Home / Bisnis / News

Selasa, 2 Mei 2023 - 12:19 WIB

Menteri BUMN Menilai KTT ASEAN 2023 Jadi Bukti Indonesia Bisa Jadi Negara Maju

JAKARTA, wasaka.id – Gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Summit 2023 dinilai bisa jadi ajang bagi Indonesia membuktikan bisa menjadi negara maju. Mengingat tujuan ASEAN Summit 2023 sendiri yang mendorong Asia Tenggara menjadi pusat perekonomian.

Hal itu disampikan Menteri BUMN Erick Thohir, karena menurutnya salah satu upaya untuk mendorong Indonesia dan Negara ASEAN jadi negara maju adalah lewat rumusan kebijakan. Sama halnya dengan yang terjadi lewat gelaran Presidensi G20.

“Ya kembali saya rasa sama, konsisten dengan G20, bapak Jokowi mendorong jangan kebijakan globalisasi ini menguntungkan negara-negara maju saja. Yang akhirnya menekan daripada negara-negara berkembang, Indonesia juga ingin maju,” ujarnya kepada wartawan di Taman Mini Indonesia Indah, ditulis Selasa (2/5).

Dia juga menilai kalau Presidensi G20 Indonesia menjadi bukti kesuksesan yang mengundang banyak apresiasi negara-negara global. Kali ini, fokusnya adalah di negara ASEAN.

“Dan terbukti, kemarin dengan program G20 ini sangat diapresiasi banyak negara. Nah ASEAN Summit juga sama kita mendorong dimana kawasan Asia Tenggara ini juga menjadi pusat pertumbuhan ekonomi,” bebernya.

Disamping berbicara mengenai aspek ekonomi, Erick juga melihat adanya peluang untuk mengangkat isu perdamaian. Ini lagi-lagi sejalan dengan yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat G20 tahun lalu.

“Kebetulan Indonesia sebagai pimpinanya hari ini ya kita mendorong perdamaian dan juga untuk keekonomian,” pungkasnya.

Sejumlah persiapan dilakukan PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II untuk menyambut ASEAN Summit 2023 atau KTT ASEAN 2023 yang terlaksana pada 9–10 Mei 2023 di di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). AP II memastikan kelancaran dan pelayanan maksimal untuk menyambut kedatangan para kepala negeri dan delegasi peserta KTT ke-42 ASEAN.

Hal tersebut ditegaskan Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin, dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (29/4/2023).

“Kami sudah koordinasi dengan seluruh stakeholder Bandara Soekarno Hatta untuk memastikan keamanan, kelancaran penerbangan maupun proses kedatangan internasional serta keberangkatan domestik para delegasi menuju Labuan Bajo,” terang Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin, Sabtu, 29 April 2023, dalam keterangan tertulis dari Kemenparekraf yang diterima Liputan6.com.

Pertemuan para kepala negara Asia Tenggara tersebut dinilai sangat penting sehingga AP II selaku pengelola Bandara Soetta harus memastikan kelancaran dan pelayanan terbaik, termasuk sosialisasi demi suksesnya event internasional itu. Bandara Soetta, Tangerang, Banten yang dikelola AP II termasuk salah satu pintu masuk bagi para delegasi KTT ASEAN untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Labuan Bajo, NTT.

Meski begitu Awaluddin menegaskan jika seluruh bandara AP II lainnya akan ikut mendukung, terutama sosialisasi mengenai gelaran KTT ke-42 ASEAN. “Ada 20 bandara AP II yang akan mendukung sosialisasi KTT ke-42 ASEAN melalui seluruh digital banner yang ada di terminal penumpang,” ucap Awaluddin.

Sementara itu, kedatangan delegasi dari luar negeri disiapkan melalui terminal 3 dan gedung VIP terminal 3 bagi para VVIP, VIP serta menteri dari negara-negara ASEAN. “Delegasi yang datang dari luar negeri dan tiba di terminal 3 akan menemui hospitality desk dan menjalani proses kedatangan internasional,” jelas Executive General Manager Bandara Soetta Dwi Ananda Wicaksana.

“Bagi para delegasi VVIP, VIP, dan menteri negara-negara ASEAN akan menemui hospitality desk dan menjalani proses kedatangan internasional di gedung VIP terminal 3,” sambungnya.

Terminal 1, terminal 2, dan terminal 3 juga disiapkan untuk keberangkatan rute domestik para delegasi menuju Labuan Bajo. “Saat ini terdapat penerbangan setiap hari (daily) dari Bandara Soetta ke Labuan Bajo yang dioperasikan oleh 3 maskapai, yaitu Garuda Indonesia, Citilink, dan Batik Air,” ungkap Dwi.

Selain itu, Bandara Soetta juga membuka posko di gedung VIP yang berada di kawasan terminal 3 untuk memastikan kelancaran penanganan delegasi KTT ke-42 ASEAN. Posko juga terletak di area kedatangan internasional terminal 3.

Sementara itu, Direktur Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina mengatakan ada serangkaian pesta rakyat di KTT ASEAN 2023. Acara tersebut terselenggara melalui kolaborasi antara Kemenparekraf dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Gelaran yang akan berlangsung di sela-sela KTT ASEAN 2023, yakni street carnival, Festival Goa Batu Cermin, SMEs Hub, serta lainnya.(nas)

Sumber Liputan6.com

Share :

Baca Juga

Ramornas Ibu Kota Nusantara (IKN) di Ball Room Hotel Kempinski Jakarta. (Foto : Istimewa)

Berita Terkini

Wabup Kotabaru Andi Rudi Latif Ikuti Rakornas IKN di Jakarta

Advertorial

Ahsani Fauzan Apresiasi Program Pembangunan Daerah Dalam Musrenbang

Banjarmasin

Momen Peringatan Hari Kartini, Ibnu Sina Ingatkan Soal Keharmonisan dalam Keluarga
Satpolairud Polres Kotabaru Bersama Dinsos Kotabaru saat meminta keterangan ABK asal Semarang sebelum dipulangkan. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Satpolairud Polres Kotabaru Bersama Dinsos Pulangkan Delapan ABK Asal Semarang

Bola & Sports

Kylian Mbappe Top Skor Piala Dunia 2022, Total Koleksi 8 Gol

Advertorial

Wakil Rakyat Balangan Sosialisasikan Perda Penyelenggaraan Perizinan Berusaha

Advertorial

Anggota Komisi II DPRD Balangan Hadiri Pelepasan 193 Jemaah Haji Asal Balangan

Advertorial

Bupati Kotabaru Serah Terima Hibah kepada Danlanud Sjamsudin Noor Banjarmasin