Home / Advertorial / Kotabaru

Sabtu, 11 Maret 2023 - 17:56 WIB

Bupati Kotabaru Sampaikan Orasi Ilmiah di Universitas DR Soetomo Surabaya

Bupati Kotabaru saat menyampaikan orasi ilmiah di hadapan wisudwan Universitas DR Soetomo Surabaya. (Foto : Istimewa)

Bupati Kotabaru saat menyampaikan orasi ilmiah di hadapan wisudwan Universitas DR Soetomo Surabaya. (Foto : Istimewa)

SURABAYA, wasaka.id – Usai diganjar Penghargaan Anugerah Pelopor pengembangan pariwisata melalui transformasi komunikasi digital dari Universitas DR. Soetomo (Unitomo) Surabaya, Bupati Kotabaru Sayed Jafar diberi kesempatan meyampaikan orasi ilmiah dihadapan ratusan wisudawan Unitomo.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar didaulat menyampaikan orasi ilmiah di hadapan ratusan wisudawan Unitomo, tahun akademik 2022/2023 di gedung Dyandra Convention Hall Surabaya Jawa Timur, Sabtu (11/03/2023).

Pada kesempatan itu Bupati Kotabaru menayangkan video pembangunan serta destinasi wisata unggulan yang membuat kagum seluruh tamu undangan yang hadir melalui suguhan visual keindahan pariwisata yang ada di Bumi Saijaan.

Mengawali orasinya di Kota Pahlawan ini, Sayed Jafar mengucapkan selamat atas kelulusan para wisudawan Universitas Dr.Soetomo.

“Jangan lupakan dan selalu ingat dengan jasa orang tua, dosen, maupun pihak-pihak yang mensupport pendidikan kalian semua, serta jangan abai akan peran sentral dari tuhan yang maha esa dalam proses sulit yang telah kita lalui,” ucap Sayed Jafar, dalam mukadimahnya.

Baca Juga : Bupati Kotabaru Teken PKS Peningkatan SDM dengan Universitas Dr Soetomo Surabaya

Dia juga berhagia karena menjadi bagian dalam kesempatan istimewa ini, yang mengingatkannya akan perjuangan keras dan tidak kenal lelah saat masa kecilnya, berjualan es untuk bertahan hidup. Menjadikannya pembelajar untuk tahu dan paham, sebagai modal terpenting dalam kehidupan.

Baca Juga : Pemkab Kotabaru Gelar Zikir dan Doa Bersama di Malam Nisfu Syaban

Dalam paparannya, Sayed Jafar mengatakan, Kotabaru dengan luas 9.442 kilometer persegi atau setara dengan hampir 29 kali luas kota Surabaya, dan memiliki 117 pulau, menjadikan Kotabaru adalah kabupaten terluas di Kalimantan Selatan.

“Wilayah kotabaru mencapai seperempat luas wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, oleh karenanya menjadi pemimpin kotabaru memiliki tantangan yang tidak sedikit,” ujarnya.

Kemudian, Bupati menjelaskan Jauh sebelum penentuan lokasi definitif calon ibu kota pengganti Jakarta, ide untuk pengembangan pariwisata di Kotabaru sudah muncul. Bukan perkara mudah mewujudkan ide tersebut disaat warga dan jajaran birokrasi terbuai dengan kejayaan tambang.

“Harus diakui memang hasil tambang sangat besar memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah, namun disisi lain harus kita terima juga, dampak kerusakan lingkungan dan kesehatan rakyat,” bebernya.

Dengan melihat karunia indah yang diberikan Allah SWT terhadap kotabaru, keelokan pantai, gunung, lembah serta keagungan budaya warisan leluhur, harus bisa dilestarikan dan dimaksimalkan.

“Maka di masa kepemimpinan kami kini kotabaru telah bertransformasi dengan pengembangan pariwisata yang kokoh dan jika pemindahan pemerintahan pusat ke IKN dimulai 2024 nanti, kotabaru telah siap menjadi penyangga pariwisata,” ujarnya.

Mengingat kata dia, sektor pariwisata menjadi visi utama pemerintah kabupaten kotabaru untuk mewujudkan masyarakat kabupaten kotabaru yang sejahtera, sambung Bupati.

“Kami mohon dukungan seluruh pihak agar kabupaten kotabaru dapat menjadi daerah tujuan wisata nasional bahkan internasional, dan puluhan destinasi wisata unggulan di kotabaru seperti pantai gedambaan, pantai teluk tamiang dan tanjung kunyit, ekowisata meranti, samber gelap, bukit mamake-bapake, geosite meratus, goa lowo, dan lainnya, dapat bertransformasi menjadi destinasi wisata bertaraf internasional,” ungkap Sayed Jafar.

Diakhir orasi ilmiahnya, Bupati Kotabaru mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada pihak yayasan pendidikan cendekia utama, rektor dan para wakil rektor serta jajaran pengajar dan karyawan, atas pemberian Anugrah penghargaan sebagai Pelopor Pengembangan Pariwisata di kabupaten kotabaru melalui Transformasi Komunikasi Digital.

“Penghargaan yang diberikan universitas dokter soetomo hari ini menjadi penyemangat bagi saya serta jajaran birokrasi di pemerintah kabupaten kotabaru, pelaku-pelaku pariwisata serta warga kotabaru untuk terus maju dalam mengembangan pariwisata di Bumi Saijaan,” tandasnya.

Selanjutnya, Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar juga memberikan apresiasi kepada 8 (delapan) wisudawan terbaik Unitomo untuk dapat menikmati wisata di Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.(rud)

Share :

Baca Juga

Dinas Kesehatan Kotabaru menggelar penyuluhan DBD guna mengingatkan masyarakat memutus mata-rantai penularan DBD. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Cegah DBD, Dinkes Kotabaru Gelar Penyuluhan di Desa Sebelimbingan

Advertorial

Pencegahan dan Percepatan Penurunan Stunting, DPPPAPPKB Kotabaru Gelar Rapat Koordinasi

Advertorial

Dihadapan Wapres Ma’ruf Amin, Bupati Kotabaru Bersama Danlanal Sampaikan Kondisi Daerah Sekaligus Peresmian KBN
Acara penyerahan bantuan sebagai wujud kepedulian Bupati Kotabaru, Sayed Jafar terhadap warga Kecamatan Sungai Durian.(Foto : Istimewa)

Advertorial

Pemkab Kotabaru Serahkan Bantuan di Dua Kecamatan

Advertorial

Wakil Bupati Kotabaru Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Intan 2023
Institut Pendidikan Guru Kampus Perlis (IPGKPS) berkunjung ke Kabupaten Kotabaru. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Tamu dari Malaysia Takjub dengan Keindahan Wisata di Kotabaru

Advertorial

Bupati Kotabaru Serahkan SK PPPK Tenaga Teknis Formasi Tahun 2022

Advertorial

Darmawan Prasodjo dan Navigasinya Memimpin Transformasi Hijau Di Tubuh PLN