Home / Banjarbaru / Politik

Jumat, 1 September 2023 - 21:11 WIB

Berawal dari Reses Anggota DPRD Kalsel, Bedah Rumah di Kecamatan Cempaka Banjarbaru Langsung Ditindak Lanjuti

Bedah rumah milik Komariah warga Kecamatan Cempaka Banjabaru yang diinisiasi oleh anggota DPRD Kalsel Troy Satria dan Wakil Ketua DPRD Banjarbaru, Taufik Rachman. (Foto : wasaka.id)

Bedah rumah milik Komariah warga Kecamatan Cempaka Banjabaru yang diinisiasi oleh anggota DPRD Kalsel Troy Satria dan Wakil Ketua DPRD Banjarbaru, Taufik Rachman. (Foto : wasaka.id)

BANJARBARU, wasaka.id – Berproses melalui reses anggota Komisi III DPRD Kalsel Troy Satria, aspirasi warga untuk memperbaiki rumah di tiga rukun tetangga (RT) 12, RT, 11, dan RT 4 di Kelurahan Bangkal Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru kini sudah dirasakan oleh warga setempat.

Kendati progresnya sudah 80 persen, namun warga di Kelurahan Bangkal sudah merasa sangat senang. Sebab ada 12 rumah warga yang awalnya tak layak huni, kini sudah diperbaiki melalui program Pemerintah Provinsi Kalsel dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman yang di perjuangkan Troy Satria.

Program rumah tidak layak huni (RTLH) ini berjalan sejak Agustus 2023. Adapun rumah warga yang mendapat jatah ini secara bergiliran sesuai dengan kondisi rumah dan syarat yang diajukan.

Disampaikan Hadriansyah Ketua RT 12, warganya yang mendapat bantuan bedah rumah ini ada tujuh rumah. Ia mewakili warga menyampaikan terima kasih karena aspirasi warganya sudah ditindak lanjuti langsung oleh anggota Komisi III DPRD Kalsel, Troy Satria.

Hadriansyah mengatakan, program ini sangat banyak manfaatnya untuk masyarakat. Meskipun belum bisa dilaksanakan secara sepenuhnya, namun bantuan ini sudah sangat membantu. Terlebih kata dia pasca musibah banjir tahun lalu banyak rumah warga yang harus diperbaiki.

“Dengan adanya bedah rumah ini warga kami sangat bersyukur dan berterima kasih karena bisa memperbaiki lantai yang jebol, dinding yang lapuk dan atap yang bocor,” ungkap Hadriansyah, Jumat (1/9).

Komariah, ibu rumah tangga (IRT) warga Keluarahan Cempaka juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan RTLH ini. Sebab rumahnya mendapat perbaikan 100 persen dari yang dulunya hanya berlapis Kalsibot dan atap rumah yang bolong, kini sudah menempati sebuah rumah yang sangat layak untuk ditempatinya bersama keluarga.

“Sebelum dibedah rumah saya banyak bolongnya, sampai tak berani kalau ditinggal suami bekerja. Karena sangat mudah untuk dimasuki orang. Saya bersyukur dan bahagia sekali setelah mendapat bantuan bedah rumah ini,” ungkap Komariah.

Sementara itu anggota DPRD Kalsel, Troy Satria menyampaikan, program RTLH ini berawal dari reses yang dilakukannya berkolaborasi dengan Wakil Ketua DPRD Kota Banjarbaru, Taufik Rachman.

Setelah mendapat masukan dari reses di Kelurahan Cempaka ini, ia memyampaikan melalui pokok pikiran (Pokir) untuk diteruskan ke Pemerintah Provinsi hingga mendapat bantuan untuk warga di Kelurahan Cempaka.

“Jadi awalnya saya melalakukan reses di Kelurahan Cempaka, dan juga dibantu oleh Wakil Ketua DPRD Kota Banjarbaru saudara Taufik Rachman. Setelah mendapat banyak masukan dan aspirasi, salah satunya bantuan untuk bedah rumah, kemudian kita teruskan ke pemerintah provinsi dan Alhamdulillah bisa dilaksanakan,” ungkap politisi Partai Golkar ini.

Ia berharap program ini bisa terus berkelanjutan, sehingga rumah warga yang belum sempat di bedah pada kesempatan ini, bisa dilakukan pada usulan selanjutnya.

“Sementara ini ada 12 rumah di tiga RT Kelurahan Cempaka, namun saya berharap program ini berkesinambungan untuk membantu masyarakat untuk mendapatkan rumah yang layak huni,” imbuh Troy Satria.(ran)

Share :

Baca Juga

Nasional

Kominfo Akan Sampaikan Pesan “Pemilu Damai” Melalui Smartphone
Kegiatan meninjau kesiapan kesiapan penyaluran logistik Pemilu 2024 di Kabupaten Balangan. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Ketua DPRD dan Forkopimda Balangan Pastikan Kesiapan Penyaluran Logistik Pemilu 2024 Berjalan Lancar
Calon anggota DPR RI, H Hasnuryadi Sulaiman membersihkan sejumlah APK sehari sebelum masuk masa tenang Pemilu 2024. (Foto : Istimewa)

Banjarmasin

Bang Hasnur Turun Langsung Bersihan APK Sebagai Bentuk Tanggung Jawab

Advertorial

Tebar Manfaat di Idul Adha, PLN Salurkan Hewan Kurban Kepada Radar Banjar Peduli

Advertorial

Rapatkan Barisan Jelang Pemilu 2024, Partai Golkar se HSU Gelar Konsolidasi Politik
Tiga asangan calon wakil Presiden (wapres). Foto : (Istimewa)

Berita Terkini

Debat Perdana Cawapres di Pilpres 2024, Panelis Siapkan 18 Pertanyaan

Banjarbaru

Ziarah ke TMP Bumi Kencana, MPW PP Kalsel Buktikan Rasa Cinta Terhadap Perjuangan Para Pahlawan
Bappeda Kalsel menggelar rapat koordinasi memperkuat sinergitas dan harmonisasi perencanaan pembangunan. (Foto : Humas Pemkab Kotabaru)

Advertorial

Gelar Rakor di Kotabaru, Bappeda Kalsel Mengajak Bersinergitas Dalam Perencanaan Pembangunan