Home / Advertorial / Banjarmasin / Religi

Jumat, 1 Desember 2023 - 19:43 WIB

Beri Kemudahan Jemaah Haul Habib Basirih, Disbudporapar Siapkan Transportasi Sungai

Transportasi sungai yang akan digunakan panitia untuk membawa jemaah yang akan berhadir di Haul Akbar Habib Hamid Bin Abbas Bahasyim ke 77. (Foto : Istimewa)

Transportasi sungai yang akan digunakan panitia untuk membawa jemaah yang akan berhadir di Haul Akbar Habib Hamid Bin Abbas Bahasyim ke 77. (Foto : Istimewa)

BANJARMASIN, wasaka.id – Pemko Banjarmasin melalui Dinas Kebudayaan Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) menyiapkan transportasi sungai agar memudahkan para jemaah Haul Akbar Habib Hamid Bin Abbas Bahasyim ke 77.

Transportasi air yang disiapkan Disbudporapar Banjarmasin berupa kelotok berjumlah 11 buah ditempatkan dibeberapa titik penjemputan jemaah yang akan menghadiri Haul kbar Habib Hamid Bin Abbas Bahasyim atau yang dikenal dengan sebutan Habib Basiri Sabtu (2/12).

“Kami siapkan 11 kapal dibeberapa titik di standby kan untuk para jemaah,” ujar Sekretaris Disbudporapar Banjarmasin, Fitriah, Jumat (1/12).

Alasan dipersiapkannya kapal tersebut kata Fitriah karena sebagian besar jemaah yang ada di Banjarmasin seperti kawasan Mantuil, biasanya menyeberang dengan menggunakan kelotok.

“Biasanya jemaah ingin menyeberang ke lokasi acara haul. Jadi di depan Masjid Daruttawa Basiri juga kami siapkan kapal,” bebernya.

Selain itu menurutnya dipersiapkannya kelotok itu sudah dilakukan setiap tahun. Agar memudahkan para jemaah maupun masyarakat yang ingin mehadiri haul akbar tersebut.

Tak hanya itu pihaknya juga menyiapkan tour guide untuk mendampingi para jemaah menuju acara haul.

“Sesuai arahan pimpinan kami memberi kemudahan bagi warga yang ingin menggunakan jalur sungai,” jelasnya.

Diketahui, rangkaian haul Habib Basirih dimulai sejak 29 November Mukaddam pembacaan Al Quran 30 juz, 30 November Maulid Simtudduror dan 2 Desember yakni puncak haul di Kubah Keramat Habib Basirih.

Dengan dihadiri Al Habib Umar Bin Muhdor Bin Salim Al Habsyi (Hautoh Tarim), Al Habib Abubakar Bin Abdul Qodir Mauladdawilah serta Maulid rombongan Guru Fahmi (Sekumpul).(mey)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Pemkab Kotabaru Terima Hibah BMN dari Kementerian PUPR RI Senilai Rp 18,9 Miliar

Advertorial

Anggota DPRD Balangan Dukung SE Larangan Main Lato-lato

Advertorial

Wabup Andi Rudi Latif Buka Turnament Bola Volly se Pulaulaut Tengah

Advertorial

Kemenag Kotabaru Gelar Rakor Penyampaian Informasi Kebijakan Penyelenggaran Ibadah Haji

Advertorial

DPRD Balangan Gelar Paripurna Persetujuan Bersama Kepala Daerah Terkait Raperda APBD Tahun 2024

Advertorial

Pimpin PLN Sebagai Pilar Transisi Energi Nasional, Darmawan Prasodjo Dianugerahi Green Leadership Utama dari Pemerintah RI

Advertorial

Berbincang dengan Tiyan, Punggawa PLN Penjaga Terang Selama Natal dan Tahun Baru 2023

Advertorial

DPRD Balangan Dengarkan Tanggapan Fraksi Terkait Raperda APBD Tahun 2024