowi sedang mengajak kita marathon untuk terus melaju untuk Indonesia maju”, ungkap Dito”.

Dengan demikian lanjutnya, kita harus memastikan pemuda yang pengangguran baik yang di desa, di perkotaan, disabilitas, agar selalu menjadi perhatian semua dan pemerintah daerah dalam melanjutkan kepemudaan di seluruh Indonesia.

Menpora juga berpesan, agar mengimplementasikan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sebagaimana amanat presiden, dengan mengatur membina dan mengembangkan ekosistem olahraga di daerah.

“Ini adalah titik awal dalam perubahan paradigma baru olahraga Indonesia. Saya kira pelaksanaan DBON sekarang sudah benar dan perlu kita tingkatkan lagi ke depannya, agar lebih efektif untuk menggapai sasaran medali”, sebutnya.

Dia mengkonkritkan, di Kabupaten/Kota dan provinsi, bisa mengawal satu Cabor olahraga unggulan yang masuk prioritas DBON dengan mengalokasikan anggaran keolahragaan berdasarkan pasal 75 UU No 11 Tahun 2022, sesuai kewenangannya.

Menanggapinya, Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif SH, atau Bang Arul mengatakan untuk membina dan mengembangkan ekosistem olahraga di daerah melalui implementasi DBON, Kotabaru sangat Refresentatif, karena telah memiliki beberapa Cabor olahraga unggulan yang masuk prioritas DBON.

“Melalui Rencana Aksi Daerah (RAD) pelayanan kepemudaan dan implementasi DBON ini merupakan pondasi dalam mengoptimalisasikan bonus demografi yang kita miliki, untuk mengawal masa depan generasi pemuda dan olahraga kita”, tandas Bang Arul yang juga Ketum KONI Kotabaru ini.(rud)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Jaga Keandalan Listrik Selama Ramadan dan Idul Fitri, PLN Siagakan 2.300 Posko Kelistrikan dan 82.690 Personel

Advertorial

Sayed Jafar Lantik Pejabat Administrator dan Pengawas di Kecamatan Pulaulaut Selatan

Advertorial

Diapora Kotabaru Gelar Silaturahmi Persiapan Pelantikan Ketua KONI

Advertorial

Ketua DPRD Kalsel Ajak Insan Pers Ciptakan Pemilu Damai

Advertorial

Sambut Paskah, PLN Tebar Sukacita Dukung Pendidikan Puluhan Anak Panti Asuhan Palangkaraya

Advertorial

Bupati Kotabaru Sayed Jafar Jadi Inspektur Pada Upacara Peringatan HUT RI Ke-78

Advertorial

Sekwan DPRD Balangan Apresiasi Kegiatan Pengobatan Tradisional

Advertorial

Pimpin Rapat Paripurna, Ketua DPRD Balangan Komitmen Hasilkan Program Postif