Home / Advertorial / Religi

Minggu, 26 Maret 2023 - 22:02 WIB

Haul Jama Keluarga Besar H Abdussamad Sulaiman HB Guru Jaro Sebut H Leman Wariskan Keturunan Soleh

KH Ahmad Sanusi Ibrahim saat dimintai komentar terkair pelaksanaan haul Jama di Kediaman H Abdussamad Sulaiman HB. (Foto : wasaka.id)

KH Ahmad Sanusi Ibrahim saat dimintai komentar terkair pelaksanaan haul Jama di Kediaman H Abdussamad Sulaiman HB. (Foto : wasaka.id)

BANJARMASIN, wasaka.id – Tradisi haul Jama sekaligus buka puasa bersama setiap tahun pada bulan Ramadan dilukakan keluarga besar H Abdussamad Sulaiman HB. Kegiatan ini sebabgai bentuk mensyukuri nikmat Allah SWT.

Haul Jama dan buka puasa yang dilakukan setiap tahun di kediaman H Abdussamad Sulaiman HB (Haji Leman) di Jalan Kampung Melayu Darat Banjarmasin juga dihadiri para habaib dan alim ulama di Kalimantan Selatan (Kalsel) salah satunya yakni KH Ahmad Sanusi Ibrahim atau yang lebih dikenal masyarakat Guru Jaro dari Tanjung, Kabupaten Tabalong.

Bentuk kecintaan kepada pendahulu keluarga ini terus dilakukan anak cucu mendiang Haji Leman. Sehingga diyakini akan terus menyambung tali silaturahmi bersama masyarakat.

Memaknai pelaksanaan haul itu, Guru Jaro menjelaskan, bahwa melaksanakan haul Jama yang dilakukan oleh keluarga Besar H Abdussamad Sulaiman HB adalah bentuk upaya untuk pandai mensyukuri nikmat Allah SWT.

“Seperti apa yang dikatakan Rasulullah SAW, apabila tidak bersyukur kepada Allah SWT, sama dengan tidak berterima kasih kepada sesama manusia,” ujarnya.

“Karena melalui haul ini juga adalah bentuk terima kasih kepada kakek dan datu-datu yang mana kita sebagai zuriat dari mereka,” sambungnya.

Sebab, diantara zuriat atau anak yang soleh itu ciri-cirinya adalah meneruskan perbuatan baik yang telah diwariskan para terdahulunya. Sehingga pahala didapat akan terus mengalir.

Menurut Guru Jari, inilah yang diwariskan beliau (H Leman) karena memiliki anak dan cucu yang soleh sehingga terus menyambung tali silaturahmi.

“Insyaallah pahala terus mengalir hingga turun temurun,” tutur Guru Jaro, Sabtu malam (25/3/2023) di kediaman keluarga besar H Abdussamad Sulaiman HB.

Kemudian, kata Guru Jaro, dalam doa yang dipanjatkan saat haul, diyakini juga akan sampai kepada mereka yang dihaulkan.

“Doa itu pasti sampai, sebab ada hadis nabi, ada amalnya yang tidak putus dan ada 3 yang terus mengalir yaitu, ilmu yang bermanfaat, sedekah jariah dan anak soleh yang selalu mendoakan,” ungkap Guru Jaro.

Haul Jama dan buka puasa bersama tersebut adalah kegiatan yang terus dilakukan turun-temurun sejak mendiang H Abdussamad Sulaiman HB masih hidup. Hingga sekarang terus dilanjutkan oleh anak-anak dan cucu-cucunya untuk menyambung tali silaturahmi.

Adapun haul Jama kali ini dilakukan untuk H Abdussamad Sulaiman bin H Basirun, H Anang Dullah bin Ibak dan H Basirun bin H Muhammad Noor dan dihadiri oleh para habaib dan alim ulama di Kalsel.(wasaka.id)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Hadiri Bakti Sosial Dalam Rangka Hari Perhubungan Nasional ke-53, Bang Arul Apresiasi DWP KSOP Kelas II Kotabaru-Batulicin

Advertorial

Sri Huriyati Hadi Dukung Semarak Pemuda Bumi Sanggam

Advertorial

Berjaya di Taekwondo Tanah Laut 2023, Atlet Kotabaru Raih 33 Emas
Bupati Kotabaru, Sayed Jafar resmikan pasar Desa Tarjun dan Desa Mandala di Kecamatan Kelumpang Hilir. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Bupati Kotabaru Resmikan Pasar Desa Tarjun dan Desa Mandala yang Sudah Dinantikan Masyarakat

Advertorial

TPID Kota Banjarmasin Teken MoU dengan Brebes, Disperdaging Siapkan 15 Event Pasar Murah

Advertorial

Toyota Perkenalkan Wajah Baru All New Agya di Banjarmasin

Advertorial

APBD 2023 Disepakati, Ketua DPRD Balangan Sampaikan Apresiasi ke Pemerintah Daerah
Posko peristirahatan bagi jemaah Haul Abah Guru Sekumpul yang dibuka mulai hari ini sampai pada Senin (15/1). (Foto : Istimewa)

Banjarmasin

Bantu Jemaah Haul Abah Guru Sekumpul, Panitia Masjid Sabilal Muhtadin Dirikan Posko