Home / Kesehatan

Selasa, 4 April 2023 - 10:35 WIB

Mengenal 10 Jenis Kurma yang Populer di Arab Saudi

Jenis kurma yang populer di Arab Saudi. (Foto : 
 IStockphoto/Galiyah Assan)

Jenis kurma yang populer di Arab Saudi. (Foto : IStockphoto/Galiyah Assan)

JIKA Anda suka makan kurma, terutama saat berbuka puasa bersama keluarga maka Anda jangan sampai terlewat mengenai jenis kurma dan rasanya. Di Arab Saudi terdapat 10 jenis kurma paling populer apa saja. yuk kita simak :

1. Kurma Ajwa
Kurma ajwa merupakan jenis kurma yang paling populer di dunia. Kelebihan dari kurma jenis ini adalah teksturnya yang kering namun tetap lembut dengan rasa yang sangat manis.

2. Kurma Khudari
Selanjutnya ada kurma khudari yang tak kalah manis dari kurma ajwa. Kurma jenis khudari ini memiliki tekstur yang keriput dan kering dengan warna coklat tua. Jenis kurma ini juga mengandung banyak nutrisi dan mineral yang baik untuk kesehatan. Harga dari kurma ini pun relatif terjangkau

3. Kurma Kholas
Kurma kholas merupakan jenis kurma yang terdapat di daerah Al-Ahsa dan menjadi salah satu jenis kurma terlaris. Ciri khasnya adalah warnanya yang keemasan dan mengkilat. Kelebihan dari kurma ini adalah rasanya yang enak meski disimpan dalam waktu yang lama. Orang Arab biasanya menyajikan kurma kholas dengan kopi.

4. Kurma Medjool
Kemudian ada kurma medjool yang dikenal dengan ukurannya yang besar serta rasanya yang manis luar biasa. Jenis kurma ini memiliki zat besi dan mineral tinggi yang cocok bagi penderita anemia.

5. Kurma Sukkari

Kurma yang dibudidayakan di daerah Qassim ini memiliki tekstur yang rapuh dan rasa yang manis. Kurma sukkari direkomendasikan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan untuk mencegah kerusakan pada gigi.

6. Kurma Zahidi

Cukup berbeda dengan jenis kurma lainnya, kurma zahidi dikenal sebagai kurma tua dan memiliki ciri berbentuk oval, tampak kering, serta berwarna coklat kekuningan. Tekstur dari kurma ini cukup padat dan memiliki serat yang tinggi.

7. Kurma Safawi

Kurma safawi merupakan jenis kurma yang banyak tumbuh di Madinah dan dikenal memiliki warna hitam pekat dengan bentuk silindris yang tak terlalu besar atau terlalu kecil. Kurma jenis ini memiliki banyak vitamin dan mineral yang dipercaya bisa menghilangkan mikroba di perut.

8. Kurma Anbara

Kemudian ada kurma anbara yang dikenal memiliki ukuran yang besar namun bijinya kecil. Kurma anbara sendiri memiliki protein yang banyak dan dianggap sebagai salah satu jenis kurma termahal.

9. Kurma Barhi

Berbeda dari jenis kurma lainnya, kurma barhi memiliki warna kuning cerah dengan tekstur yang renyah namun rasanya tetap manis. Kurma jenis ini dipercaya bisa mengatasi pencernaan.

10. Kurma Sagei

Terakhir ada jenis kurma sagei yang memiliki dua buah warna, ytakni merah dan kuning. Biasanya jenis kurma ini disajikan dalam acara pesta dan bagian dalam buahnya diganti dengan kacang-kacangan.

Nah itu lah 1o jenis kurma yang populer di Arab Saudi, tapi Anda jangan khawatir, jenis kurma tersebut sebagain sudah ada lho di Indonesia.(nai)

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Menguak Asal Usul Minyak Bintang yang Dipakai Ibu Ida Dayak Melakukan Pengobatan, Segini Harganya
Acara penyerahan bantuan sebagai wujud kepedulian Bupati Kotabaru, Sayed Jafar terhadap warga Kecamatan Sungai Durian.(Foto : Istimewa)

Advertorial

Pemkab Kotabaru Serahkan Bantuan di Dua Kecamatan

Advertorial

Sekda Kotabaru Pimpin Upacara Peringatan HKN ke-59 dan Bacakan Amanat Menteroi Kesehatran RI
Bupati Kabupaten Kotabaru, Sayed Jafar Alaydrus saat memberikan bantuan hibah kepada masyarakat. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Bupati Kotabaru Serahkan Bantuan Sosial Kesehatan ke Masyarakat Bidang Kesehatan dan Keagamaan
Anggota DPRD Balangan Sri Huryat mengajalk masyarakat berolahraga pada sebuah acara Family Fun Day, di Taman Sanggam Kecamatan Paringin. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Sri Huriyati Ajak Warga Berolahraga Melalui Kegiatan FFD
Dinas Kesehatan Kotabaru menggelar penyuluhan DBD guna mengingatkan masyarakat memutus mata-rantai penularan DBD. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Cegah DBD, Dinkes Kotabaru Gelar Penyuluhan di Desa Sebelimbingan

Banjarmasin

Kumpulkan 110 Pendonor, Rangkain HUT PP Ke-64 di Kalsel Jadi Bukti Pengabdian ke Masyarakat
Dinas Kesehatan Kotabaru melakukan fogging di Desa Sebelimbingan sebagai tindak lanjut peningkatan kasus Deman Berdarah. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Dinkes Kotabaru Cegah DBD Melalui Fogging di Desa Sebelimbingan