Home / Balangan / Berita Terkini / News / Politik / Tekno & Sains

Minggu, 23 Juni 2024 - 18:34 WIB

PPK Awayan Gelar Bimbingan Teknis Penggunaan Aplikasi E-Coklit

PARINGIN, wasaka.id – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Awayan mengadakan bimbingan teknis terkait pemutakhiran data pemilih dan penggunaan Aplikasi E-Coklit tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pilkada Tahun 2024. Acara ini berlangsung di aula Temanggung Jalil, Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (22/6).

Kegiatan bimbingan teknis ini bertujuan untuk memastikan bahwa para anggota PPS memiliki pemahaman yang tepat mengenai cara memperbarui data pemilih dan menggunakan aplikasi E-Coklit dengan efektif. Hal ini penting untuk mendukung kelancaran proses pemilihan dan memastikan data pemilih yang akurat serta terkini.

Dengan pelatihan ini, diharapkan anggota PPS dapat melaksanakan tugasnya dengan lebih baik dan memastikan bahwa Pilkada 2024 dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Anggota PPK Kecamatan Awayan, Fahmi, menjelaskan bahwa E-Coklit (Elektronik Pencocokan dan Penelitian) adalah aplikasi yang digunakan untuk memperbarui dan memvalidasi data pemilih secara elektronik.

“Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah petugas dalam melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih dengan lebih efisien dan akurat,” tutur Fahmi.

Baca Juga : Ketua DPRD Balangan Ajak Warganya Gunakan Hak Pilih di Pilkada 2024

Dalam bimbingan teknis tersebut, Fahmi menekankan pentingnya E-Coklit untuk memastikan data pemilih yang digunakan dalam Pilkada 2024 adalah data yang valid dan terkini. Penggunaan aplikasi ini juga diharapkan dapat mengurangi kesalahan manual yang sering terjadi dalam proses pemutakhiran data, sehingga dapat meningkatkan keakuratan daftar pemilih tetap (DPT).

Fahmi juga menjelaskan fitur-fitur utama dari E-Coklit, seperti cara memasukkan data, verifikasi, dan pembaruan informasi pemilih. Dengan pelatihan ini, para petugas diharapkan mampu mengoperasikan E-Coklit dengan baik dan memahami prosedur pemutakhiran data pemilih yang benar.

Bimbingan teknis ini juga dihadiri oleh Komisioner KPU Kabupaten Balangan, Suhaimi beserta staf sekritariat KPU Kabupaten Balangan.

Dalam acara bimbingan teknis tersebut, Suhaimi memberikan arahan dan dukungan kepada para peserta mengenai pentingnya pemutakhiran data pemilih dan penggunaan aplikasi E-Coklit.

Dia juga menekankan bahwa keterlibatan semua pihak, terutama petugas PPS, sangat krusial dalam memastikan keberhasilan proses pemilihan.

“Dengan data pemilih yang akurat dan mutakhir, diharapkan Pilkada 2024 dapat berjalan lancar dan sesuai dengan prinsip demokrasi yang bersih dan transparan. Kehadiran Bapak Suhaimi juga menunjukkan komitmen KPU dalam mendukung dan memfasilitasi pelaksanaan pilkada yang berkualitas,” bebernya.(jaw)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Sekwan DPRD Balangan Apresiasi Kegiatan Pengobatan Tradisional

Advertorial

Pacu Roda Ekonomi KWT Citra Lestari, Srikandi PLN Salurkan Bantuan Bioflok dan Budikdamber

Bisnis

Simak 6 Fakta Gurita Bisnis JK hingga ARB, Pernah Jadi Orang Terkaya Indonesia

Advertorial

Hasnur Siap Jalankan Program MKGR dan Serap Aspirasi Masyarakat

News

Bantu Korban Gempa Turki dan Suriah, Arab Saudi Siapkan 3.000 Rumah Sementara

Berita Terkini

Simak Poin-Poin Penting Pidato Kenegaraan Jokowi di Sidang Tahunan MPR 2023

Advertorial

Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik, Pastikan 1.299 Unit Se-Indonesia Siaga Layani Pengguna Mobil Listrik

Advertorial

Wakil Rakyat Balangan Komitmen Bangun Pretasi Pencak Silat