Home / Advertorial / PLN UIP3B KALIMANTAN

Selasa, 24 Januari 2023 - 11:15 WIB

Kopi Aranio Binaan PLN Peduli Jadi Buah Tangan Favorit Turis di Bandara Syamsudin Noor

Kopi Aranio binaan PLN Peduli bisa jad oleh-oleh dan tersedia di Bandara Syamsuddin Noor. (Foto : Humas PLN)

Kopi Aranio binaan PLN Peduli bisa jad oleh-oleh dan tersedia di Bandara Syamsuddin Noor. (Foto : Humas PLN)

BANJARBARU, wasaka.id – Kopi Aranio binaan PLN Peduli ramai diminati turis untuk dijadikan buah tangan khas Kalimantan Selatan. Produk kopi olahan Kelompok Tani Hutan (KTH) Tunas Muda tersebut berhasil menjadi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Go Global yang menghiasi gerai pertokoan di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarbaru.

Agar menghasilkan biji kopi yang berkualitas, Kelompok Tani Hutan (KTH) Tunas Muda memanfaatkan areal hutan milik negara di Kawasan Taman Hutan Raya Sultan Adam. Kopi berjenis robusta dengan ciri fisik bijinya kecil dan setelah diolah menghasilkan bau harum yang khas ini kian banyak diburu baik dari dalam maupun dari luar daerah Kecamatan Aranio.

Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum Muchamad Eka Yuliartana mengatakan bahwa perkembangan teknologi dapat menjadi perubahan besar dalam melakukan strategi penjualan. Ditambah lagi berdasarkan data International Coffee Organization (ICO), Indonesia menjadi negara dengan konsumsi kopi terbesar kelima di dunia pada 2020/2021. Ini menunjukkan bahwa konsumsi kopi di Indonesia masih akan bertumbuh lagi secara keseluruhan.

“Untuk menghadapi dunia yang semakin melek teknologi ini, tentunya banyak yang harus dipersiapkan mulai dari sisi produksi hingga distribusi penjualannya. PLN akan terus senantiasa hadir dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, tidak terkecuali rekan-rekan kita yang ada pada sektor pertanian,” pungkasnya.

Baca Juga : Berbincang dengan Tiyan, Punggawa PLN Penjaga Terang Selama Natal dan Tahun Baru 2023

Ketua KTH Tunas Muda Arianto mengungkapkan bahwa dibutuhkan partisipasi dari berbagai pihak untuk memanfaatkan potensi besar yang dimiliki oleh Kopi Aranio baik dalam pengelolaan maupun produksinya.

Arianto juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada PLN yang selalu mendukung dalam upaya pengembangan usaha Kopi Aranio sebagai salah satu produk unggulan dari Kalimantan Selatan.

Baca Juga : PLN Tingkatkan Keandalan Listrik di Kalbar Jelang Imlek dan Cap Go Meh 2023

“Alhamdulillah, dengan semakin hadirnya Kopi Aranio di tengah masyarakat kota Kalimantan Selatan, semoga akan semakin banyak juga yang turut memajukan produk unggulan khas Tiwingan Baru ini. Dan bersamaan hal tersebut, semoga kesejahteraan para petani kopi di Bumi Kalimantan semakin meningkat,” tuturnya.

Pembinaan UMKM agar mampu Go Global merupakan salah satu bentuk program pembinaan tertinggi pada UMKM Naik Kelas. Ini menjadi salah satu prioritas kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT PLN (Persero) dalam mendukung program Kementerian BUMN agar UMKM Indonesia mampu terus berkembang hingga nantinya berkompetisi untuk bersaing dengan produk-produk dari Luar Negeri.

Baca Juga : Dukung Pemulihan Pascagempa Cianjur, PLN Alirkan Penyambungan Listrik Sementara di Huntara

Peran UMKM juga berkontribusi terhadap 17 tujuan dalam Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu pada SDG 8, Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.(nas/ Rilis PLN)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Proyek Pembangunan Intake Air Baku di Desa Sebelimbingan Diresmikan

News

Siap-siap, Sinergi PLN – Himbara Bakal Permudah Masyarakat Miliki Motlis

Advertorial

DPRD Balangan Wujudkan Keinginan Warga Membuat Siring Jalan

Advertorial

DPD PKS Balangan Serahkan Bantuan Pasca Kebakaran di Desa Pulantan

Advertorial

Roadbike Bupati Kotabaru 2023 Diikuti Peserta Hingga Pulau Jawa

Advertorial

Pacu Roda Ekonomi KWT Citra Lestari, Srikandi PLN Salurkan Bantuan Bioflok dan Budikdamber
Ketua Komisi III DPRD Balangan, Hafiz Ansyari. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Perluasan TPA Desa Mampari, DPRD Balangan Dorong Pengelolaan Sampah yang Berdaya Ekonomis

Advertorial

Ketua DPRD Balangan Ikuti Jalan Santai Hari Jadi Kabupaten Balangan