Home / Advertorial / Kotabaru

Minggu, 3 Desember 2023 - 15:15 WIB

Festival Teluk Tamiang 2023 Incar Wisatawan Dunia Berwisata di Kotabaru

Pembukaan Festival Teluk Tamiyang yang bertujuan memancing wisatawan manca negara berkunjung ke Kabupaten Kotabaru. (Foto : Istimewa)

Pembukaan Festival Teluk Tamiyang yang bertujuan memancing wisatawan manca negara berkunjung ke Kabupaten Kotabaru. (Foto : Istimewa)

KOTABARU, wasaka.id – Pemerintah Kabupaten Kotabaru menggelar event besar Festival Teluk Tamiang 2023 yang dipusatkan di Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar.

Kegiatan yang masuk dalam event kalender Kabupaten Kotabaru ini berlangsung Sabtu-Minggu (2-3 Desember) 2023 dengan parade ikan bakar sepanjang pesisir pantai dan dhibur artis KDI dan Lida.

Festival Teluk Tamiang diawali dengan pesta laut atau pesta pantai atau lebih di kenal dengan Mappanretasi (bahasa Bugis) ini adalah sebuah festival adat Bugis yang diturunkan secara turun-menurun.

Festival ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas rezeki yang dilimpahkan dari pantai Teluk Tamiang yang menjadi sumber utama penghidupan masyarakat Bugis Teluk Tamiang yang berprofesi sebagai nelayan.

Tujuan festival ini, agar masyarakat Teluk Tamiang dan sekitarnya dapat merayakan dan menghormati nilai-nilai budaya mereka sambil menginspirasi generasi muda dalam mendorong semangat kreatifitas dan melestarikan budaya lokal.

Baca Juga : Roadbike Bupati Kotabaru 2023 Diikuti Peserta Hingga Pulau Jawa

Festival Teluk Tamiang ini juga akan menjadi objek untuk memfasilitasi kolaborasi antara generasi muda dan generasi yang lebih tua yang akan menghubungkan pengetahuan tradisional dan ide segar sehingga warisan budaya tetap relevan dan terus berkembang.

Plt. Disparpora Risa Ahyani, menjelaskan, Bupati Kotabaru telah menetapkan pariwisata sebagai visi misi utama dalam pemerintahan Kotabaru.

Baca Juga : Gathering Bank Kalsel Bersama Pemkab Kotabaru: Keindahan Wisata Harus Dipromsikan Hingga Manca Negara

Dengan adanya IKN di Kalimantan Timur, mengharapkan warga disana akan berwisata ke Kotabaru dengan mengunjungi wisata Teluk Tamiang yang disebut Bali-nya Kotabaru sesuai dengan keindahan alamnya.

Risa Ahyani juga mengimbau, tempat wisata di Kotabaru bukan hanya Teluk Tamiang saja tetapi masih ada objek wisata yang lain.

“Diharapkan agar mematuhi master plan yang telah dibuat, supaya pembangunan yang kita bangun di wilayah wisata kita lebih terarah,” ujar Risa Ahyani.

Baca Juga : Festival Goa Lowo 2023 Resmi di Buka, Bang Arul: Gelorakan Agar Menjadi Magnet Wisatawan

Selain itu Bupati juga berpesan kepada semua pihak, agar memviralkan acara ini, festival Teluk Tamiang melalui sosmed sehingga masyarakat luas dapat tahu bahwa kita mempunyai festival.

Selain itu, pemkab juga menyebarkan tempat wisata di Kotabaru agar mendunia, sehingga wisatawan luar dapat berkunjung ke Kotabaru.

Sementara itu Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Minggu Basuki mengatakan atas nama pemerintah kabupaten, menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya acara Festival Teluk Tamiang yang merupakan sebuah acara yang dinanti-nanti oleh masyarakat kabupaten kotabaru.

“Pantai Teluk Tamiang merupakan salah satu destinasi wisata andalan Kotabaru, Kalimantan Selatan. Airnya yang biru jernih dilengkapi hamparan pasir putih menjadi daya tariknya sendiri,” ungkap Minggu Basuki.

Baca Juga : Tampilkan Kain Sasirangan, Disparpora Kotabaru Diposisi Stand Terbaik Pariwisata di Kuta Bali

Acara ini juga kata dia, bertujuan untuk melestarikan budaya dan adat istiadat yang telah dilaksanakan bertahun-tahun.

Di tempat yang sama, Camat Tanjung Selayat H. Bahrudin, mengucapkan rasa terimakasih kepada Bupati dan kepala Kadispapora sehingga terlaksanaanya acara ini.

Diadakan parade Bakar Ikan, dengan kurang lebih 200 meter dan 10 ribu ikan dengan kerjasama kita antar pariwisata dengan nelayan dan festival ini bisa berlanjut ketahuan depan dengan lebih meriah.katanya

Diharapkan Nanti di IKN ada channel untuk menyuplai ikan berasal dari teluk tamiang,. Untuk kebutuhan ikan disana.(rud)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Angkat Citra Pariwisata, Kotabaru Hadirkan One Night Saijaan di TMII Jakarta

Advertorial

Komisi III DPRD Balangan Investigasi Pembangunan Jalan di Desa Mayanau

Advertorial

Kurangi Emisi Karbon, PLN Jajaki Penerapan Teknologi CCS Pada Pembangkit

Advertorial

Anggota Komisi III, Hafis Ansyari Serap Aspirasi Masyarakat Desa Panggung

Advertorial

Pertanian Modern Berbasis Listrik Kian Berkembang, Program Electrifying Agriculture PLN Tumbuh 22,28 Persen

Advertorial

Akselerasi Teknologi dan Digitalisasi, PLN dan Huawei Resmikan Joint Innovation Center

Advertorial

Resmikan Plant Pertama di Indonesia, Kementerian ESDM: “PLN Miliki Cara Paling Cepat Hasilkan _Green Hydrogen”

Advertorial

Dilantik Jadi Ketua KONI Kotabaru, Andi Rudi Latif: Kami Siap Membawa Puncak Prestasi Olahraga