Home / Advertorial / Balangan

Selasa, 11 April 2023 - 10:29 WIB

Hadiri Festival ‘Bagarakan Sahur’ Ketua DPRD Balangan Minta Hindari Kegitan Melanggar Norma Agama

Festival Bagarakan Sahur bulan Ramadan di Kabupaten Balangan dihadiri sejumlah pejabat mulai dari DPRD Pemkab dan Polres.(Foto : Istimewa)

Festival Bagarakan Sahur bulan Ramadan di Kabupaten Balangan dihadiri sejumlah pejabat mulai dari DPRD Pemkab dan Polres.(Foto : Istimewa)

PARINGIN, wasaka.id – Ketua DPRD Balangan menghadiri Festival ‘Bagarakan Sahur’ atau membangunkan warga di bulan Ramadan agar bangun untuk makan sahur. Kegiatan ini juga diikuti belasan kelompok dari berbagai kecamatan.

Turut memeriahkan festival ini, Bupati Balangan H Abdul Hadi, Kapolres Balangan, AKBP Riza Muttaqin, Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan beserta stakeholder untuk bersama menyaksikan.

Ahsani Fauzan mengapresiasi kegiatan ini, menurutnya ‘Bagarakan Sahur’ mampu menambah kemeriahan bulan Ramadan.

“Alhamdulillah kita dapat berhadir di kegiatan ini, tentunya kegiatan ini sangat bagus,” tutur Ahsani Fauzan.

Baca Juga : DPRD Balangan Gelar Paripurna Pengganti Antar Waktu

Politisi dari partai Golkar ini, mengharapkan acara berjalan dengan lancar dan kondusif, jangan sampai melakukan hal-hal yang tidak dibenarkan oleh norma dan aturan.

“Mislanya usai kegiatan ini, kumpul-kumpul mabuk-mabukan an dan kegiatan melanggar norma dan aturan sebaiknya dihindari,” imbaunya.

Baca Juga : Gelar Sidang Paripurna, Pemkab Balangan Catat Masukan dan Acuan DPRD Balangan

Sementara Bupati Balangan H Abdul Hadi mendesak para kreator seni membangun orang untuk bersahur atau ‘Bagarakan Sahur’ untuk masyarakat yang lebih kreatif agar mau menerima panggilan sahur yang dilantangkan.

“Saya tertekan kepada para kreator seni Bagarakan Sahur jangan terlalu berharap masyarakat mau menerima panggilan sahur yang kalian lantangkan, tetapi berusahalah sekreatif mungkin untuk membuat panggilan sahur yang dapat diterima masyarakat,” kata Abdul Hadi saat membuka acara Festival Bagarakan Sahur di Paringin, Selasa (11/11).

Baca Juga : Ketua DPRD Balangan Ajak Masyarakat Tingkatkan Keimanan dan Ketakwaan di Bulan Suci Ramadan

Bupati berpesan jangan berpuas diri jika suara-suara yang kalian lantunkan saat dini hari itu hanya membangunkan orang untuk menyiapkan makan sahur, apalagi kalau sampai dianggap sebagai sebuah kebisingan.

Bupati melanjutkan tetapi berusahalah agar masyarakat yang mendengar merasa terhibur, merindukan dan mengisyaratkan-nantikan bunyi yang kalian hasilkan dalam membangun orang untuk bersahur.

Abdul menuturkan kalau hal tersebut sudah dilakukan, itulah kreativitas yang benar-benar diharapkan untuk pengelolaan tradisi Bagarakan Sahur di banua ini.

“Dengan banyaknya tradisi kita dalam mengisi bulan Ramadhan, itu artinya bulan Ramadhan itu bukan semata mata masalah religi saja tapi juga memiliki banyak sisi lainnya terutama juga memiliki sisi festival,” ungkapnya.

Bupati menambahkan dalam mengembangkan kreativitas ini ada yang menikmatinya, tetapi ada juga yang merasa perkembangan tersebut justru jadi kurang pas hingga menimbulkan pro dan kontra, karena wajar terjadi dalam setiap perubahan ataupun kelahiran hal yang baru.(rins)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Ketua DPRD Balangan Apresiasi Kesiapan TNI dan Polri Amankan Pemilu 2024

Advertorial

Hadiri Acara Musra, Kader Golkar Kalsel Lantang Suarakan Keberhasilan Airlangga Hartarto Pulihkan Ekonomi

Advertorial

Golkar Kalsel Beri Ruang kepada Kader di Daerah Maju di Pilkada 2024

Advertorial

Komisi I DPRD Balangan Tanya Tata Kelola Kearsipan dan Kebijakan Yang Efektif

Advertorial

Pemkab Kotabaru Gelar Zikir dan Doa Bersama di Malam Nisfu Syaban

Advertorial

H Dimas Pebriady Laksanakan Reses Serap Aspirasi Rakyat
DPRD Balangan menggelar paripurna penyampaian 17 Raperda Propemperda 2024. (Foto : Istimewa)

Advertorial

DPRD Balangan Gelar Paripurna Penyampaian 17 Raperda Propemperda 2024

Advertorial

Hari Bhakti Adhyaksa ke-63, Ketua DPRD Balangan: Semangat Bekerja dan Tegakan Hukum