Home / Advertorial / Banjarbaru / Kotabaru / Religi

Jumat, 28 Juli 2023 - 13:06 WIB

Wakil Bupati Kotabaru Berhadir Pada Penutupan MTQ Tingkat Proivinsi di Banjarbaru

Wakil Bupati duduk dibagian kursi tengah saat menghadiri penutupan MTQ ke 34 di Banjarbaru. (Foto : Istimewa)

Wakil Bupati duduk dibagian kursi tengah saat menghadiri penutupan MTQ ke 34 di Banjarbaru. (Foto : Istimewa)

BANJARBARU, wasaka.id – Wakil Bupati Kotabaru, Andi Rudi Latif menghadiri penutupan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQ) ke-34 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2023 di Lapangan Murjani, Banjarbaru, Kamis (28/7).

Malam penutupan MTQ ke 34 di Banjarbaru juga dihadiri Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor sekaligus menutup MTQ. Gubernur juga mengucapkan selamat Kepada para pemenang, agar selalu terus belajar dan membaca yang merupakan kunci kesuksesan.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Kaimantan Selatan dan masyarakat mengucapkan selamat dan sukses kepada kafilah yang telah berhasil menjadi terbaik, sementara bagi yang belum meraih juara, masih ada kesempatan yang akan datang untuk menjadi kafilah peserta terbaik, dan tentu saja harus kembali lagi dengan baca, baca dan belajar,” ungkap Gubernur Kalsel.

Pada kesempatan itu, Gubernur Kalsel juga memberikan hadiah umroh bagi 14 pemenang terbaik dalam penyelenggaraan MTQ tahun ini. Serta berharap kafilah terbaik dapat terus measah keterampilan membaca Al Qur’an.

Sementara itu, Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Arifin selaku tuan rumah mengucapkan, terima kasih kepada seluruh Dewan Hakim, Kafilah dari berbagai kabupaten/kota Se Kalimantan Selatan, dan dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kecintaan seseorang akan keagungan ayat-ayat Allah SWT.

“Forum MTQ yang kita selenggarakan ini bukanlah sekadar ajang perlombaan membaca Al-qur’an dengan suara yang merdu dan lagu yang syahdu saja. Melainkan lebih dari itu. Diharapkan mampu meningkatkan kecintaan seseorang
akan keagungan ayat-ayat Allah SWT,” jelas Wali Kota Banjarbaru.

Selain itu, Wali Kota Banjarbaru juga mengucapkan selamat kepada Kabupaten Tapin yang akan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi Kalimantam Selatan selanjutnya.

Sementara Wakil Bupati Kotabaru, Andi Rudi Latif mengapresiasi suksesnya pelaksanaan MTQ ke 34 di Banjarbaru. Bang Arul sapaan Wakil Bupati juga berharap akan lahir para qori dan qoriah yang bisa membawa nama baik Provinsi Kalimantan Selatan pada MTQ tingkat Nasional.

“Pelaksanaan MTQ di Banjarbaru luar biasa, Insya Allah akan melahirkan para qori dan qoriah yang akan mengharumkan nama Kalimantan Selatan di MTQ tingkat Nasional,” beber Bang Arul.

Dalam MTQ Nasional ke-34 tingkat Provinsi Kalsel ini ada 118 dewan hakim serta panitra dan panitra IT, dimana Kabupaten Kotabaru yang menjadi perwakilan dalam dewan hakim yaitu penulisan makalah Al Aur’an H Akhmad Kamal, dan KH Mukhyar Darmawi, BA Tilawatil golongan dewasa, remaja, anak-anak sedangkan untuk hapalan
seratus hadist tanpa sanad H Muthosar.

Sementara itu, hasil pengumuman pemenang sesuai dengan keputusan Dewan Hakim MTQ ke-34 tingkat Provinsi Kalsel di Banjarbaru Tahun 2023 bahwa menyatakan Kabupaten Banjar menjadi juara umum dalam ajang MTQ kali ini dengan nilai 94 dan meraih uang pembinaan sebesar Rp 100 juta.

Sedangkan juara dua diraih Kota Banjarmasin nilai 91, juara tiga Kota Banjarbaru dengan nilai 69, juara empat Kabupaten Tabalong dengan nilai 37, juara lima Kabupaten Barito Kuala dengan nilai 32 dan juara enam diraih Kabupaten Balangan dengan dengan nilai 22.

Adapun peserta terfavorit cabang anak-anak diraih Banjarmasin. Sedangkan peserta terbaik dalam Pawai Ta’aruf juara 1 diraih kabupaten Hulu sungai Selatan dengan nilai 360, juara kedua Kabupaten Banjar dengan nilai 326 dan juara ketiga kota Banjarmasin dengan nilai 320.

Sedangkan Kabupaten Kotabaru di MTQ Nasional tingkat provinsi tahun ini meraih peringkat 10 dengan nilai 11, dan Kotabaru juga meraih juara dua dalam kategori Qori’ah terbaik atas nama Rohani dengan nilai 95,50.

Hafizhah terbaik dua atas nama Nihayatus Sholihah dengan nilai 97,00 dan harapan dua dalam kategori Qori’ah harapan atas nama Robiatul Adawiyah dan Mufassir terbaik juara 3 atas M.Rifky Ansharullah dengan 149,33.(rud)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Siaga Kelistrikan, PLN Siap Sukseskan Rangkaian HUT ke-78 RI dengan Kualitas Listrik Terbaik

Advertorial

PLN Ajak Mitra Terapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan

Advertorial

Tingkatkan Keandalan Sistem Kelistrikan Jelang Ramadan, PLN Uji Kestabilan Respon Pembangkit

Advertorial

Hasnuryadi Siap Jika Partai Golkar Mencalonkannya Maju di Pilgub Kalsel

Advertorial

Jaga Lingkungan Hidup, PLN Tanam 200 Pohon di Kalimantan Selatan

Advertorial

Pemkab Kotabaru Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Advertorial

Haul Jama Keluarga Besar H Abdussamad Sulaiman HB Guru Jaro Sebut H Leman Wariskan Keturunan Soleh

Advertorial

21 Sekolah TK di Balangan Diusulkan Menjadi Negeri, Anggota Komisi I DPRD Balangan: Siap Mendukung