Home / Advertorial / PLN

Kamis, 24 Agustus 2023 - 16:07 WIB

Disaksikan Presiden Jokowi, PLN Teken Kerjasama dengan TANESCO, Kembangkan Ekosistem Ketenagalistrikan di Tanzania

Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Tanzania, Samia Suluhu Hassan menyaksikan penandatanganan MoU antara Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo dan Managing Director TANESCO, Maharage A Chande tentang kerja sama dan pendampingan di sub-sektor ketenagalistrikan di Dar Es Salaam. (Foto : Istimewa)

Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Tanzania, Samia Suluhu Hassan menyaksikan penandatanganan MoU antara Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo dan Managing Director TANESCO, Maharage A Chande tentang kerja sama dan pendampingan di sub-sektor ketenagalistrikan di Dar Es Salaam. (Foto : Istimewa)

TANZANIA, wasaka.id – BUMN sektor kelistrikan asal Tanzania, Afrika Timur, Tanzania Electric Supply Co Ltd (TANESCO) mengadopsi transformasi bisnis yang telah dilakukan PT PLN (Persero) selama ini. Hendak melakukan pengembangan serupa di Afrika, TANESCO menyepakati kerja sama bisnis dengan PLN.

Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan Memorendum of Understanding (MoU) antara Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dengan Managing Director TANESCO, Maharage Chande, di Dar Es Salaam, Tanzania, pada Selasa (22/8/2023). Disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, kerja sama ini juga sebagai wujud peluasan bisnis PLN di kancah global.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, MoU yang dilakukan antara PLN dan TANESCO merupakan langkah lanjutan dari pertemuan sebelumnya dengan Menteri Energi Tanzania, January Makamba dan Manajemen TANESCO untuk kerja sama pengembangan ekosistem sektor ketenagalistrikan Tanzania di Jakarta pada 10 Februari 2023 lalu.

Darmawan mengungkapkan, ada empat poin kerja sama yang dituangkan dalam MoU antara PLN dan TANESCO. Pertama, mendukung transformasi digital sesuai dengan kebutuhan di TANESCO, seperti Digital Power Plant, Digitally Enabled Distribution Excellence, Utility Super Apps (mengadopsi penerapan PLN Mobile dalam pengembangan Costumer Service Excelence TANESCO). Kedua, pengembangan core bisnis utilitas di TANESCO, hal ini mencakup Maintenance, Repair, and Operation (MRO), dan Kolaborasi Co-investment.

Baca Juga : Keren! PLN UIP3B Kalimantan Pamerkan Budaya Kalsel di Opening Ceremony BUMN Fest 2023

Ketiga, pengembangan non-core bisnis utilitas di Tanesco seperti; Power Quality Solutions dan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), dan Maintenance, Repair, Operation (MRO). Keempat, penyediaan Capacity Building dan pertukaran komprehensif melalui internship pegawai TANESCO ke PLN pada transformasi digital PLN dan sektor core business ketenagalistrikan.

“PLN memiliki pengalaman dan success story yang dapat dibagikan dan diimplementasikan di Tanzania, terutama dalam hal pengelolaan sumber daya manusia, transformasi dan digitalisasi di sektor ketenagalistrikan. Untuk itu kami akan semaksimal mungkin pada kerja sama ini, karena keberhasil PLN juga akan menjadi prestasi bagi Indonesia,” kata Darmawan, Rabu (23/8).

Baca Juga : Peringati Hari Anak Nasional, PLN Berikan Pengalaman Sehari Jadi Pegawai PLN

Managing Director TANESCO, Maharage Chande menjelaskan langkah transformasi bisnis yang dilakukan PLN bisa diadopsi oleh TANESCO untuk membuat sistem kelistrikan di Afrika Timur, khususnya Tanzania lebih reliable dan sustainable. Kerja sama ini juga sekaligus untuk mencapai cita cita bersama menuju Net Zero Emission (NZE).

“PLN merupakan perusahaan listrik yang sudah terkenal di kancah global. Kerja sama ini membuka peluang ekspansi bisnis dan juga memperkuat hubungan bilateral baik antar kedua negara juga antar perusahaan,” ujar Maharage Chande.

Ditemui di kesempatan berbeda, General Manager PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban Kalimantan, Abdul Salam Nganro menyampaikan kerjasama ini memperkuat visi perusahaan untuk Menjadi Perusahaan Listrik Terkemuka se-Asia Tenggara dan #1 Pilihan Pelanggan untuk Solusi Energi.

“Kerja sama ini akan membawa dampak positif untuk PLN dan tentunya untuk seluruh masyarakat Kalimantan pada khususnya,” pungkas Salam.(bon)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Kesbangpol Seleksi Calon Paskibra Tahun 2023, Begini Pesan Bupati Kotabaru

Advertorial

Tingkatkan Literasi di Kalsel, PLN Donasikan Buku ke Sekolah Inklusi Banjarbaru
Anggota DPRD Kabupaten Balangan, Ahmad Fauzi, foto :(Istimewa)

Advertorial

DPRD Balangan Dukung Program Belanja Pemulihan Ekonomi Pedagang Kecil

Advertorial

Sampaikan Ucapan Hari Pers Nasional, Begini Tanggapan Ketua DPRD Balangan

Advertorial

Hadiri Rakernas, Paman Birin Wakili Seluruh Ketua DPD Partai Golkar se Indonesia Bacakan Pernyataan Sikap dan Dukungan ke Airlangga Hartarto
Ketua DPRD Balangan, Ahsani Fauzan saat membaca surat Yasin di malam Nisfu Sya’ban. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Ketua DPRD Balangan Harapkan Tingkatkan Kualitas Keimanan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Advertorial

Usai Dilantik, H Dadang Tancap Gas Menangkan Pileg 2024 di Bumi Sanggam

Advertorial

Tingkatkan Pembangunan Daerah, Pemkab dan Kodim 1004 Kotabaru Jalin Kerjasama