Home / Advertorial / Bisnis

Minggu, 22 Januari 2023 - 15:47 WIB

UMKM Pucuk Galam Liang Anggang Gali Ilmu Produk Olahan Bahan Dasar Jagung di Kalampangan

UMKM Pucuk Galam Liang Anggang dalam rangka kunjungan kerja sekaligus belajar olahan produk bahan dasar jagung di Kalampangan, Palangkaraya. (Foto : dok/wasaka.id)

UMKM Pucuk Galam Liang Anggang dalam rangka kunjungan kerja sekaligus belajar olahan produk bahan dasar jagung di Kalampangan, Palangkaraya. (Foto : dok/wasaka.id)

PALANGKARAYA, wasaka.id – Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) Pucuk Galam Liang Anggang Selatan, Kota Banjarbaru melakukan kegiatan kunjungan kerja ke Kelurahan Kalampangan Kecamatan Sebangau, Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah (Kalteng), Minggu (22/1).

UMKM Pucuk Galam Liang Anggang di bawah binaan anggota DPRD Provinsi Kaliamantan Selatan (Kalsel), Troy Satria, dalam rangka pengembangan usaha bahan dasar jagung dan budidaya madu lebah.

Dalam kunjungan tersebut UMKM Liang Anggang disambut hangat oleh Lurah Kalampangan Yunita Martina yang sekaligus menjadi pemateri dalam mengembangkan usaha bahan dasar jagung dan budidaya madu lebah, didampingi Budi seorang pengusaha madu lebah dari daerah setempat.

Koordinatir UMKM Pucuk Galam Liang Anggang Selatan, Siska Monalisa menyampaikan apresiasi kepada Lurah Kalampangan Yunita Martina yang berhasil mengembangkan bahan dasar jagung dan budidaya madu lebah.

“Hari ini kita datang ke sini untuk belajar sekaligus memberikan motivasi kepada UMKM Pucuk Galam Liang Anggang Selatan bagaimana mengembangkan usaha melalui bahan dasar jagung dan budidaya madu lebah,” tutur Siska Monalisa.

Dari hasil peretemuan itu Siska Monalisia juga berharap ada ilmu yang bisa dikembangkan bagi UMKM Pucuk Galam Liang Anggang Selatan agar bisa bangkit mengembangkan usaha di daerahnya.

Selain itu kata dia, juga berharap kepada Pemerintah Kota Banjarbaru bisa memberikan suport kepada UMKM khususnya di Banjarbaru melalui pelatihan-pelatihan peningkatan ekonomi bagi masyarakat kecil.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Troy Satria yang dalam hal ini selalu memberikan suport dan bantuan kepada UMKM Pucuk Galam dalam berbagai Kegiatan,” ujarnya.

Lurah Kalampangan, Yunita Martina juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan UMKM Pucuk Galam Liang Anggang yang datang ke Kalampangan dalam rangka diskusi dan sharing bersama dalam rangka mengembangkan usaha.

“Kami menyambut baik atas kehadiran UMKM Pucuk Galam, di sini kita sama-sama belajar dan diskusi dalam rangka mengembangkan usaha di tempat kita masing-masing. Tetunya untuk kawan-kawan UMKM untuk terus semangat menjadi perempuan-perempuan yang berdaya saing,” kata Yunita Martina.

Adapun materi yang disamapaikan pada pertemuan tersebut terkait produk Kalampangan yakni susu jagung yang bahan-bahanya hasil dari petani lokal.

Sementara Anisa, peserta pelatihan UMKM Pucuk Galam Liang Anggang mengatakan banyak mendapatkan ilmu dari hasil pertemuan itu yang nantinya bisa dikembangkan di daerahnya.

Terpisah, anggota DPRD Kalsel Troy Satria menyampaiakan, demi kemajuan dan pengembangan UMKM di Banjarbaru ia selalu akan memberikan dukungan termasuk belajar mengembangkan usaha di daerah lain.

“UMKM harus diperhatikan demi kesejahteraan masyarakat, tak sedikit saat ini UMKM kita di Kalsel bisa mengekport hasil olahan mereka ke luar negeri. Tumbuh kembang para UMKM juga harus di perhatikan oleh pemerintah baik daerah, provinsi pusat,” imbuh Trot Satria.(bim)

Share :

Baca Juga

Baznas Kabupaten Kotabaru saat menggelar rapat penetapan nilai zakat fitrah 1445 H. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Baznas Kotabaru Tetapkan Nilai Zakat Fitrah 1445 H

Advertorial

Pemkab Kotabaru Dukung Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Festival Gebyar Ramadan

Advertorial

Gubernur Bersama Ketua DPRD Kalsel Jadi Pemimpin Daerah Pertama Terima Brevet Yudha Turangga

Advertorial

Golkar Kalsel Yakin Program HWK Membawa Kemenangan di Pemilu 2024

Advertorial

OJEK IBU PERGI Puskesmas Juai Diapresiasi DPRD Balangan

Advertorial

Lauching Logo Harjad ke-73, Bupati Ajak Masyarakat Bersama Membangun Kotabaru

Advertorial

PLN Beri Bantuan Penanaman Pohon Berupa 600 Bibit Pohon Produktif di Daerah Pegunungan Meratus

Advertorial

Rapat Persiapan Lomba Desa Pangan Aman Tingkat Nasional