Home / Advertorial / Kotabaru

Jumat, 17 November 2023 - 22:09 WIB

Festival Gekraf Banua 2023 Resmi di Buka

Festival Gekraf Banua se Kalsel dalam mengembangan 17 Sub Sektor ekonomi kreatif. (Foto : Istimewa)

Festival Gekraf Banua se Kalsel dalam mengembangan 17 Sub Sektor ekonomi kreatif. (Foto : Istimewa)

KOTABARU, wasaka.id – Sekretaris Daerah Kotabaru H. Said Akhmad, membuka Festival Gekraf Banua se Kalsel dalam mengembangan 17 Sub Sektor ekonomi kreatif sebagai pilar ekonomi masa depan di Obyek Wisata Siring Laut, Jumat (17/11).

Said Akhmad, menyampaikan mengapresiasi atas terselenggaranya Festival Gekraf Banua se Kalsel dan seperti yang diketahui Gekraf adalah sebuah oraganisasi komunitas dalam bidang pengembangan ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia.

“Gekraf adalah gerakan ekonomi kratif nasional (Gekrafs) yang merupakan sebuah gerbong penggerak ekonomi kreatif di Indonesia. Yang terfokus pada pengembangan 17 Sub Sektor ekonomi kreatif sebagai pilar ekonomi dimasa depan,” ungkap Said Akhmad.

Dia juga menyampaikan kegiatan Gekraf ini sebagai wujud kepedulian untuk menghimpun anak-anak muda yang kreatif.

“Saya yakin Gekraf Kabupaten Kotabaru bisa terus konsisten menjadi organisasi terbuka dan mampu berkolaborasi dengan berbagai pihal dalam upaya untuk mengembangkan sektor ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Kotabaru,” Ungkap Sekda.

Baca Juga : Sekda Kotabaru Pimpin Upacara Peringatan HKN ke-59 dan Bacakan Amanat Menteroi Kesehatran RI

Selain itu, Sekda Kotabaru juga memberikan selamat kepada Ketua, Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Gerakan ekonomi kreatif Kabupaten Kotabaru tahun 2023-2025. Dengan harapan lokomotif bersama membangkirkan ekonomi kreatif bagi para pelaku usaja di Kabupaten Kotabaru.

Sementara itu dalam sambutan Plt. Kadis Disparpora Kotabaru Risa Ahyani, menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya mengimplementasi Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2022 tentang pengembangan ekonomi kreatif.

“Dengan beberapa tahapan di tahun 2023 telah melaksanakan pemetaan potensi ekonomi kreatif bekerjasama dengan LPPM Universitas Lambung Mangkurat dan hasilnya ada 17 Sub Sektor sudah terpetakan diseluruh wilayah Kabupaten Kotabaru,” ucapnya.

Baca Juga : Gelaran Seni Ayo ke Kotabaru Membuat Takjub Penonton

Sekaligus memfasilitasi pandaftaran 40 karya cipta hak kekayaan intelektual (HAKI) melalui Kemenkumham Provinsi Kalimantam Selatan. Dan tahun depan akan membangun Creative Hub Kotabaru.

“Insyallah tahun 2024 nanti kita akan membangun Creative Hub Kotabaru sebagai sentra pembinaan ekonomi kreatif di Kabupaten Kotabaru sehungga upaya peningkatan kualitas produk serta strategi pemasaraanya bisa lebih tepat sasaran,” harapnya.

Baca Juga : Pemuda di Kotabaru Diajak Tuangkan Pemikiran dan Tantangan Global

Terdapat banyak stand yang menampilkan produk UMKM mulai dari hiasan pernak pernik, sasirangan hingga kuliner dan game.

Pembukaan Festival Gekraf 2023 diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya, pengukuhan pengurus Gekraf Sekalsel Launching Aplikasi Si Akrab Ekraf Kotabaru, Penyerahan Dokumen Roadmap.

Penyerahan Simbolis Sertifikat HKI, Penandatanganan Berita acara penetapan struktur komunitas 17 Sub Sektor Ekraf Kotabaru.(rud)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ratusan Relawan PLN Banjiri Bantaran Sungai Besar Banjarbaru
Penutupan rapat koordinasi dalam memperkuat sinergitas dan harmonisasi perencaan pembangunan daerah bidang pemerintahan dan pembangunan manusia (PPM) di Ballroom Hotel Grand Surya, Kotabaru. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Rakor Bidang PPM di Kotabaru di Tutup, Bappeda Kalsel Berharap Pengentasan Kemiskinan dan Penurunan Stunting

Advertorial

Siapkan Listrik Andal Jelang Idul Adha, PLN Gerak Cepat Perbaiki Potensi Gangguan di Gardu Induk Pelaihari

Advertorial

Basarnas Gelar Rakor Penanganan Kecelakaan Perairan

Advertorial

Ketua DPRD Ahsani Fauzan Sampaikan Ucapan Idul Fitri yang Penuh Kehangatan

Advertorial

Bacaleg Jalani Tes Kesehatan, Sekretaris DPD Golkar Kalsel: Semua Kader Patuhi Aturan KPU

Advertorial

Pasca Kebakaran di SMAN 1 Paringin Jadi Sorotan Anggota DPRD Balangan

Advertorial

Bank Kalsel Berikan Apresiasi Terhadap Kontingen Kalsel Pada MTQ Nasional XXIX Tahun 2022