Home / Bola & Sports / Nasional / News

Kamis, 16 Februari 2023 - 14:09 WIB

Raih 64 Suara, Erick Thohir Terpilih Jadi Ketua Umum PSSI Periode 2023-2027

Erick Tohir terpilih kadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. (Foto : PSSI)

Erick Tohir terpilih kadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. (Foto : PSSI)

JAKARTA, wasaka.id – Hasil Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2023 menetapkan Erick Tohir terpilih menjadi Ketua PSSI Periode 2023-2027 pada Kamis (16/2).

Kongres yang berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta, resmi menteapkan Erick Thohir menggantikan posisi Mochamad Iriawan.

Erick berhak mengantongi 64 suara dari voters. Ia unggul atas kandidat kuat lainnya, La Nyalla Mattalitti yang hanya mengemas 22 suara.

KLB PSSI diikuti oleh 87 pemilik suara PSSI. Namun satu suara abstain, dan satu lagi yakni PSMS Medan tidak bisa memberikan suaranya karena masalah dualisme kepengurusan.

Baca Juga : Liga 2 dan Liga 3 2022-2023 Dihentikan PSSI, Simak Penjelasannya

Komite Pemilihan (KP) PSSI sebelumnya mengumumkan lima calon tetap untuk bersaing memperebutkan posisi ketua umum. Mereka adalah Erick Thohir, La Nyalla Mattalitti, Doni Setiabudi, Arif Putra Wicaksono, dan Fary Djemy Francis.

Sayangnya, nama terakhir memilih mundur dari bursa pemilihan dan mengalihkan dukungan ke Erick Thohir sehari sebelum digelarnya KLB PSSI. Pengumuman terkait hal ini disampaikannya langsung melalui jumpa pers di kawasan Kuningan, Rabu (15/2).

Baca Juga : Hasnuryadi Sulaiman Lolos Verifikasi Calon Waketum PSSI

Setelah mundur menjadi caketum, Fary memutuskan mendukung Erick Thohir untuk menggantikan Mochamad Iriawan sebagai ketua umum PSSI yang baru.

“Saya titipkan masa depan sepak bola kita pada 87 voters, pada pak Erick Tohir, juga untuk WaKetum dan Exco terpilih. Saya mendukung pak Erick dengan sederet program pentingnya. Saya juga menaruh harapan besar pada Pak Erick untuk menciptakan generasi emas Indonesia,” lanjut Fary.

Dia melihat Erick merupakan sosok yang paling tepat untuk memperbaiki sepak bola Indonesia karena sudah memiliki pengalaman tinggi baik di sepal bola nasional maupun internasional.

Baca Juga : Atta Halilintar Alami Kerugian Setelah Liga 2 Dihentikan PSSI

Pihak-pihak yang berhak mewakili pemilik suara untuk menghadiri agenda ini ialah delegasi yang diberi mandat oleh ketua dan sekretaris Asosiasi PSSI Provinsi, dan Direktur Utama Liga 1, Liga 2, serta Ketua Umum Klub Liga 3.

Ketua Komite Pemilihan (KP) PSSI Amir Burhanudin mengungkapkan, mekanisme pemilihan anggota Exco PSSI periode 2023-2027 di KLB PSSI akan dilakukan secara terpisah. Untuk jabatan calon ketua umum akan dipilih sendiri, begitu juga calon waketum dan anggota Exco PSSI.

“Agar dinyatakan terpilih, para calon harus mendapatkan suara 50 persen plus satu dari yang total pemilik suara yang hadir,” ujar Amir di Jakarta belum lama ini.

KLB pemilihan sejatinya baru digelar pada November 2023 mendatang. Namun Tragedi Kanjuruhan memaksa PSSI mempercepat agenda ini menyusul rekomendasi tim gabungan pencari fakta (TGIPF).(sal)

Sumber : liputan6.com

Share :

Baca Juga

Moemen pemaian Timnas Indonesia geruduk kamar Shinta dan merayakan lolos ke babak 16 besar piala Asia. (Foto : istimewa)

Berita Terkini

Kirgistan Vs Oman 1-1: Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023

Barito Putera

Hadapi Persebaya Sore Ini, Barito Putera Akan Bermaian Percaya Diri

News

Ponpes Darul Qur’an Gelar Tasyakuran Santri Perdana Sekaligus haul Syekh Samman
Ketua Komisi II DPRD Balangan, Nur Fariani. (Foto : Humas DPRD Balangan)

Advertorial

Banyak Hewan Unggas Mati, Ketua Komisi II DPRD Balangan: Tambah Anggaran Obat-obatan

Banjarmasin

Meriahkan Barito Bersholawat dan Launching Buku Bersama Habib Syech

News

Imam Musallah Ar-raudah Sampaikan Haul Guru Sekumpul Terbuka untuk Umum
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). (Foto : Biro Setpres Kepresidenan)

Berita Terkini

Sekitar 6 Juta Sertifikat Tanah Akan Dituntaskan pada 2024
Bupati Balangan, Abdul Hadi dan Ketua DPRD Kabupaten Balangan, Ahsani Fauzan menerima hasil emeriksaan Kinerja Kepatuhan Anggaran Tahun 2022-2023 dari BPK RI perwakilan Kalimantan Selatan. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Bupati dan Ketua DPRD Balangan Menerima Hasil Pemeriksaan Kinerja Kepatuhan Anggaran Tahun 2022-2023