Home / Banjarmasin / Bola & Sports

Minggu, 15 Oktober 2023 - 14:01 WIB

Gelar Pelatihan Wasit Bersertifikasi S1, PSTI Kalsel Siap Menyongsong Even Nasional

Foto bersama peserta pelatihan wasit dari PSTI Kalsel guna mendapatkan sertifikasi wasit nasional. (Foto : Istimewa)

Foto bersama peserta pelatihan wasit dari PSTI Kalsel guna mendapatkan sertifikasi wasit nasional. (Foto : Istimewa)

BANJARMASIN, wasaka.id – Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia (PSTI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti pelatihan wasit guna mendapatkan sertifikasi wasit nasional atau S1.

Pelatihan yang berlangsung di Hoten Banjarmasin Internasional (HBI) Banjarmasin, diikuti 23 peserta sejak tanggal 13 Oktober hingga 15 Oktober 2023. Diketahui Kalsel mengirmkan 22 peserta se kabupaten dan kota di tambah 1 peserta dari Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Ketua PSTI Provinsi Kalimantan Selatan, H Puar Junaidi menjelaskan pelatihan tersebut dalam rangka mempersiapkan pengadil lapangan dalam menyongsong even nasional.

“Apalagi Kalsel pada bulan November bakal menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Mahasiswa. Oleh karena itu kita melakukan persiapan kepada para wasit yangh berstandar nasional atau memiliki sertifikasi S1,” ucapnya, Minggu (15/10).

Ia menjabarkan mengapa Kalsel mengusulkan untuk mengadakan pelatihan wasit nasional, karena pada saat rapat kepengurusan, Kalsel memiliki kendala kekurangan tenaga wasit untuk menjalankan berbagai kegitan.

Apalagi kata dia, saat ini Kalsel hanya memiliki 5 wasit yang memiliki sertifikasi nasional, tentunya hal itu memerlukan penambahan tenaga untuk menyokong berbagai kegiatan.

“Kalau kita memanggil wasit dari luar Kalsel tentunya akan memakan banyak biaya, oleh karenanya sesuai hasil keputusan, kita melakukan pelatihan terhadap tenaga wasit yang dimiliki,” bebernya.

Selain itu, Kalsel sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN), PSTI Provinsi Kalsel juga perlu mempersiapkan wasit berstandar nasional guna menyokong kegiatan yang akan dilaksanakan.

“Kalau nanti IKN menyelenggarakan even nasional, tidak kebingungan lagi untuk mencari wasit, dikarenakan Kalsel sudah memiliki tenaga ahli yang berkompoten dalam bidangnya,” ujarnya.

Puar Junaidi juga berharap pelatihan wasit dapat diikuti oleh bidang-bidang lainya, sehingga memiliki sumber daya manusia yang banyak dalam rangka mendukung pertandingan olahraga tingkat nasional.

Sementara itu, Narasumber Wasit PB PSTI, Madnur mengatakan seluruh peserta terlihat sangat bersemangat untuk mengikuti pelatihan.

“Terlihat seluruh peserta penuh semangat mengikuti pelatihan, peserta sudah benar-benar menyiapkan fisik, ilmu dan pengalaman dalam mengikuti kegiatan,” ucapnya.

Madnur menambahkan, selama pelatihan materi ruangan maupun praktek langsung, seluruh peserta mengikuti dengan serius, sehingga hasil yang didapat dapat terserap dengan bagus.

“Setelah mengikuti pelatihan ini, para wasit sudah siap tampil dilapangan untuk suksesnya pertandingan,” tegasya.

Perlu diketahui setelah dilakukan pelatihan wasit, Kalimantan Selatan saat ini sudah memiliki total 27 wasit berstandar nasional.(ran)

Share :

Baca Juga

Bola & Sports

Atta Halilintar Alami Kerugian Setelah Liga 2 Dihentikan PSSI

Advertorial

Jalan Sehat HUT Partai Golkar ke 59 dengan 15 Ribu Peserta Berjalan Lancar, Panitia: Terima Kasih Polri
Anggota DPRD Balangan, Sri Huriyati Hadi. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Legislator Balangan Sri Huriyati Hadi Harapkan KONI Mampu Tingkatkan Kualitas Atlet

Banjarmasin

Gelar Konsolidasi Organisasi, KPPG Kalsel Optimis Kaum Perempuan Bisa Jadi Pemimpin

Banjarmasin

Bang Hasnur Gelar Halal Bihalal Bersama Keluarga Besar Barito Putera dan Suporter Hingga Lapisan Masyarakat

Barito Putera

Laga Hadapi Dewa United, CEO Barito Putera Harapkan Pemain Patuhi Instruksi Pelatih

Banjarmasin

Bang Hasnur Apresiasi Bimtek Pengelolaan Wisata Berbasis Religi yang Digelar Kemenparekraf/Baparekraf RI

Berita Terkini

Bali United kontra Barito Putera: Mampukah Laskar Antasari Bangkit dari Keterpurukan ?