Home / Banjarmasin / Bola & Sports

Sabtu, 9 September 2023 - 19:25 WIB

Peringati Harjad ke 497, Disdik Banjarmasin Gelar Lomba Gerak Jalan

Dinas Pendidikan Banjarmasin menggelar gerak jalan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Banjarmasin. (Foto : Istimewa)

Dinas Pendidikan Banjarmasin menggelar gerak jalan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Banjarmasin. (Foto : Istimewa)

BANJARMASIN, wasaka.id – Dinas Pendidikan Banjarmasin menggelar lomba gerak jalan dalam rangka memperingati Hari Jadi (Harjad) Kota Banjarmasin ke 497. Lomba gerak jalan ini diikuti oleh 25 Gugus SD dan di buka secara langsung oleh Wakil Walikota Banjarmasin, Arifin Noor ini.

Wakil Walikota Banjarmasin memberikan apresiasinya atas kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pendidikan (Disdik) Banjarmasin, di bidang olahraga dan pendidikan.

“Lomba gerak jalan ini, merupakan wujud kegiatan yang dapat memupuk semangat olahraga, kebersamaan dan kompetisi yang sehat antar siswa-siswi SD di Kota Banjarmasin,” ujar Arifin, Sabtu (9/9/2023).

Menurutnya pendidikan adalah pondasi bagi masa depan bangsa. Sehingga ia pun pun berkomitmen memberikan dukungan penuh upaya menciptakan generasi muda yang cerdas, sehat, dan berprestasi.

“Melalui lomba itu diharapkan dapat menumbuhkan semangat juang, kebersamaan dan persaingan sehat diantara peserta. Kami juga berharap lomba ini dapat memberikan pengalaman yang berharga dan menjadi momen tak terlupakan bagi para peserta,” ungkap Arifin Noor.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan Banjarmasin, Nuryadi mengungkapkan bahwa sebanyak 25 Gugus SD di Banjarmasin mengirimkan masing-masing satu tim yang berisikan 11 orang siswa/siswi untuk mengikuti lomba gerak jalan ini.

“Total peserta yang ikut lomba gerak jalan ini sebanyak 275 orang,” ungkapnya.

Sedangkan untuk rute yang ditempuh kata Nuryadi, yakni dari depan Balaikota Banjarmasin, menuju ke Jalan Rantauan Darat, kemudian ke Jalan K.S Tubun, lalu ke Jalan Kolonel Sugiono, dilanjutkan ke Jalan Pangeran Antasari, terus ke Jalan Pangeran Samudera, melewati Jalan Lambung Mangkurat hingga kembali lagi ke depan Balaikota.

“Jadi jaraknya itu sekitar 6 km, 1 tim itu memakan waktu selama 1 jam 14 menit dengan rute yang sudah ditentukan,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan lomba tersebut sebagai upaya untuk mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang olahraga.

Selain itu juga untuk pembinaan dan mempersiapkan olahragawan berprestasi sejak usia sekolah hingga mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri dari tanggung jawab terhadap anak.

“Kemudian mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar berolahraga, menumbuhkembangkan nasionalisme dan cinta tanah air serta menjalin solidaritas dan persahabatan antar peserta didik SD,” pungkasnya.(yud)

Share :

Baca Juga

Barito Putera

Tabligh Akbar dan Doa Bersama, Barito Putera dan Hasnur Group Berharap Lebih Baik di 2024

Barito Putera

Murilo Mendes Dipertahankan “Merumput” Barito Putera Hingga 2027

Bola & Sports

Kylian Mbappe Top Skor Piala Dunia 2022, Total Koleksi 8 Gol

Banjarmasin

Lawan Penyebaran Hoaks, KPU dan Bawaslu Kalsel Beri Pemahaman Politik ke Pemilih Pemula

Banjarmasin

Pengelola Website Pemko Banjarmasin Diberi Pemahaman Cegah Serangan Siber

Advertorial

Walikota dan Ketua Dekranasda Banjarmasin Promosikan Wisata dan Kearifan Lokal
Silaturahmi Manajemen PS BArito Putera ke warga Pekauman guna meminta saran agar tim kebanggan Banua berjaya di kompetisi Liga 1. (Foto : Istimewa)

Banjarmasin

Manajemen Barito Putera Minta Masukan Masyarakat Guna Memperkuat Tim Kebanggaan Banua

Bola & Sports

Lanjutan Liga 1 Indonesia, Barito Putera kembali Telan Kekalahan