Home / Advertorial / Berita Terkini

Sabtu, 6 Mei 2023 - 09:17 WIB

Jalur Transportasi Sungai tertutup, Supian HK Langsung Sikapi Keluhan Warga

Ketua DPRD Kalsel saat menggunakan alat berat untuk membersihkan enceng gondok yang menutupi transportasi sungai.(Foto : Istimewa)

Ketua DPRD Kalsel saat menggunakan alat berat untuk membersihkan enceng gondok yang menutupi transportasi sungai.(Foto : Istimewa)

BANJARMASIN, wasaka.id – Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK langsung turun ke lapangan setelah mendapat surat dari warga terkait tertutupnya transportasi sungai akibat banyaknya enceng gondok dari Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara menuju Sungai Barito.

Politisi senior Partai Golkar Kalsel ini langsung turun dan meninjau ke Desa Palbatu Kabupaten Hulu Sungai Utara dan langsung membersihlkannya menggunakan exavator apung.

Pasalnya jalur sungai tersebut sangat vital. Sebab jalur tersebut merupakan transportasi utama bagi masyarakat pengguna transportasi sungai, sehingga tumbuh suburnya tanaman eceng gondok dapat mengakibatkan aktivitas transportasi air terganggu.

“Hampir di sepanjang sungai di Desa Palbatu ini tidak bisa dilalui, sehingga masyarakat yang biasanya menggunakan jalur ini bergeser ke arah yang lebih jauh dan alurnya dangkal. Akhirnya banyak yang kandas. Sangat mengganggu keselamatan dan kelancaran pelayaran, itulah kenapa kami minta cepat ditanggulangi,” katanya, usai meninjau lokasi di Desa Palbatu.

Baca Juga : Ketua DPRD Kalsel Imbau Jalin Persatuan dan Samakan Tekad Membangun Daerah di Pemilu 2024

Lebih lanjut, disampikan Supian HK, agar kepada para nelayan untuk tidak sembarangan membuat keramba di tepian jalur sungai yang berdampak terjadinya penyempitan sungai.

“Jangan ada lagi nelayan membuat keramba sembarangan dan apabila tidak terpakai lagi harap segera dicabut,” ucap Supian HK.

Baca Juga : Ketua DPRD Kalsel Ajak Insan Pers Ciptakan Pemilu Damai

Sementara Kepala Bidang Pelayaran Dinas Perhubungan Kalsel, Agung Rahmadi, mengapresiasi Ketua DPRD Kalsel yang dengan cepat merespon keluhan warga bahkan sangat sudah peduli dengan masyarakat agar jalur ini cepat ditangani.

“Alat sudah tiba, mudah-mudahan hari ini bisa dikerjakan dan 2 sampai 3 hari kedepan alur ini bisa terbuka lagi dan dapat digunakan kembali sebagai alur pelayaran bagi masyarakat,” pungkasnya.(yud)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Tingkatkan Literasi di Kalsel, PLN Donasikan Buku ke Sekolah Inklusi Banjarbaru
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Foto : dok PSSI/istimewa)

Berita Terkini

Laga Melawan Jepang, Pelatih Timnas Indonesia Fokus Menangkan Pertandingan

Advertorial

Dikunjungi Puluhan Mahasiswa Uniska, Puar Juanaidi: Golkar Kalsel Wadah Aspirasi Kaum Milenial
Kegiatan 1000 Manusia Bercerita, sebagai upaya menjaga dan meningkatkan kesehatan mental Perwira Pertamina. (Foto: Istimewa)

Berita Terkini

Pertamina dan Kementerian BUMN Gelar Program 1.000 Manusia Bercerita

Berita Terkini

Pendaftaran Bacaleg dari Parpol Ditutup, KPU Mulai Verifikasi Administrasi Dokumen

Advertorial

Peringati Hari Pendidikan Nasional, PLN Gelar Program Mengajar di SMK Negeri 2 Banjarbaru

Advertorial

Di Hadapan Guru Mulkani, GM PLN Sampaikan Kondisi Kelistrikan di Kalsel Selama Ramadan
Panitia Barito Putera Bersholawat bersama jajaran Polri meninjau lokasi pelaksanaan di halaman Masjid Raya Sabilalh Muhtadin. (Foto : Istimewa)

Banjarmasin

Tinjau Lokasi Barito Putera Bersholawat, Panitia Pastikan Saat Acara Berjalan Lancar